. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 25 Januari 2018

Museum Bahari Jakarta Buka Kembali, 250 Koleksinya Bisa Dilihat

Sejak hari Selasa (23/1/2018), Museum Bahari di Jakarta Utara kembali dibuka untuk umum setelah beberapa hari tutup akibat mengalami kebakaran pada Selasa (16/1/2018).

Berdasarkan press realese dari Pihak Museum Bahari yang sebarluaskan lewat akun Instagram (IG) @jakarta_tourism dua hari lalu dijelaskan bahwa pengunjung dapat berkeliling dan melihat koleksi-koleksi kebaharian milik museum yang tersimpan di area Menara Syahbandar.

Pengunjung juga bisa memasuki beberapa ruangan yang tidak mengalami kerusakan pada musibah kebakaran tersebut, yaitu gedung A blok 1, 2, dan 3 yang telah diisi koleksi-koleksi yang berhasil diselamatkan dari amukan api.

Selain itu pengunjung juga dapat berkeliling lantai 2 Gedung A yang berisi diorama sejarah kedatangan bangsa asing ke nusantara dan tokoh navigator dunia.

Ada sekitar 250 koleksi yang dipamerkan di ruangan-ruangan yang selamat dari musibah kebakaran dan dapat dilihat pengunjung.

Museum yang berada di Jalan Pasar Ikan No. 1, Jakarta Utara ini buka setiap Selasa-Minggu pukul 9.00-15.00 WIB. Sedangkan Senin dan Hari Libur Nasional tutup.

Untuk menjangkau Museum Bahari antara lain naik bus Transjakarta, turun halte Stasiun Kota. Dari Stasiun Kota ada beberapa pilihan, bisa naik mikrolet atau ‘minibus’ Kopami, bajaj atau sepeda ontel, transportasi online atau berjalan kaki.

Kalau berjalan kaki, Anda melewati dua gedung bersejarah Museum Bank Mandiri dan Museum Bank Indonesia. Setelah sampai di Museum Bank Indonesia, belok kiri dan seberangi jembatan di atas Kali Besar.

Sesudah itu belok kanan dan telusuri Jalan Kali Besar Barat dekat kali ini. Di persimpangan Jalan Kali Besar Timur 3 teruskan langkah ke Kali Besar Barat hingga ke bawah Jalan Tol Pelabuhan. Teruskan langkah sepanjang kali atau melalui jalan di dekatnya yakni Jalan Kakap.

Di Jalan Kakap Anda akan melihat bangunan Galangan VOC, yang dulunya merupakan galangan perahu layar VOC. Di hadapan kanal Anda akan melihat Menara Tua Kantor Syahbandar.

Di akun IG @museumkebaharianjkt, Kepala Museum Kebaharian Jakarta Husnison Nizar yang akrab disapa Sonni mengajak masyarakat Indonesia, para pecinta museum dan cagar budaya untuk berkunjung ke Museum Bahari yang sudah dibuka kembali.


Kalau ingin melihat Museum Bahari dan bangunan-bangunan bersejarah lainnya seperti Pelabuhan Sunda Kelapa, Gudang kayu, dan Galangan Kapal VOC, ikuti saja walking tour bertajuk “Bandar Termegah Se-Asia”.

Acaranya berlangsung pada Sabtu (27/1/2018) pukul 2 siang sampai 6 sore dengan donasi Rp 50 ribu sudah termasuk tiket Museum Bahari, narsumber, air mineral, dan pin. Namun tidak termasuk parkir dan asuransi. Info detilnya bisa dilihat di  akun IG @wisatakotatua.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo, ig: @adjitropis )
Foto: @wisatakotatua & @museumkebaharianjkt

Captions:
1. Pesona arsitektur Museum Bahari Jakarta sebelum terbakar.
2. Salah satu koleksi Museum Bahari Jakarta yang berhasil diselamatkan dari musibah kebakaran.
2. Menara Syahbandar bagain dari Museum Bahari Jakarta.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP