. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 07 Januari 2018

Jembatan Gantung Baru Terpanjang di Indonesia Ini Tawarkan Pesona dan Sensasi Menggoda

Disebut-sebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Jawa Barat bahkan Indonesia, membuat banyak wisatawan tergoda dan penasaran ingin melihatnya. Pesona dan sensasi obyek wisata pemicu adrenalin ini sudah heboh lebih dulu meskipun belum resmi dibuka.


Pesona jembatan gantung baru yang terletak di Kampung Pasanggrahan, Desa Gunung Pangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) ini meskipun belum diresmikan namun sudah tersiar luas dan memikat perhatian warganet di media online dan media sosial (medsos), Instagram termasuk di Youtube.

Soalnya jembatan yang membentang sepanjang sekitar 250 meter dengan lebar lebih kurang 2 meteran, dan berada di ketinggian 150 meter di atas tanah ini, disebut-sebut sebagai jembatan gantung terpanjang di Jabar, bahkan di Indonesia. Wow emejing.

Jembatan yang menghubungkan antara wisata Situgunung dengan Curug Sawer yang masih dalam area Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini belum memiliki nama.

Sementara ini sudah ada usulan tiga nama, yaitu Jembatan Damar Cinta, karena berada di atas kawasan hutan pohon damar. Usulan lainnya Jembatan Mbah Jalun, seorang yang memiliki kesaktian asal Kadudampit.

Satu lagi diusulkan bernama Jembatan Pesona Situgunung lantaran berada di obyek wisata Situgunung.

Jembatan gantung yang diprediksi bakal menjadi salah satu tujuan wisata baru andalan Jabar tahun ini sekaligus menjadi kado terindah untuk Sukabumi diumurnya yang menginjak usia ke 203 tahun.

Jembatan gantung yang belum dibuka untuk umum karena masih dalam pengerjaan ini ternyata sudah menarik perhatian sejumlah wisatawan dari dalam dan luar Jabar.

Buktinya, sejak akhir Desember 2017, setiap harinya tidak kurang dari 500 orang mendatangi jembatan lantaran penasaran ingin melihat jembatan tersebut. Umumnya mereka dapat informasi dari medsos.

Kehadiran jembatan gantung ini memungkinkan wisatawan menghemat waktu treking dari sekitar 1 jam menempuh jalan sejauh 45 kilometer dari Situgunung menuju Curug Sawer, menjadi hanya 10 menit.

Sensasi yang ditawarkan jembatan gantung ini wisatawan bisa berwisata di dua tempat sekaligus, yakni Situgunung dan Curug Sawer.

Saat berada di jembatan gantung ini, wisatawan bisa melihat hamparan hutan Damar, perbukitan hejo royo-royo bersemayam kabut, dan bahkan pemandangan Kota Sukabumi.

Wisatawan pun akan dimanjakan dengan pemandangan hijau yang meneduhkan dan udara sejuk serta bersih yang menyegarkan.

Sekalian bisa menguji keberanian dan merasakan sensasi wisata adrenalin saat melintasi jembatan gantung ini.

Bukan cuma itu, wisatawan pun dapat ber-swafoto dengan latar belakang jembatan gantung yang menantang dan berpemandangan menawan.

Traveltips
Obyek wisata Situgunung relatif mudah dijangkau. Kalau wisatwan naik kendaraan umum bisa memilih kereta api dengan rute Bogor Paledang-Sukabumi-Cianjur dan berhenti di Stasiun Cisaat Sukabumi.

Dari stasiun tersebut lanjutkan dengan angkutan umum ke Situgunung. Bisa juga naik bus dari Kampung Rambutan jurusan Sukabumi turun di Polsek Cisaat, tinggal naik angkot sampai ke pintu masuk utama Situgunung.

Selama ini aktivitas yang biasa dilakukan wisatawan di Situgunung, antara lain menikmati pesona Situgunung dari tepiannya ataupun bersampan mengelilinginya serta memancing.

Situgunung merupakan sebuah danau yang berada di ketinggian sekitar 850 meter di atas permukaan laut (Mdpl), persis di kaki Gunung Gede Pangrango.

Disamping itu wisatawan kerap melakukan trekking ke Curug Sawer dan Curug Cimanaracun, bersepeda, berkemah, ataupun ber-outbound dengan permainan high rope, flying fox, dan river tubing.

Nanti setelah jembatan gantung resmi dibuka untuk umum, maka bertambah lagi aktivitas memikat dan menantang yang bisa dilakukan wisatawan di Situgunung.

Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto2: @situgunungpark

Captions:
1. Pesona jembatan gantung terpanjang se-Indonesia di Situgunung, Sukabumi, Jabar.
2. Sepenggal keindahan dan kegiatan di danau Situgunung.
3. Siap menguji nyali dan memacu adrenalin di jembatan gantung baru ini. 

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP