. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 02 Agustus 2012

Inilah Lima Obyek Wisata Lokal Penyumbang Peningkatan Jumlah Wisnus



Peningkatan perekonomian, kiranya membuat makin banyak orang Indonesia yang melakukan travelling di dalam negerinya sendiri. Jumlah wisatawan nusantara (wisnus) yang berpergian dalam semester pertama 2012 meningkat 3,5 persen. Ada lima obyek wisata lokal yang diminati wisnus hingga memberi kontribusi peningkatan itu. Obyek wisata apa saja?

Biro Pusat Statistik (BPS) dan Pusat Data Informasi (Pusdatin) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat perjalanan wisnus pada semester pertama 2012 meningkat 3,5 persen dibanding semester pertama tahun 2011 yang mencapai 236.752 juta perjalanan.

Disebutkan pula ada lima obyek wisata yang mengalamn kenaikan jumlah wisnusnya yakni Candi Borobudur dan Prambanan, Pulau Komodo, Wakatobi, dan obyek wisata baru seperti Trans Studio Bandung.

Kunjungan wisnus ke Candi Borobudur misalnya antara Januari-Juni 2012 naik 65% menjadi 1.455.418 orang.

Berkat kenaikan itu, Kemenparekraf optmis pergerakan wisnus tahun ini mampu mencapai 245 juta perjalanan dengan target total pengeluaran wisnus sebesar Rp 171,5 triliun (USD 18 miliar).

Tahun lalu jumlah perjalanan wisnus mencapai 256,752 juta atau di atas target yang ditetapkan sebesar 236 juta perjalanan. Dari total perjalanan tersebut totoal pengeluarannnya mencapai Rp156,89 triliun. Perhitungan pengeluaran ini berdasarkan besarnya pengeleluaran per perjalanan sebesar Rp 662.680.

Menparekraf Mari Elka Pangestu menegaskan perjalanan wisnus menjadi andalan pariwisata nasional.

“Ini membuktikan keingintahuan masyarakat kita akan potensi negaranya sendiri semakin tinggi. Selain adanya peningkatkan perekonomian di tempat bersangkutan,” jelasnya saat jumpa pers di Balairung Soesilo Soedarman, Jakarta, Selasa (1/8/2012).

Peningkatan jumlah wisnus ini, lanjut Mari terkait dengan peningkatan pendapatan, jumlah kelas menengah, perbaikan infrastruktur, dan peningkatan budget airlines.

”Kekayaan alam dan keberagaman budaya serta tradisi Indonesia tak pernah habis untuk dijelajahi. Jadi jangan pernah berhenti mengeksplor negeri sendiri,” imbau Mari.

Kenaikan jumlah wisnus juga terjadi di Pulau Komodo. Dulu, tambah Mari, mayoritas pengunjung Pulau Komodo adalah wisatawan mancanegara (wisman).”Sekarang wisnus sudah lumayan banyak yang ke Pulau Komodo," ungkapnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP