. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 20 November 2018

Jalur Pendakian Rinjani Via Aik Berik Dibuka, Ini Keistimewaannya

Kabar baik buat pendaki yang kakinya sudah gatal ingin segera mendaki Gunung Rinjani di Lombok, NTB. Pasalnya sejak Senin (19/11/2018), jalur pendakian via Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng) sudah dibuka kembali.

Pembukaan jalur pendakian ke gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 Mdpl ini bersamaan dengan peluncuran program e-Rinjani yang dilakukan Bupati Lombok Tengah H. Suhaili FT dengan Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Sudiyono di area Parkir Taman Wisata Air Terjun Benang Stokel, Desa Aik Berik.

Aik Berik merupakan salah satu dari empat jalur pendakian resmi ke gunung aktif yang disebut-sebut tercantik se-Indonesia ini.

Tiga jalur pendakian Rinjani lainnya yakni Timbanuh dan Sembalun di Kabupaten Lombok Timur (Lotim), serta jalur pendakian di Senaru, Kabupaten Lombok Utara masih ditutup karena kondisinya rusak berat akibat gempa bumi sehingga membahayakan keselamatan jiwa.

Pembukaan jalur Aik Berik ini setelah sebelumnya ditutup akibat gempa bumi Agustus 2018 silam yang mengakibatkan sebagian besar jalur pendakian Rinjani mengalami longsor dan merusak beberapa fasilitas di jalur pendakian.

"Setelah kita survei, jalur Aik Berik merupakan jalur paling aman dibanding 3 jalur lainnya," kata Sudiyono.

Keistimewaan jalur pendakian Aik Berik, lanjut Sudiyono merupakan jalur lama yang lokasinya dekat dengan bandara.

"Vegetasi di jalur Aik Berik juga masih terjaga dan satwa liarnya bisa ditemui di sepanjang jalur pendakian. Kelebihan lainnya, di sepanjang jalur ini bisa dijumpai tiga air terjun," tambah Sudiyono.

Namun di jalur pendakian ini, pendaki tidak bisa naik sampai ke puncak dan tidak bisa turun ke Danau Segara Anak. Pendaki hanya bisa sampai Plawangan Kondo.

"Tapi dari Plawangan Kondo, pendaki bisa menikmati pemandangan Danau Segara Anak," kata Sudiyono.

Pendaki yang ingin melakukan pendakian saat ini, sambung Sudiyono sudah dapat membeli tiket secara online.

"Quota pendakinya dibatasi 150 orang per hari," ungkapnya.

Bupati Loteng H Moh Suhaili FT mengatakan dibukanya jalur pendakian Gunung Rinjani melalui wilayah Loteng ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat setempat.

“Upaya ini bisa menciptakan lapangan kerja masyarakat, sehingga bisa dijadikan tempat untuk mencari rezeki,” jelas Suhaili.

Untuk ke depannya, jalur pendakian di wilayah Lombok Tengah akan ada 5 titik yaitu Desa Karangsidmen, Lantan, Seteling, dan Desa Aik Bual. Jalur tersebut nantinya akan bertemu di satu titik batas wilayah Gunung Rinjani yang dikelola oleh TNGR.

“Jalur pendakian ini nanti yang terindah, ternyaman, dan termodern sedunia. Ini juga bisa jadi penyeimbang antara pengembangan pariwisata di Selatan dengan di Utara,” pungkas Suhaili.

Ketua Tim Crisis Center Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Guntur Sakti dalam siaran persnya  menyambut baik pembukaan jalur pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik itu.

Menurut Guntur yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Komunikasi Publik, Kemenpar ini, dengan dibukanya pendakian itu akan membuka kembali arus masuk wisatawan ke NTB karena Gunung Rinjani merupakan salah satu atraksi untuk membangkitkan pariwisata di NTB.

“Saat ini proses pemulihan untuk NTB sudah berjalan baik dan saat ini Lombok sudah mulai ramai dikunjungi wisatawan. Menteri Pariwisata Arief Yahya pada World Travel Market (WTM) 2018 di London awal bulan November silam juga mempromosikan jika NTB sudah bangkit. Lombok sudah aman untuk dikunjungi," tutup Guntur.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: dok. doddy wiraseto

Captions:
1. Pesona Gunung Rinjani.
2. Salah satu lokasi nge-camp di Rinjani.
3. Rinjani disebut-sebut gunung aktif tercantik di negeri ini.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP