. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 28 Desember 2017

32 dari 100 Wonderful Events 2018 Berada di Jawa, Jatim Terbanyak

Dari 100 Wonderful Events yang bakal digelar sepanjang 2018, sebanyak 32 events berada di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Timur menjadi penyumbang event terbanyak sesuai pilihan tim kurator yang dibentuk Kementerian Pariwisata (Kemenpar).

Jumlah events dari Jawa Timur (Jatim) yang terpilih masuk daftar 100 Wonderful Events 2018 sebagaimana tertuang dalam buku mungil bertajuk sama, ada 8 yaitu Yadya Kasadha dan Bromo Exotica, Indonesia Art Mart, Kemilau Madura, International Tour de Banyuwangi Ijen, Gandrung Sewu, Festival Kota Tua Malang, Festival Keraton Nusantara, dan Malang Flower Carnival.

Di bawahnya ada Jawa Barat dengan 7 events (Festival Budaya Cirebon, Geopark Ciletuh Festival, Asia Africa Carnival, Gebyar Pesona Budaya Garut, International Angklung Festival Kuningan, Al Mizan Sufi Music Festival, dan Matasora World Music Festival).

Lalu DKI Jakarta dengan 6 events (Jakarta Marathon, Jakarta Fashion and Food Festival, Pekan Raya Jakarta, Wonderful Food Culinary and Shoping, Festival Tempo Doeloe atau Festival Kota Tua dan Pulau Seribu, dan FEST In Fest).


Jawa Tengah menyumbangkan 5 events yaitu Dieng Culture Festival (DCF), Festival Lima Gunung (FLG), Cheng Ho Festival Semarang, Solo International Performing Arts (SIPA), dan Borobudur Writer and Culture Festival.

Event dari DI Yogyakarta yang terpilih ada 4 yaitu Art Jog, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Jogja International Heritage Walk, dan Kustomfest.

Terakhir Banten dengan 2 event yaitu Exciting Banten Festival (Seba Badui) dan Festival Tanjung Lesung.

Jadi total event dari 6 provinsi di Pulau Jawa ada 32 events yang masuk list 100 Wonderful Events 2018.

Seratus Wonderful Events itu sendiri akan dimulai dengan event FEST In Fest (Festival Indonesia Festival) tanggal 19 – 21 Januari 2018 di Gedung Sapta Pesona, Kemenpar, Jakarta.

FESY In Fest merupakan forum berbagi pengalaman dan membangun kerjasama antar-pekerja seni dan penyelenggara festival sekaligus digunakan untuk peluncuran bersama kalender event sepanjang tahun.

Event penutupnya Lovely December 2018 di Toraja, Sulawesi Selatan tanggal 20 – 30 Desember.

Lovely December menampilkan berbagai potensi kesenian dan budaya Toraja dalam bentuk atraksi seni-budaya. 

Event tahunan tersebut juga akan disemarakkan dengan Festival Kopi dan International Barista Competition, Toraja Night Run, dan Pameran Kuliner.

Akankah 32 Wonderful Events 2018 di Jawa yang sudah diseleksi/dipilih tim kurator, mampu menjaring lebih banyak lagi wisatawan mancanegara (wisman) ke Jawa dibanding tahun 2017? Dan berapa besar peningkatannya? Kita lihat saja nanti. 

Naskah & foto: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com, ig: @adjitropis)

Captions:
1. Kemilau Madura salah satu event dari Jawa Timur yang masuk daftar 100 Wonderful Events 2018.
2. Dieng Culture Festival salah satu event dari Jawa Tengah yang masuk list 100 Wonderful Events 2018.
3. Turis asing mengabadikan salah satu  atraksi budaya dalam Lovely December.


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP