. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 04 Agustus 2012

Dua Solusi Menjaga Kelestarian Diving Spot Ala Mari


Diving spot yang dimiliki Indonesia sangat banyak dan beragam. Sayang beberapa di antaranya tak luput dari kerusakan dan pencemaran baik yang dibuat oleh manusia maupun proses alam.

Mengingat diving spot punya banyak manfaat buat sektor pariwisata, perekonomian dan lainnya, sudah seharusnya ada langkah pelestarian agar keindahan dan keasriannya tetap terjaga.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu usai mengunjungi bahkan turun langsung menyelam (diving) di dua perairan di Kepulauan Derawan dan Pulau Komodo mengakui ada kerusakan di dua spot diving tersohor tersebut, beberapa waktu lalu.

“Saya juga melihat di Derawan dan Pulau Komodo ada kerusakan terumbu karang yang bukan hanya disebabkan oleh pengeboman nelayan, dinamit, tapi juga oleh parasit yang memakan terumbu karangnya sampai warna corral-nya memutih dan lama-lama mati,” akunya.

Solusinya ada dua. Pertama, meningkatkan pengawasan yang harus melibatkan pihak Taman Nasional, dengan menambah jumlah tenaga jagawana atau pengawasnya serta alat pendukungnya seperti kapal untuk operasi dan lainnya.

Kedua, masyarakat setempat maupun masyarakat sekitar yang terlanjur mencari nafkah dengan menangkap ikan dengan cara cepat yakni dengan dinamit, harus dicarikan nafkah dengan tidak mengandalkan ikan. “Dengan kata lain harus juga dialihkan pekerjaannya. Kalau tidak ada, ya harus dkawal bagaimana menerapkan cara memancing yang tidak merusak,” jelasnya.

Tidak hanya menjaga kawasan semata tapi juga merubah prilaku masyarakat dengan membuat alternative income. “Jadi aspek ekonominya juga penting, tidak bisa dikesampingkan. Dua-duanya harus diterapkan,” tegasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Ilham, Kemenparekraf

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP