. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 02 Februari 2018

Atraksi Seribu Pesilat se-Jabodetabek Bakal Ramaikan Festival Rawa Belong 2018

Festival Rawa Belong 2018 yang berlangsung di Pasar Bunga Rawa Belong, Kebun Jeruk, Jakarta Barat, selama dua hari, Sabtu-Minggu, 3-4 Februari akan diramaikan sejumlah acara menarik. Salah satunya atraksi 1000 pesilat dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Selain atraksi pencak silat secara massal, Festival Rawa Belong 2018 yang diselenggarakan oleh Forum Komunikasi Budaya Betawi (FKBB) dan event organizer Bazaar Community (BC) ini juga menampilkan acara Gelar Budaya Betawi, seperti Tari Topeng, dan lainnya.

Di samping itu juga ada Aksi Manusia Petasan, Lomba Merangkai Bunga, Senam Massal, Aneka Lomba antar TK se-Kecamatan Kebon Jeruk.

Festival yang digelar setiap tahun ini juga disemarakkan dengan bazar kuliner dan multi-produk yang diikuti 100 lebih stand di Jalan Sulaiman, Kelurahan Sukabumi Utara, Rawa Belong.

Kuliner khas Betawi seperti Kerak Telor, Bir Pletok, Dodol Betawi, dan lainnya diperkirakan bakal diserbu pengunjung.

Di festival ini juga disediakan wahana anak. Jadi para orangtua yang datang membawa anak-anaknya bisa mengajak anaknya ke wahana tersebut.

Tahun lalu, festival ini diramaikan dengan lomba pencak silat cingkrik. Lomba tersebut diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari 13 Perguruan Cingkrik Rawa Belong.

Kawasan Rawa Belong sejak lama lebih dikenal sebagai sentra bunga terbesar di Jakarta. 

Berbagai macam bunga dapat ditemukan dengan mudah di sini seperti bunga anggrek, mawar, aster, anterium, matahari, dan bunga lili.

Bunga-bunga tersebut dijual perikat, dengan dibungkus koran. Masing-masing ikat berisi dari 5-100 batang bunga.

Selain bunga potong, pasar kembang Rawa Belong juga melayani rangkaian bunga dalam pot atau wadah lainnya.

Ada juga bunga papan, yang biasa dipakai sebagai ucapan selamat atau duka cita. Harga, bervariasi tentunya tergantung ukuran dan bunga yang digunakan. Untuk pengantaran untuk wilayah Jabodetabek.

Pada era Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, pernah digelar Festival Kembang Rawa Belong pada tahun 2010. Lokasinya di Pasar Kembang, Jalan Sulaiman.

Festival bunga tersebut diikuti ratusan kios pedagang kembang dan 50 stand peserta yang menjajakan berbagai aneka macam bunga hias.

Adapun tujuan festival tersebut tentu untuk memperkenalkan Pasar Kembang tersebut sebagai salah satu obyek wisata di Jakarta.

Sesuai perubahan jaman, Rawa Belong kini juga menjadi sentra kuliner. Bermacam kuliner khas Betawi seperti Nasi Uduk, Ketupat, Bubur Nasi, dan lainnya ada di kawasan ini.

Oleh karenanya, beberapa tahun belakangan ini festivalnya diberi nama Festival Rawa Belong yang semarakkan dengan berbagai acara/lomba, tak hanya terkait dengan bunga.

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Promo Festival Rawa Belong 2018 di tembok Pasar Kembang.
2. Aneka bunga di Pasar Kembang Rawa Belong.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP