. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 12 Januari 2018

Inilah Sebagian Tugas dan Fungsi Pejabat di Struktur Organisasi Kemenpar yang Baru

“Om inget ga rencana festival keraton di Madura, itu bulan Oktober 2018 tanggal berapa ya?” begitu isi pesan H. Wawan Gunawan via WA ke TravelPlus Indonesia baru-baru ini.


“Kalau tidak salah Festival Keraton di Madura itu tanggal 27-31 Oktober tahun ini kang haji,” balasku.

Dalam hati sempat bilang, tumben sekali dia nanya event soal Madura. “Aya naon nanya soal event di Madura?” tanyaku.

“Iya Om, Alhamdulillah saya baru dilantik jadi Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Area I untuk wilayah Jawa termasuk Madura pada Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I,” balas Wawan.

“Siapa Asdep (Asisten deputi) dan deputinya,” lanjut tanyaku. “ Oh Asdepnya belum ada. Kalau Deputi Pemasaran I mencakup nusantara dan mancanegara dipimpin Prof. Dr. Pitana. Sedangkan Bu Esthy kini menjabat sebagai Staf Ahli Menpar Bidang Multikultur menggantikan Hari Untoro,” jawabnya.

“Tugasmu sebagai Kabid Pemasaran Area I apa aja kang,” tanyaku lagi.

Tak lama kemudian Wawan yang semula menjabat sebagai Kabid Promosi Wisata Budaya pada Asdep Pengembangan Segmen Pasar Personal, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, mengirimkan foto selembar pasal 340 dan pasal 341 tentang tugas dan fungsi jabatan yang diembannya.

Di foto itu tertera tugas Bidang Pemasaran Area I yaitu menyiapkan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, serta melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) dan pemantauan di bidang pemasaran pariwisata area Jawa.

Sementara fungsinya ada lima butir antara lain menyiapkan bahan perumusan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan serta pelaksanaan bimtek dan supervisi di bidang pemasaran Area Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur.

Selain Wawan, ada beberapa pejabat baru yang sudah dilantik tanggal 4 Januari 2018 lalu. Satu di antaranya Hariyanto.

Sebelumnya, di struktur lama Kemenpar dia menjabat sebagai Kabid Target Pasar Dalam Negeri pada Asdep Strategi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara.

“Sekarang saya sebagai Kabid Pemasaran Area I dalam hal ini wilayah Bali pada Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I,” ungkapnya lewat pesan WA.

Menurut Hariyanto sebagian pejabat eselon I dan 2 struktur organisasi Kemenpar yang baru sudah dilantik oleh Menpar Arief Yahya. “Nanti ada tahap 2, tunggu hasil lelang jabatan dulu,” ungkapnya.

Berdasarkan informasi dari Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar, struktur organisasi Kemenpar) yang baru terdiri atas empat deputi yaitu: Deputi Pengembangan Pemasaran (Zona I dan II), Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Deputi Bidang Industri dan Kelembagaan Pariwisata yang semuanya akan lebih fokus kepada wisatawan.

Untuk struktur Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata juga menempatkan area sebagai primary dimension dengan menempatkan tiga area kerja yaitu: Regional I (wilayah Barat), Regional II (wilayah Tengah), dan Regional III (wilayah Timur).

Deputi ini juga bertanggung jawab mengembangkan investasi pariwisata dan mengembangkan infrastruktur/ekosistem kepariwisataan.

Sementara struktur Deputi Pengembangan Pemasaran disusun dengan menempatkan dimensi area sebagai primary dimension (area-based structure) mewakili originasi wisatawan atau customer yang terbagi dalam dua kelompok besar area yaitu: Zona I (Indonesia, ASEAN, Australia, Oceania) dan Zona II (Asia, Afrika, Amerika, Eropa).

Pejabat baru yang dilantik Menpar Arief Yahya terdiri atas 4 pejabat Eselon I (Pejabat Pimpinan Tinggi Madya) berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) no. 146/TPA TAHUN 2017, 11 pejabat Eselon II (Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama); dan 316 pejabat Eselon III dan IV (Pejabat Adminstrastor dan Pejabat Pengawas) di lingkungan Kemenpar dan Pejabat di lingkungan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan Badan Pelaksana Otorita Borodudur.

Sebagai catatan, pemerintah telah melakukan proses seleksi untuk mengisi jabatan Eselon I di lingkungan Kemenpar yang dilakukan oleh Tim Seleksi Jabatan Tinggi Madya (Eselon I) yang anggotanya terdiri atas pejabat Kemen PAN& RB, Sekneg, BKN, Praktisi dan Akademisi.

Sebelum dilakukan proses seleksi, calon pejabat Eselon I dan II terlebih dahulu harus mengikuti assessment yang dilakukan lembaga profesional.

Sementara itu seleksi jabatan untuk Eselon III dan IV dilaksanakan melalui proses Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan) yang dipimpin oleh Sekjen dengan anggotanya para Dirjen, Irjen, dan Kabadan Sumberdaya Kemenpar.

Naskah: adji kurinawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)
Foto: agung-humas kemenpar

Captions:
1. Menpar Arief Yahya menlantik pejabat eselon 1 yang baru.
2. Para pejabat baru yang dilantik Menpar Arief Yahya awal 2018.
3. Menpar Arief Yahya saat meberi kata sambutan di acara pelantikan pejabat baru Kemenpar.
4. Struktur baru Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata, Kemenpar yang baru.
5. Suasana pelantikan pejabat baru dalam struktur organisasi Kemenpar yang baru, di Jakarta, 4 Januari 2018.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP