. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 22 November 2018

Pariwisata Sumatera Berjaya Lagi Diajang Anugerah Pesona Indonesia

Pariwisata Sumatera kembali berjaya diperhelatan Anugerah Pesona Indonesia (API).

Tahun 2017 lalu di API kedua, Riau keluar sebagai juara umum dengan menyabet 7 penghargaan.

Kali ini, API 2018 atau yang ketiga, giliran Sumatera Selatan (Sumsel) yang menggondol predikat itu, juga dengan memboyong 7 penghargaan dari 18 kategori yang diperlombakan.

Ketujuh penghargaan yang diraih  Sumsel adalah Juara 1 untuk kategori Wisata Kreatif Terpopuler yang didapat Pelancu, Kabupaten Lahat; Juara 1 kategori Kampung Adat Terpopuler yang dimenangkan Kampung Al Munawar, Kota Palembang; dan Juara 1 kategori Wisata Halal Terpopuler yang diperoleh Al Quran Al Akbar, Kota Palembang.

Selain itu Sumsel juga menyabet  Juara 2 Dataran Tinggi Terpopuler (Gunung Dempo Pagaralam), Juara 2 Objek Wisata Unik Terpopuler (Taman Nasional Sembilang Banyuasin), Juara 2 Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler (Mountain Bike Bukit Sulap Lubuklinggau), dan Juara 2 Promosi Pariwisata Digital Terpopuler (Pesona Sriwijaya).

Pengumuman sekaligus penyerahan penghargaan API tahun ketiga ini berlangsung di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta,  Kamis (22/11) malam.

Provinsi lain dari wilayah Sumatera yang berjaya di ajang tahunan yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kali ini adalah Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Riau, Kepulauan Riau (Kepri), dan Jambi.

Aceh menyabet penghargaan Juara 1 untuk kategori Wisata Air Terpopuler yang dimenangkan Diving Pulau Weh, Kota Sabang.

Sumut membawa pulang dua penghargaan yakni Juara 1 untuk kategori Dataran Tinggi Terpopuler yang dimenangkan Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) dan Juara 1 untuk kategori Wisata Belanja Terpopuler yang diraih Tomok, Kabupaten Samosir.

Sumbar meraih penghargaan Juara 1 untuk kategori Situs Sejarah Terpopuler yang dimenangkan Rumah Gadang Panjang, Kabupaten Solok Selatan.

Riau mengantongi 3 penghargaan Juara 1 untuk kategori Minuman Tradisional Terpopuler yang dimenangkan Air Mata Pengantin dari Kabupaten Indragiri Hulu dan Juara 1 kategori Cindera Mata Terpopuler yang diraih Tanjak serta Juara 1 untuk kategori Festival Pariwisata Terpopuler yang diperoleh Festival Perang Air, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepri meraih dua penghargaan Juara 1 untuk kategori Tujuan Wisata Baru Terpopuler yang didapat Kampung Terih, Kota Batam sekaligus sebagai Juara Favorit.

Jambi menyabet penghargaan Juara 1 untuk kategori Promosi Pariwisata Digital Terpopuler yang diperoleh explorejambi.com.

Terlepas dari dominasi Sumatera tersebut, di API tahun ini pun bermunculan juara-juara pariwisata baru dari wilayah-wilayah yang sebelumnya tidak pernah muncul sebagai juara, seperti Kalimantan Timur (Kaltim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, dan Papua.

Kaltim meraih penghargaan Juara 1 untuk kategori Makanan Tradisional Populer yang dimenangkan Sop Tekkalo dari Kabupaten Penajam Paser Utara.

NTT menyabet penghargaan Juara 1 kategori  Surga Tersembunyi Terpopuler yang diperoleh Kellaba Madja, Kabupaten Sabu Raijua.

Sementara Maluku meraih penghargaan Juara 1 untuk kategori Objek Wisata Unik Terpopuler yang dimenangkan Meti Kei dari Kabupaten Maluku Tenggara.

Sedangkan Papua membawa pulang penghargaan Juara 1 untuk kategori Ekowisata Terpopuler oleh Cendrawasih Nimbokrang dari Kabupaten Jayapura.

Pariwisata dari Jawa kali ini hanya memboyong dua  penghargaan yakni untuk Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Tengah (Jateng).

Jabar meraih penghargaan Juara 1 untuk kategori Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler yang dimenangkan Paralayang Gunung Panten, Kabupaten Majalengka.

Jateng mendapatkan penghargaan Juara 1 untuk kategori Atraksi Budaya Terpopuler diperoleh Tari Angguk dari Kabupaten Kulon Progo.

Ajang API tahun ini pun lebih istimewa lantaran untuk pertama kalinya digelar Anugerah Pesona Indonesia Travel Mart 2018 (API Travel Mart 2018).

Tercatat ada sekitar 77 sellers 400 buyers yang ikut serta dalam pameran tersebut.

Terkait API Travel Mart 2018 sebagai rangkaian acara API 2018, Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional 1 Kemenpar Masruroh mengatakan itu bertujuan untuk  meningkatkan grafik perjalanan wisatawan nusantara (wisnus), terutama anak-anak muda milenial yang kini mendominasi pasar pariwisata.

"Diharapkan lewat ajang API dan  API Travel Mart 2018 dapat meningkatkan pergerakan wisatawan ke objek wisata yang baru," terang Masruroh.

Berikut daftar 18 kategori yang diperebutkan dalam Anugerah Pesona Indonesia 2018.

1. Dataran Tinggi Terpopuler diraih Sipinsur, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut.

2. Wisata Belanja Terpopuler dimenangkan Tomok, Kabupaten Samosir, Sumut.

3. Wisata Air Terpopuler disabet Diving Pulau Weh, Kota Sabang, Aceh.

4. Situs Sejarah Terpopuler dimenangkan oleh Rumah Gadang Panjang, Kabupaten Solok Selatan, Sumbar.

5. Kampung Adat Terpopuler diraih Kampung Al Munawar, Kota Palembang, Sumsel.

6. Wisata Kreatif Terpopuler didapatkan Pelancu, Kabupaten Lahat, Sumsel.

7. Wisata Halal Terpopuler diperoleh Al Quran Al Akbar, Kota Palembang, Sumsel.

8. Minuman Tradisional Terpopuler dimenangkan Air Mata Pengantin dari Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

9. Cindera Mata Terpopuler diraih Tanjak dari Riau.

10. Festival Pariwisata Terpopuler diperoleh Festival Perang Air, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau.

11. Tujuan Wisata Baru Terpopuler dimenangkan Kampung Terih, Kota Batam, Kepri.

12. Promosi Pariwisata Digital Terpopuler didapatkan explorejambi.com dari Provinsi Jambi.

13. Wisata Olahraga dan Petualangan Terpopuler dimenangkan Paralayang Gunung Panten, Kabupaten Majalengka, Jabar.

14. Atraksi Budaya Terpopuler diraih Tari Angguk, Kabupaten Kulon Progo, Jateng.

15. Makanan Tradisional Populer disabet Sop Tekkalo dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim.

16. Surga Tersembunyi Terpopuler diperoleh Kellaba Madja, Kabupaten Sabu Raijua, NTT.

17.Objek Wisata Unik Terpopuler dimenangkan Meti Kei, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku.

18. Ekowisata Terpopuler diraih Cendrawasih Nimbokrang dari Kabupaten Jayapura, Papua.

Juara Umumnya Sumsel sedangkan Juara Favoritnya dimenangkan Kampung Terih, Kota Batam, Kepri.

Sebagai catatan, API tahun lalu pariwisata Sumatera pun berjaya. Faktanya Riau dinobatkan sebagai Juara Umumnya karena meraih tujuh penghargaan.

Ketujuh penghargaan API 2017 yang diraih Riau yakni untuk kategori Makanan Tradisional Terpopuler Bolu Berendam Indragiri Hulu, Situs Sejarah Terpopuler Istana Siak Kabupaten Siak, dan Tempat Berselancar Terpopuler Bono Kabupaten Pelalawan.

Berikutnya Atraksi Budaya Terpopuler Bakar Tongkang Kabupaten Rokan Hilir, Festival Pariwisata Terpopuler Pacu Jalur Kabupaten Kuantan Singingi, Minuman Tradisional Terpopuler Laksamana Mengamuk, dan kategori Objek Wisata Belanja Terpopuler, Pasar Bawah Pekanbaru.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Salah satu pesona di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), kawasan Danau Toba, Sumut.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP