. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 12 Mei 2019

Ini Empat Pilihan Transportasi dari Kota Gudeg ke YIA

Usai jelajahi ragam pesona istimewa Yogyakarta, lanjut ke kota asal lewat bandara barunya, Yogyakarta International Airport (YIA) di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Ini empat pilihan alat transportasinya menuju YIA dari Kota Gudeg, Jogja dan sekitarnya. 

Pertama, bisa dengan menyewa mobil rental.

Menurut Wasdi, salah satu driver rental mobil di Jogja, sewa mobil dari Kota Jogka ke YIA sekitar Rp 200 ribu-Rp 250 ribu.

"Penyewa dijemput di hotel tempat dia menginap," terang Wasdi kepada TravelPlus Indonesia, Minggu (12/5/2019).

Waktu tempuhnya dari Kota Jogja ke YIA sekitar 1-1,5 jam.

"Sampai hari ini masih sepi yang sewa mobil ke YIA. Mungkin karena bulan Ramadhan juga, jadi belum banyak wisatawan yang tour ke Jogja," ungkapnya.

Pilihan kedua, dengan transportasi online, entah itu Gocar ataupun Grabcar.

TravelPlus Indonesia mencatat tarif dari Stasiun Yogyakarta Tugu ke YIA dengan Gocar siang ini sebesar Rp 176 ribu dengan jarak tempuh 42,8 Km.

Rute yang dilewati sesuai map-nya dari Stasiun Yogyakarta Tugu lalu ke Jl. Jlagran Lor, Jl. Pembela Tanah Air, Jl. HOS Cokroaminoto, Jl. Yogyakarta-Wates, Jl Wates/Jl Ringroad Barat, Jl Wates-Purworejo/Jl. Nasional III, Jl. Turi, Jl. Daendels Pantai Selatan, dan YIA.

Tarif dengan transportasi online tersebut tentu tergantung perusahaan transportasi online-nya, lokasi penjemputannya sampai ke YIA dan juga waktunya apakah saat jam sibuk atau tidak.

Ketiga dengan kereta api bandara dari Stasiun Yogyakarta Tugu ke YIA yang mulai berjalan seiring dioperasikannya YIA pada Senin, 6 Mei 2019.

Executive Vice President PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Eko Purwanto menjelaskan kereta bandara berangkat dari Stasiun Maguwo (di Bandara Internasional Adisutjipto) - Stasiun Yogyakarta (Tugu) - Stasiun Wates - Stasiun Wojo.

Kereta bandara tersebut dipastikan sudah sampai di Stasiun Wojo dalam waktu 1,5 jam sebelum pesawat lepas landas karena disesuaikan dengan jadwal penerbangan di YIA.

Selanjutnya dari Stasiun Wojo, penumpang lanjut naik bus Damri yang sudah tersedia ke YIA.

Kapasitas kereta bandara tersebut bisa memuat 196 penumpang duduk dan 98 penumpang berdiri.

Di dalamnya ada bagasi untuk menempatkan  ransel ataupun koper.

"Tarifnya dari Stasiun Maguwo ke Stasiun Wojo seharga Rp 30 ribu dengan waktu tempuh 45 menit. Sedangkan dari Stasiuan Yogyakarta atau Tugu ke Wojo sekitar 30 menit," terang Eko.

Pantauan TravelPlus Indonesia di ruang tunggu kereta bandara di Stasiun Yogyakarta (Tugu) sudah difasilitasi sejumlah tempat duduk, AC, toilet, dan layar informasi jadwal penerbangan pesawat dari YIA maupun Bandar Udara Adi Sutjipto serta free WiFi.

Saat ini PT KAI masih menunggu beroperasinya Stasiun Kedundang Kulon Progo.

Jika Stasiun Kedundang sudah siap beroperasi, maka kereta bandara dari Stasiun Wojo akan langsung masuk sampai area YIA.

Pilihan tranportasi keempat dengan Bus Damri.

Menurut Direktur Pemasaran dan Pelayanan Angkasa Pura 1 Devi Suradji, penumpang yang ingin ke YIA dengan Bus Damri titik jemput ada di Candi Borobudur, Magelang, Kebumen, Stasiun Yogyakarta (Tugu), Purworejo, Stasiun Wojo, dan Stasiun Maguwo.

Tarifnya dari Candi Borobudur -YIA Rp 75 ribu, Magelang - YIA Rp 50 ribu, Kebumen - YIA Rp 50 ribu, Stasiun Yogyakarta (Tugu) - YIA Rp 40 ribu, Purworejo - YIA Rp 20 ribu, dan Stasiun Wojo - YIA Rp 10 ribu per orang.

Keempat moda transportasi itu pun bisa Anda pilih dari YIA ke Jogja dan sekitarnya.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis) 

Captions:
1. Stasiun Yogyakarta (Tugu) di Kota Jogja.
2. Sewa mobil rental di Jogja menuju Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.( dok. @wasdi_rentcar_jogja)
3. Tarif dan jarak tempuh dari Stasiun Yogyakarta ke YIA dengan tranportasi online Gocar.
4. Kereta Bandara dari Stasiun Maguwo ke YIA (dok. Humas KAI daop 6)
5. Stasiun Yogyakarta juga jadi salah satu titik jemput Bus Damri ke YIA.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP