Wonderful Indonesia Gondol Penghargaan "Pays d'Honneur" dari Prancis
Indonesia membawa pulang penghargaan "Pays d'Honneur" dari pameran pariwisata Salon International du Tourisme de Nantes yang berlangsung di Kota Nantes, Prancis baru-baru ini.
Asdep Pengembangan Pasar Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika, Kementerian Pariwisata (Kemenpar,) Nia Niscaya mengatakan Indonesia terpilih menjadi negara tamu dengan branding Wonderful Indonesia paling komprehensif.
“Jadi "pays d'honneur" di International du Tourisme de Nantes pun memberikan special award kepada taktik berpromosi menancapkan branding di seluruh pusat keramaian di Kota Nantes, Prancis Barat itu,” terang Nia dalam keterangan tertulisnya yang diterima Travelplusindonesia di Jakarta, Kamis (3/3).
Pengunjung yang mampir ke booth Wonderful Indonesia dari 40.000 orang pengunjung pameran itu, lanjut Nia paling heboh. Sebagian besar adalah keluarga, pasangan usia pensiun, dan mahasiswa pendidikan pariwisata.
Pengunjung yang datang, Sambung Nia umumnya mencari informasi mengenai Indonesia dengan touchscreen interaktif yang menjelaskan berbagai destinasi unggulan.
"Ada juga pengunjung yang berfoto pada photobooth corner dengan 12 pilihan pemandangan alam Indonesia. Di paviliun Indonesia, banyak pengunjung yang terpukau menyaksikan penampilan misi kesenian Indonesia yang menyuguhkan tarian dari berbagai daerah, salah satunya tarian Dayak dari Kalimantan,” urai Nia.
Setidaknya ada 10 destinasi prioritas di Indonesia yang dipromosikan ke masyarakat Nantes, Prancis. Bali, Jakarta, Batam, Medan, Makassar, Yogya-Solo-Semarang, Bunaken-Wakatobi- Raja Ampat, Lombok, Bandung, dan Banyuwangi, diperkenalkan melalui brosur, flyer, dan video.
“Paviliun Indonesia juga mengelar acara "Indonesian Night" yang dihadiri Duta Besar RI, Dr. Hotmangaradja Pandjaitan. Seluruh tamu yang hadir bisa menikmati kuliner khas Indonesia dan tarian tradisional dari Jawa Tengah dan Sumatera Barat,” ungkap wanita berkerudung itu.
Daya tarik lainnya, peserta pameran juga berkesempatan memenangkan dua paket perjalanan ke Indonesia dengan mengikuti penarikan undian berhadiah yang disponsori Kemenpar. Sementara KBRI Paris dan Garuda Indonesia Holiday France serta Qatar Airways mengadakan undian berhadiah paket perjalanan ke Indonesia untuk dua orang.
Kesuksesan Wonderful Indonesia di pameran Salon International du Tourisme de Nantes, bukan kerja Kemenpar sepenuhnya, melainkan juga mendapat bantuan dari KBRI Prancis.
Di pameran yang sudah memasuki musim ke-17 itu, Kemenpar mengikutsertakan beberapa perwakilan dari kalangan industri pariwisata seperti Garuda Holiday France, Azimuth Travel, Kampoeng Kita, Melati Putih Hijau, Eka Voyages, dan Don Biyu Munduk.
Berdasarkan statistik nasional Prancis, INSEE, penduduk di pantai barat (provinsi Bretagne dengan ibukota Rennes dan Pays de la Loire dengan ibukota Nantes) termasuk provinsi dengan pendapatan per kapita tertinggi di Prancis. Penduduknya selalu meluangkan waktu untuk belibur ke luar negeri (outbound).
Data Kemenpar mencatat jumlah turis Prancis yang berlibur ke Indonesia tahun lalu mencapai 200 ribu wisatawan. Jumlah kunjungan wisman Prancis tahun ini diyakini bakal melonjak samapi 250 ribu orang seiring dengan gencarnya promosi yang dilakukan Kemenpar di Prancis.
Naskah: adji kurniawan (kembaratropis@yahoo.com)
Foto: dok. Kemenpar
Captions:
1. Paviliun Indonesia di pameran Salon International du Tourisme de Nantes, Prancis.
2. Tarian Dayak menghibur pengunjung.pameran pariwisata di Nantes, Prancis
0 komentar:
Posting Komentar