. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 22 Oktober 2012

Sepuluh Obyek Wisata Alam Tereksotis di Indonesia

,
Ada ribuan obyek wisata alam yang tersebar di Indonesia. Namun tidak semua dinilai eksotis dan menarik dikunjungi wisnus dan wisman. Sekurangnya ada 10 obyek wisata alam yang dinilai paling eksotis di Indonesia. Obyek-obyek tersebut pun diminati investor dalam negeri dan asing. 

Pertama, Pulau Komodo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur 

Taman Nasional Komodo (TNK) menawarakn pesona keindahan daratan, perairan dan dasar laut. Kawasan berpulau-pulau ini menjadi rumah tinggal atau habitat komodo (Varanus komodoensis), biawak purba raksasa yang masih tersisa di bumi ini. Kondisi alamnya unik anatra lain savana yang luas dengan pohon lontar (Borassus flabellifer). 

TNK berada di selat antara Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sumbawa di Nusa Tenggara Barat (NTB).. Pemandangan dasar perairan TNK juga termasuk yang terbaik di dunia. Tak heran bila kawasan ini mendapat predikat keajaiban alam dunia. 

Kedua, Raja Ampat, Papua Barat 

Lima tahun belakangan ini, Raja Ampat menjadi pusat perhataian sekaliguan daerah tujuan utama para penggila olahraga menyelam (diving). Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar yaitu Misool, Salawati, Batanta dan Waigeo. 

Sama halnya TNK, Perairan Raja Ampat memiliki pemandangan daratan dan bawah laut yang sama menawan. Bahkan ada yang mengkalim sebagai salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan sebagai nomor satu untuk kelengkapan flora dan fauna bawah airnya. Ada sekitar 75% spesies karang yang menghuni perairanya. 

Selain itu, ada spesies unik beberapa jenis kuda laut kerdil, wobbegong, dan Manta Rays.There juga ikan endemik Raja Ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Pada Manta Point yang terletak di Arborek, Selat Dampier, Anda bisa menyelam dengan ditemani beberapa Manta Rays jinak, seperti ketika Anda menyelam di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. 

Ketiga, Pulau Bintan, Kepulauan Riau 

Daya tarik utamanya pantai dengan pasir putih berkilauan, air biru, dan pepohonan yang membuatnya begitu eksotis. Pulau ini juga memiliki beragam resor mewah yang dapat disewa untuk bulan madu, pantai pribadi, dan berolaraga air seperti snorkeling, diving dan lainnya. Tak heran pulau ini dijuluki juga pulau resort. 

Keempat, Ngarai Sianok, Bukittinggi, Sumatera Barat 

Ngarai menawan ini membentang dari selatan Nagari Koto Gadang hingga ke utara Sianok, Nagari Enam Suku, dan berakhir di Palupuh dengan panjang 15 Km, kedalaman 100 meter dan 200 meter . Ngarai Sianok atau 'Quiet Valley' merupakan lembah yang indah, hijau dan subur. 

Di bagian bawah mengalir sungai berkelok-kelok indah, menelusuri celah-celah tebing dengan berlatar belakang Gunung Merapi dan Singgalang. Keindahan alamnya menjadikan objek foto wisatawan dan sumber inspirasi bari para pelukis. Ditambah dengan goa jepang yang bernilai sejarah serta Jam Gadang yang berada tak jauh dari lembah ini. Tak heran kawasan ini menjadi eksotisme tersendiri darah ranah minang. 

Kelima, Kaliurang, Yogyakarata 

Kaliurang adalah 28 kilometer Utara dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya di dusun Kaliurang, Hargobinangun, Pakem, Sleman merupakan kawasana wisata alam dan budaya yang menawan. Disini banyak desa wisata yang menawarkan kehidupan pedesaan Jawa khas kaki Gunung Merapi. 

Nama besar Gunung Merapi menambah daya tarik Kaliurang yang sempat porak poranda diterjang debu dan lahar dari letusan Merapi beberpa waktu lalu. 

Keenam, Danau Tiga Warna, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur 

Danau yang terletak di Gunung Kelimutu, Flores, NTT ini memiliki tiga danau yang airnya berbeda warna dan bias berubah-ubah warnanya. Karena itula, danau kelimuti dimasukan sebagai salah satu dari sembilan keajaiban dunia ini. 

Ada tiga danau yang berdekatan di puncak gunung Kelimutu ini. Pertama, Tiwu Ata Polo (danau merah), Tiwu Nua Muri Kooh Fai (danau hijau), dan Tiwu Ata Mbupu (danau biru). Danau Kelimutu merupakan satu-satunya danau di dunia yang airnya dapat berubah setiap saat, dari merah menjadi hijau tua hijau dan merah marun, hijau gelap ke terang, coklat kehitaman menjadi biru langit. Fenomena alam ini membuat namanya tersohor dan memukau wisnus dan wisman. 

Ketujuh, Danau Gunung Tujuh, Taman Nasional Kerinci Seblat, Jambi 

Danau Gunung Tujuh di ketinggian 1.996 meter di atas permukaan laut menjadikannya sebagai danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini dikelilingi enam gunung, yaitu Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 meter di atas permukaan laut / dpl, Gunung Hulu Sangir (2330 meter dpl), Gunung Mandura Besi (2.418 meter dpl), Gunung Selasih (2230 meter dpl), Gunung Jar Panggang (2469 meter dpl), dan Gunung Tujuh (2732 meter dpl) sebagai puncak tertinggi. 

Di sekitar danau ini kaya akan keanekaragaman hayatinya. Ada Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatraensis),owa, beruang madu, babi hutan, tapir , berbagai macam burung, dan kupu-kupu. Tanamannya antara lain berbagai jenis anggrek liar dan semar kantong. 

Obyek lain di sekitar danau ini Gunung Tujuh Waterfall, dengan ketinggian puluhan meter yang bersumber dari Danau Gunung Tujuh.

 Kedelapan, Pulau Sangalaki, Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur 

Sangalaki, pulau kecil seluas sekitar 13 hektar berstatus Taman Wisata Alam (TWA) ini asyk untuk dikelilingi sekitar 30 menit. Selama perjalanan, dapat dijumpai pantai berpasir putih dan laut yang menawan. Pagi dan sore hari, dapat menikmati fenomena alam matahari terbit dan terbenam yang menakjubkan.

 Fauna yang dapat dilihat antara lain kepiting kelapa, biawak, elang berani, burung gosong dari Filipina, egrets karang, laut pergam burung dan lainnya. Bawu lautnya juga menawan dan juga salah satu yang terbaik di dunia. Berdasarkan survei tahun 2003 Laeden Museum Naturalis, di perairan Pulau Sangalaki dan Derawan Isalnds telah ditemukan 40 spesies karang fungis (karang jamur). 

Pulau ini juga rumah bagi 1.051 spesies ikan karang dan lima spesies lamun. Yang menarik lagi, pulau ini menjadi tempat pendaratan penyu dan airnya juga lokasi agregasi Manta Rays. 

 Kesembilan Pulau Moyo, Nusa Tenggara Barat 

Pulau Moyo selian dikenal sebagai tempat berbulan madu eksotis di Indonesia. Selian asri, indah dan sepi, pulau ini memiliki resort berfasilitas lengkap. Alamnya menawan berupa pasir putih, dan perairannya berterumbu karang lengkap dengan ikan laut berwarna-warni. Ditambah air terjun dan kolam renang alami. Pulau ini juga menjadi lokasi berburu yang mengasyikkan. 

Kesepuluh, Wakatobi, Sulawesi Temggara

 Wakatobi merupakan kepulauan yang terdiri dari Wangi Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko Kepulauan. Kepulauan ini terkenal dengan keindahan alam bawah laut yang kaya akan terumbu karang dan spesies laut lainnya. Peraiarannya menjadi tempat tiinggal bagi ratusan spesies terumbu karang hingga dinobatkan sebagai pusat Segitiga Terumbu Karang (segitiga terumbu karang dunia, yang terdiri dari Indonesia, Filipina, Papua Nugini, Brunei Darussalam, Kepulauan Solomon dan Timor Leste). Tak cuma itu ada gua-gua bawah laut yang letaknya berdekatan. Selain diving dan snorkeling, juga asyik untuk eksplorasi di pulau-pulau. Di samping Pulau Tomia, seluas 8 km2 disebut Pulau Tolandona (Onernobaa Island) disebut-sebut pulau yang sangat unik karena dikelilingi taman laut yang indah. 

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelpus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP