. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 13 Februari 2018

Ini Alasan Pementasan Wayang Orang Berjudul “Trisara Tinayuh” Layak Ditonton

Senang dengan pementasan Wayang Orang? Atau baru mau tahu lebih jauh seperti apa itu Wayang Orang? Luangkan saja waktu Anda pada Minggu, (4/3/2018) untuk menyaksikan pergelaran Wayang Orang bertajuk “Trisara Tinayuh”. Venue acaranya di Gedung Pewayangan Teater Kautaman, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Lalu apa keistimewaan “Trisara Tinayuh” hingga layak ditonton untuk menambah wawasan berkesenian khususnya Wayang Orang (WO)?

Menurut Kepala Bidang Humas Senawangi atau Sekretariat Nasional Pewayangan Indonesia, Eny Sulistyowati pergelaran ini melibatkan sebagian besar tim kreatif dan pemain dari kelompok seni WO Sriwedari dari Solo, dan para seniman alumni Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta. Wow, jelas ini pasti bakal keren.

“Tidak kurang dari 150 seniman mulai dari tim kreatif, dalang, sutradara, aktor dan aktris panggung, pengrawit atau pemusik, swarawati atau penyanyi/sinden, sampai pendukung lainnya terlibat dalam pementasan ini. Sebagian besar pengisi acara ini memang para seniman panggung dari kelompok seni WO Sriwedari,” terang Eny di Jakarta, Selasa (13/02/2018).

Lebih detail, Eny yang juga seniman sekaligus pengusaha muda menjelaskan “Trisara Tinayuh” menceritakan sosok Arjuna Ksatria, lelananging jagad yang menyandang tiga pusaka utama; Pasopati, Pulanggeni, dan Sarotama.

“Ketiga pusaka inilah yang menjadi kekuatan ‘Jatidiri’, ‘Kebijaksanaan,’ dan ‘Keteguhan’ bagi dirinya dalam mengemban amanah ‘Memayu Hayuning Bawana’ atau nilai luhur kehidupan. Namun saat Arjuna mencapai titik kemuliaannya ia lupa diri," paparnya.

Hal ini, sambungnya yang membuat Prabu Kondho Buwono dendam kesumat. Kemudian ia berupaya menghancurkan Kesatria Madukara.

"Puncaknya, suatu hari ketiga pusaka raib, Arjuna justru menimpakan masalah ini kepada orang-orang di sekelilingnya," tambah Eny.

Sebagai penggiat seni, Eny juga terlibat peran dalam pementasan yang disutradarai Agus Prasetyo S.Sn, ini. “Saya akan memerankan tokoh Dewi Sembadra,” ujar pendiri Rumah Seni Tri Ardhika Production ini.

Dewi Sembadra dalam tradisi pewayangan Jawa, lanjut Eny merupakan salah satu tokoh penting dalam Wiracarita Mahabharata, kisah epik Hindu.

“Ia juga dikenal sebagai seorang putri anggun, lembut, tenang, setia dan patuh pada suaminya. Ia merupakan sosok ideal priyayi putri Jawa,” ujar Eny.

Pementasan WO “Trisara Tinayuh” ini diproduksi oleh Dinas Kebudayaan Surakarta Jawa Tengah bekerjasama dengan Teater Wayang Indonesia, Tri Ardhika Production, Yayasan Kertagama, Bank BCA, dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Persero.

Naskah lakonnya ditulis Billy Aldy Kusuma, S.Sn. Bertindak sebagai Sutradara Agus Prasetyo, S.Sn, dan Dalang Heri Karyanto, S.Sn. 

Tariannya digarap oleh tiga koreografer, Mahesani Tunjung Seto, S.Sn, Sanggita Setiaji Widyadarma, S.Sn, dan Noviana Eka Pertiwi, S.Sn.

Penata Karawitan dipandu Pujiono, S.Sn, dan Nanang Dwi Purnama, S.Sn. Sedangkan yang menjadi Sinden/Swarawati-nya Dwi Rahayu, Dini Sekarwati, dan Sri Sekar Rabulla, S.Sn.

Tata Panggung dipercayakan pada Heri Noviantono, Akbar Nur Alamsyah, Minaryo, dan Bambang Wijanarko.

Pementasan ini merupakan bentuk apresiasi seni yang menjadi program reguler Teater Wayang Indonesia (TWI).

Wisata Wayang Orang
Jika selepas menyaksikan pementasan Wayang Orang (WO) berjudul “Trisara Tinayuh” tersebut, Anda masih ingin mengetahui lebih dalam soal WO, tak usang bingung.

Anda bisa datang ke Gedung WO Bharata di Jakarta, tepatnya di kawasan segitiga emes Senen, Jalan Kalilio No. 15, tak jauh dari Terminal Senen.

Pilihan lain Anda bisa berkunjung ke Gedung WO Sriwedari di Solo. Di sini, pementasan WO-nya berlangsung setiap hari setiap pukul 20.00 WIB, kecuali Minggu malam.

Harga tiket WO Sriwedari ini jauh lebih murah dibanding WO Bharata. Tiket masuknya cuma Rp 10.000, itu pun sudah VIP. Kalau yang reguler Rp 7.500, Ekonomi dan Balkon Rp 5.000 saja per orang.

Kelebihan menonton WO di kedua tempat tersebut, Anda bisa melihat dan memotret para pemainnya ber-make up sendiri di back stage. Asalkan minta izin terlebih dahulu. Anda juga bisa berfoto bersama para pemainnya sebelum maupun setelah mereka pentas.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: adji & dok. eny sulistyowati  

Captions:
1. Kepala Bidang Humas Senawangi Eny Sulistyowati ikut bermain di pementasan wayang orang berjudul "Trisara Tinayuh" di Gedung Pewayangan Teater Kautaman, TMII, 4 Maret 2018.
2. Salah satu pementasan wayang orang di Gedung Wayang Orang Sriwedari Solo.
3. Melihat latihan pementasan wayang orang di Wayang Orang Bharata, Jakarta.
4. Para pemain wayang orang menatarias sendiri di back stage sebelum mentas.
5. TarvelPlus Indonesia berfoto bersama 2 pemain wayang orang di back stage Gedung Wayang Orang Sriwedari, Solo. 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP