. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 21 November 2018

Ini Tips Liburan Bareng Balita Tanpa Pengasuh Ala Enno Lerian

Bisa berlibur dengan buah hati, tentu jadi dambaan banyak orangtua. Tapi apa jadinya kalau buah hatinya tiga orang masih balita, tidak bawa pengasuh, dan destinasi yang tuju jauh, harus naik pesawat pula. Kebayang repotnya bukan.

Kondisi seperti itu baru saja dialami Enno Lerian (35) ketika berlibur ke Bali, Oktober lalu.

Mantan penyanyi cilik tersohor  dan artis sinetron ini membawa serta tiga buah hatinya yang masih Balita: Abimanyu Praja Soesetyo alias Abi (5), Nararya Aliy SoesetyoGema atau Aliy (2) , dan Tyaga Soesetyo alias Aga (12 bulan), hanya didampingi Priambodo Soesetyo, sang suami, tanpa dibantu seorangpun pengasuh.

"Aku emang ga punya pengasuh anak, jadi aku berdua aja bareng suami, ngurus tiga bocah selama liburan ke Bali kemarin," aku Enno kepada TravelPlus Indonesia saat makan siang bersama keluarganya usai tampil dalam acara JBL Perfect Getaway - Year End Exhibition sekaligus perkenalan dua produk audio berkualitas terbaru dari Harman yakni JBL PartyBox & JBL JRPOP-bluetooth speaker untuk si kecil di AEON Mall BSD City, Jl. BSD Raya Utama, Tangerang, Banten, Rabu (21/11/2018).

Sambil menggendong Aga buah hatinya yang paling kecil, Enno yang pernah melejit namanya sebagai penyanyi cilik paling laris di era 1990-an lewat lagu Si Nyamuk Nakal, Dakocan, dan Du Bi Du Bi Dam ini pun membagikan tips berwisata bersama balita tanpa membawa pengasuh.

Kata Enno pertama, orangtuanya jangan panik dalam keadaan apapun. Usahakan selalu santai.

"Anak-anak itu apalagi anak laki-laki itu ga bisa diam, kadang-kadang rewel, tiba-tiba ngantuk, dan lapar itu hal wajar. Jadi siapkan mental aja tapi dibawa santai," ujar Enno yang kini juga menjadi penyiar radio.

Kedua, lanjut perempuan berhijab ini jangan ekspektasi berlebihan. Maksudnya jangan memaksakan semua itenerary harus dilaksakan.

"Justru kita harus ngikutin maunya mereka (anak-anak) apa. Kebetulan anak-anak saya ini paling suka ke pantai dan berenang," jelas Enno.

Ketiga, nikmati saja liburan itu dimanapun dan apapun kondisinya.

"Kita harus kembalikan lagi tujuan berlibur untuk apa. Kalau tujuannya untuk senang-senang sama anak-anak, quality time sama anak-anak ya sudah nikmati saja sama anak-anak. Jangan memaksakan ke tempat-tempat happening, photo hunting ke tempat-tempat kece, dan lainnya," ungkapnya.

Keempat, kenyamanan anak-anak harus dinomorsatukan.

"Siapkan makanan dan cemilan yang disukai anak-anak. Jangan sampai merela kelaparan di perjalanan. Kebutuhan lain seperti popok, baju ganti, obat-obatan standar itu harus dibawa kemanapun bukan hanya saat liburan," terang Enno.

Kelima, kalau naik pesawat usahakan tetap tenang dan pilih jam terbang sesuai jam tidur anak, misalnya siang.

"Trik lainnya sebelum take off beri mereka susu. Pas terbang mereka jadi bisa tidur, seperti yang aku lakuin kemarin waktu terbang ke Bali," tambah Enno.

Menurut Enno, berlibur bersama anak-anak dan suami sudah sering dilakukan, misalnya trip ke Bogor, Bandung, dan ke Jawa dengan ditemani mamanya.

Tapi untuk liburan yang jauh dan naik pesawat serta membawa 3 anak kecil tanpa pengasuh dan mamanya, baru ke Pulau Dewata kemarin dia lakoni untuk pertama kali.

Meski sangat repot, Enno mengaku tidak kapok.

"Aku dan suami malah berencana pingin liburan lagi tahun depan bersama anak-anak. Tapi belum tahu kemana, yang pasti explore Indonesia aja," terangnya.

Sewaktu liburan di Bali kemarin, lanjut Enno, anak laki-laki sulungnya Bumi Pradipa Pria Untara alias Bumi yang sudah remaja (pelajar SMA), hasil pernikahan dengan mantan suami pertamanya Nayaka Untara, juga ikut serta.

"Bumi kan sekolah dan tinggal di Bandung, jadi kemarin waktu liburan dia sendiri nyusul kami naik pesawat ke Bali," pungkas Enno.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Enno Lerian bersama Aga, buah hatinya yang paling kecil.
2. Enno Lerian bersama suami, ketiga anak dan mamahnya saat santap siang.
3. Enno Lerian bersama 2 anaknya saat mengisi acara JBL Perfect Getaway - Year End Exhibition di AEON Mall BSD City.
4. Enno Lerian berfoto bersama pada acara perkenalan dua produk audio berkualitas terbaru dari Harman yakni JBL PartyBox & JBL JRPOP-bluetooth speaker untuk si kecil.
5. Enno Lerian sewaktu liburan di Bali bersama suami dan keempat anaknya. (dok.@ennolerian_)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP