. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 22 Oktober 2012

Kontribusi Fotografi Bagi PDB Capai 1,74 Triliun Rupiah

Fotografi yang menjadi bagian dari subsektor ekonomi kreatif dari film, video, dan fotografi ternyata memberi sumbangan cukup siqnifikan terhadap Product Domestic Bruto (PDB). Pada tahun 2010 lalu saja sumbangannya mencapai Rp1,74 triliun atau 0,73% dari keseluruhan PDB nominal industri kreatif. Sumbangan tersebut diperkirakan meningkat pada tahun ini. 

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu saat membuka Pameran Lomba Foto 2012 di Galeri Alun-Alun, Grand Indonesia, Jakarta, Senin (22/10/2012). 

Tenaga kerja yang diserap dari usaha fotografi pada 2010 sekitar 7.158 orang, tumbuh dengan rata-rata 5,8 setiap tahunnya sepanjang 2002-2010. “Jumlah usaha fotografi sekitar 611 pada tahun yang sama,” tambah Marie. 

Namun estimasi nilai ekspor fotografi masih kecil namun prosfeknya tetap menjanjikan. “Ekspor fotografi tumbuh rata-rata 32% setiap tahun dalam kurun waktu 8 tahun dari 2002 hingga 2010,” jelasnya. 

Untuk meningkatkan kontribusi fotografi, Kemenparekraf akan terus mendukung subsektor ini anatra lain dengan menggelar workshop mengenai fotografi termasuk penyelenggaran lomba foto sekaligus pamerannya. “Tak hanya itu kami akan menggunakan foto-foto hasil lomba teresbut untuk keperluan berbagai promosi pariwisata termasuk untuk pembuatan postcard, kalender dan lainnya,” terangnya.

 “Tak kalah penting memberi pencerahan mengenai hak cipta foto bagi fotografernya agar mereka tahu hak dan nilai jual foto hasi karnyanya,” ujarnya. Lomba dan pameran foto, lanjut Mare itu penting. “Ini sebagai bentuk pengakuan sekaligus member inspirasi kepada fotografer lainnya,” jelasnya. 

Direktur Jenderal Ekonopmi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kemenparekraf Ukus Kuswara menjelaskan Lomba Pameran Foto 2012 bertema “Cinta Indonesia dari Mata ke Hati” ini bertujuan menyebarluaskan keindahan obyek wisata dan atraksi wisata dari berbagai daerah di Indonesia. 

Lomba dan pameran foto ketiga ini berhasil menjaring 12.808 karya foto. “Naik lebih dari 500% dibanding tahun sebelumnya yang hanya 2.575 foto,” terangnya. 

Pameran lomba foto kali ini memamerkan 280 karya foto, termasuk para pemenang lomba antara lain foto berjudul “Pacu Jawi” karya Zulkifli dari Padang, Sumatera Barat yang menjadi juara pertama untuk kategori umum. “Foto tersebut saya ambil saat ada Pacu Jalur, Januari 2012 lalu di Tanah Datar. Saya bersama empat fotografer lainnya berada di tempat agak tinggi jadi saya bisa mengambil angle dari atas,” jelas Zulkifli. 

Gunadi salah satu juri di lomba foto membocorkan rahasi kemenagan foto karya Zulkifli tersebut. “Foto tersebut membawa misi mempromosikan atraksi wisata, punya unsur keunikan dengan angle berbeda serta sesuia dengan tema,” akunya. 

Selain di Grand Indonesia, pameran lomba foto ini juga digelar di Promenade LG Terra, Central Park, Jakarta sampai dengan 28 Oktober 2012.  

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP