. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 28 Desember 2017

Inilah Event Pilihan dari Sumatera yang Masuk Daftar 100 Wonderful Events 2018

Sekurangnya ada 3.000 event di Indonesia yang diselenggarakan berbagai kalangan selama 2018. Namun hanya ada 100 events yang dipilih sebagai Wonderful Events Indonesia dan 10 National Events sebagaimana tercantum dalam buku berjudul 100 Wonderful Events Indonesia 2018.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam sambutannya di buku setebal 156 halaman ditambah 2 halaman untuk alamat Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) dan 34 Dinas Pariwisata se-Indonesia mengatakan 100 Wonderful Events dan 10 National Events 2018 itu hasil dari penyeleksian tim kurator.

“Event-event terpilih tersebut dapat digunakan wisatawan sebagai rujukan, sementara para pemangku kepentingan dapat menggunakannya sebagai panduan untuk menyusun program,” terang Arief Yahya.

Tahun 2018, lanjut Arief Yahya, ditetapkan sebagai Tahun Visit Wonderful. “Dengan terbitnya 100 Wonder Calendar of Events ini merupakan undangan terbuka untuk Visit Wonderful Indonesia 2018,” ungkapnya.

Seluruh provinsi di Tanah Air kebagian jatah event-nya masuk daftar 100 Wonderful Events. Cuma jumlahnya yang berbeda satu sama lain.

Kali ini TravelPlus Indonesia mengupas event-event dari Pulau Sumatera yang terpilih masuk dalam daftar tersebut.

Provinsi di Sumatera yang event-nya paling banyak terpilih adalah Kepulauan Riau (Kepri), dengan 6 events.

Maklum wilayah Kepri termasuk cross border atau lintas batas dengan negara tetangga terutama Singapura dan Malaysia.

Keenam events Kepri yang terpilih itu adalah Batam International Culture Carnival, Bintan Triathlon, Festival Pulau Penyengat, Festival Bahari Kepri, Tour de Bintan, dan Kenduri Seni Melayu.

Sementara yang kebagian menyumbang masing-masing 3 events adalah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, dan Riau.

Tiga events Sumatera Utara itu Festival Danau Toba, Ya’ahowu Nias Festival, dan Pekan Raya Sumatera Utara.

Sumatera Selatan (Festival Sriwijaya, International Musi Triboatton, dan Pagar Alam Heritage Trail).

Sementara event Sumatera Barat (Tour de Singkarak, Festival Pagaruyung, dan Sawahlunto Iterntional Music Festival).

Riau (Bakar Tongkang, Bono Surfing, dan Festival Pacu Jalur). Ketiga events tersebut memang menjadi event andalan Riau.

Provinsi yang kebagian masing-masing 2 events ada 3 yakni Aceh, Jambi, dan Bangka Belitung.

Event Aceh yang terpilih adalah Aceh Culinary Festival dan Aceh International Rapa’I Festival. Sedangkan Jambi adalah Festival Kerinci dan Festival Batanghari.

Sementara Bangka Belitung sumbangkan event Bangka Cultural Wave Festival dan Festival Tanjung Kelayang.

Provinsi di Sumatera yang hanya 1 event-nya saja terpilih adalah Bengkulu untuk event Festival Tabot Bengkulu dan Lampung untuk Festival Krakatau.

Mengapa event Surfing International Krui Pro di Pantai Tajung Setia, Krui, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung tidak dimasukkan dalam daftar 100 Wonderful Events 2018?

Padahal tahun ini, tepatnya tanggal 14-16 April lalu, event tersebut berhasil diikuti 71 peselancar (surfer) berkelas dunia, 51 di antaranya dari Australia, Brasil, Selandia Baru, Korea Selatan, Yunani, Amerika Serikat, Jepang, dan Hawai. Sisanya peselancar tuan rumah Indonesia.

Bahkan menurut Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo setiap tahun tercatat lebih dari 8.000 turis mancanegara yang berkunjung ke Kabupaten Pesisir Barat dengan tujuan utamanya adalah surfing.

Jadi dari 10 provinsi se-Sumatera hanya ada 26 events yang masuk dalam 100 Wonderful Events 2018 dengan jumlah event terbanyak Kepri, paling sedikit Lampung dan Bengkulu.

Jumlah event Kepri yang terpilih sama besar dengan Bali sebanyak 6 event.

Keenam event Pulau Dewata itu adalah Bali Spirit Festival, Ubud Writer Festival, Nusa Dua Fiesta, Festival Buleleng, Festival Nusa Penida, dan Festival Tenganan.

Namun secara Nasional, provinsi pertama dan kedua yang paling banyak menyumbangkan event-nya untuk 100 Wonderful Events 2018 adalah Jawa Timur dengan 8 events dan Jawa Barat 7 events (info detilnya di tulisan berjudul: 32 dari 100 Wonderful Events 2018 Berada di Jawa, Jatim Terbanyak).

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Parade Gajah Lampung, ciri khas Festival Krakatau.
2. Buku 100 Wonderful Events 2018.
3. Bintan Triathlon diminati wisman.
4. Tour de Singkarak, Sumbar.
5. Festival Krakatau satu-satunya event yang mewakili Lampung di 100 Wonderful Events 2018.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP