. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 20 September 2012

Putri Pariwisata Indonesia Harus Mampu Menjaring Wisman


Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia (PPI) kembali digelar. Tahun ini PPI mengusung tema Green & Creative Tourism. Pemenangnya diharapkan bukan hanya sekadar cakap mempromosikan pariwisata Indonesia sampai ke mancanegara, pun mampu menjaring wisman. 

 “Saya tidak tahu apa ada data wisman yang datang dari hasil kinerja PPI selama ini. Mudah-mudahan ke depan ada studi yang menyebut gara-gara PPI wisman kita naik 8 juta,” jelas Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar saat audiensi para funalis PPI 2012, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta (19/9/2012). 

Banyak manfaat yang didapat dari acara pemilihan PPI ini. “Mereka, para pemenang PPI menjadi duta PR (public relation) bagi pariwisata kita baik ke dalam maupun ke mancanegara,” terang Sapta yang juga merangkap sebagai ketua dewan juri dalam ajang ini.

Mereka, lanjut Sapta, juga menjadi rule mode yang positif bagi anak muda khususnya di sektor pariwista. “Kalau mereka (PPI-red) yang menyampaikan ke anak muda baik secara langsung maupun lewat online lebih pas dan kena. Kalau saya yang sudah tua, terasa ada gap,” akunya. Sapta juga menilai ajang ini bisa menjadi penguatan persatuan dan kesatuan bangsa. “Para peserta PPI data saling kenal adat istiadat masing-masing. Ini cikal bakal untuk sama-sama memajukan pariwisata kita,” ungkapnya.

 Johnnie Sugiarto, founder chairman EL JOHN Pageants mengatakan selama ini kinerja PPI sangat padat. “PPI yang terpilih memiliki lebih dari 200 program kerja yang harus diikuti. Cuma kurang diekspose media,” akunya. 

Dalam laporannya, Johnnie menerangkan finalis PPI 2012 berjumlah 35 perempuan dari 33 provinsi. “Mereka sudah memasuki masa karantina di Merlyn Park Hotel Jakarta sejak 17 hingga 27 September 2012. Esok malamnya, 28 September mereka akan berkompetisi dalam ajang pemilihan pada acara Malam Penobatan PPI 202 di Grand Ballroom Casa Grande, Merlyn Park Hotel, Jakarta,” terangnya. 

Selama karantina, lanjut Johnnie para finalis PPI 2012 mendapat pembekalan dari sejumlah pakar. “Kemarin mereka mendapat pembekalan dari Direktur MICE, Kemenparekraf, Ibu Kiki mengenai MICE dan wisata minat khusunya,” akunya. Rencananya, pada malam anugerah Putri Pariwisata Indonesia 2012 akan dihadiri 

Menparekraf Mari Elka Pangestu. “Ibu Marie, akan menyematkan langsung mahkota kepada pemenangnya,” tambah Sapta yang berpesan kepada para finalis agar meningkatkan pengetahuannya di bidang parekraf mengingat mereka kelak akan berperan sebagai duta wisata untuk mempromosikan potensi pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia kepada masyarakat nasional dan internasional.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP