. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 06 Agustus 2012

Sepuluh Karir yang Cocok Buat Petualang


Anda petualang? Hobi mengembara kemana-mana. Jelejahi satu kota ke kota lain. Masuki desa, dusun, pedalaman, dan pelosok tak terjangkau. Datangi pantai, laut, gunung sampai masuk perut bumi. Tapi terkendala waktu dan pekerjaan. Nah, mulai sekarang rancanglah pekerjaan yang bakal menunjang hobi Anda itu. Berikut ini 10 karir yang cocok buat orang-orang yang gemar berpetualang seperti Anda.

Pertama, Penulis Wisata. Pekerjaan ini jelas paling mendukung hobi Anda. Terlebih yang dipegangnya itu rubrik khusus wisata petualangan. Klop banget. Untuk mencapai kariri ini, Anda bisa mengikuti pendidikan formal maupun non formal. Misalnya ambil kuliah jusrnaslitik kemudian menulislah setiap melakukan penjelajahan kemananapun, lalu kirim ke media cetak baik majalah, koran maupun tabloid. Atau Anda bisa membuat webblog khusus petualangan Anda sendiri. Semua itu modal buat Anda melamar pekerjaan sebagai penulis khusus wisata nanti.

Kedua, Fotografer Landscpe. Ini juga salah satu pekerjaan yang amat mendukung hobi mengembara Anda. Memotret landscape jelas ke luar ruangan, ke tempat-tempat indah dan asri seperti pantai, pulau, gunung, dan sebagainya. Hasil fotonya dapat Anda kirim ke sejumlah media, kalau Anda bisa menulis ada baiknya sekalian dengan tulisn. Kalau tidak ya bisa berupa essay foto. Untuk mencapai karier ini Anda bisa belajar otodidak maupun kursus di sekolah fotografi.

Ketiga, Pemandu Wisata Petualangan. Yang satu ini jelas sekali sangat beriringan dengan hobi Anda. Sambil bekerja, seperti karier sebagai penulis dan fotografer, Anda bisa melakukan hobi itu. Ibarat pepatah, sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui. Sekali menyelam sambil minum air. Untuk mencapai karir ini, Anda harus punya modal pendidikn formal maupun non. Berdasarkan pengalaman Anda membawa rombongan ke obyek-obyek petualangan bisa menjadi modal untuk Anda membuat sendiri paket-paket wisata petualangan lalu menjualnya. Sekarang ini banyak sekali operator-operator petualangan lepas yang mempromosikan paket-paketnya lewat jejaring sosial Facebook, Twitter, dll.

Keempat, Entertainer (penyanyi). Kalau Anda berbakat menyanyi dan punya skil tampil di depan umum menghibur berbagai kalangan dan lapisan masyarakat, mengapa tidak Anda jadi penyanyi saja. Karir ini juga mendukung hobi Anda itu, karena bakal kerap diundang ke berbagai daerah dan kota untuk mentas dan lainnya.

Kelima, Pekerja Jasa Transportasi (sopir, nahkoda, dll): Sekalian mengantar tamu Anda ke obyek wisata, kariir sebagai sopir travel agent juga membantu Anda menyalurkan hobi Anda. Sekalipun waktunya terbatas, paling tidak Anda bisa pergi dengan tamu yang Anda bawa. Begitupun dengan profesi di bidang transportasi lain seperti masinis, pilot, pramugari, dan sebagainya.

Keenam, Guru Bahasa Inggris. Karir ini memberi kesempatan buat Anda berpergian mengingat kesempatan mengajar bahasa internsional ini cukup luas. Terlebih bahasa ini menjadi bahasa yang wajib dikuasai di hampir seluruh dunia.

Ketujuh, Artis/Aktor dan Kru Film: Menjadi pemain film juga menjadi salah satu karir yang dapat mendukung hobi Anda. Biasanya bintang film yang sudah punya nama, atau yang cocok membintangi film-film bergenre petualangan pasti akan sering diajak membintangi film-film dengan lokasi syuting di alam bebas yang menantang. Kru film juga amat mendukung hobi Anda, lantaran kerap pindah syuting kemana-kemana, survey lokasi dan sebagainya.

Kedelapan, Perawat Lepas. Kemungkinan ditugaskan ke berbagai tempat amat memungkinkan dibanding menjadi perawat tetap. Karir ini bisa mendukung hobi Anda yang senang berpidah-pindah tempat sekaligus mencari suasana baru di tempat baru.
Kesembilan, Sales. Karir ini juga sering ditugaskan berpergian ke berbagai kota oleh kantor. Tantu yang dipilih sales yang benar-benar andal dan cakap.

Kesembilan, Sales. Karir ini juga sering ditugaskan berpergian ke berbagai kota oleh kantor. Tantu yang dipilih sales yang benar-benar andal dan cakap.

Kesepuluh, Event Organizer (EO): Karir sebagai pengelola sebuah event juga memungkinkan Anda untuk sering berpergian ke berbagai kota dan daerah. Terlebih EO yang kerap bekerjasama dengan kementerian atau lembaga yang kerap menggelar event di seluruh Nusantara bahkan mancanegara.

Nah mulai sekarang tentukanlah karir yang Anda inginkan agar kelak pekerjaan Anda itu paling tidak, tidak mematikan hobi Anda berpetualangan. Bagusnya, pilihlah karir yang justru mendukung kegemaran Anda itu. Bila tidak, Hidup terasa MATI!

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP