. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 05 September 2012

Sandeq Race 2012 Bakal Jadi Agenda Nasional


Lomba perahu layar tradisional Mandar, Sulawesi Barat (Sulbar) yang disebut Sandeq Race bakal masuk agenda nasional tahun depan. Sampai perayaan ke-8 kali ini, lomba layar yang diadakan untuk melestarikan budaya masyarakat Mandar di Sulbar ini masih berskala lokal.

"Sandeq Race merupakan warisan leluhur masyarakat Mandar yang harus dilestarikan. Lomba ini bahkan sudah ada sebelum Sulbar terbentuk. Tahun depan mudah-mudahan bisa menjadi agenda nasional. Dengan begitu akan semakin dikenal dunia.," kata Gubernur Sulawesi Barat, H. Anwar Adnan Saleh seusai melepas peserta lomba Sandeq Race etape ke-empat dari Pantai Majene dan berakhir di Polewali, Sulbar Selasa (4/9/2012).

Dia mengatakan kendati Sandeq Race belum menjadi agenda Nasional, namuan kegiatan adu ketangkasan dan kecepatan perahu layar yang digelar berbarengan dengan berdirinya Sulawesi Barat ini, sudah dikenal oleh pecinta maritim dunia seperti Australia dan Prancis.

"Perahu sandeq pernah menyeberang sampai ke Darwin, Australia," tambah Anwar Adnan.

Rute Sandeq Race tahun ini dipersingkat tidak sampai Makassar melainkan hanya sampai Polewali Mandar karena kesepakatan dengan walikota Makassar mengingat di Sulsel sedang ada persiapan pemilihan Gubernur Sulsel periode 2013_2-18.

"Ini untuk menghindari adanya pemanfaatan Sandeq Race untuk tujuan mendukung salah satu calon gubernur Sulsel. Oleh karenanya dipersingkat, jadi bukan karena ingin memperkecil skala lomba ini apalagi menghilangkan," jelasnya.

Selain menjadi agenda nasional, tahun depan diharapkan setiap kabupaten di Sulbar menjadi peserta Sandeq Race, termasuk Kabupaten Mamasa meskipun kabupaten ini tidak memiliki perairan laut.

"Masing-masing pemkab harus menganggarkan dana untuk bisa mengikuti Sandeq Race tahun depan," imbaunya.

Peserta Sandeq Race ditanggung oleh pemkab masing-asing termasuk pemilik perahu dan sponsor yang didapat. "Pemprov Sulbar memfasilitasi saja," terangnya.

Sandeq Race ke depan diharapkan bukan semata lomba perahu layar, melainkan juga pengembangan industri perahunya, mulai dari bahan baku sampai dengan pemasaran perahunya. "Jadi ada nilai ekonomi yang diangkat untuk mensejahterakan rakyat," ungkap Anwar Adnan.

Bahkan, lanjut Anwar, berdasarkan masukan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), diharapkan rute Sandeq Race tahun-tahun berikutnya bisa sampai pulau Jawa atau ke Kalimantan. "Dengan begitu Sandeq bisa semakin berkualitas dan diharapkan juga dapat menjaring wisnus dan wisman lebih banyak lagi," tutupnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP