. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 19 Juli 2012

Festival Bunga di Tomohon Bisa Sehebat di Pasadena



Festival bunga berskala internasional di Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) yang dikenal dengan Tomohon International Flower Festival (TIFF), tahun ini memasuki penyelenggarakan ke-3 kali. Festival yang digelar Pemkot Tomohon dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini diprediksi pemerintah bakal sehebat Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat. Dengan catatan harus memenuhi syarat. Apa saja?

“Sekarang ini, festival bunga di Tomohon baru seperti cucunya festival serupa di Pasadena, Amerika Serikat,” kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar saat memberi sambutan dalam launching TIFF di Jakarta, Rabu malam (18/7/2012).

Untuk mewujudkan mimpi menjadikan TIFF seperti festival Tournament of Roses di Pasadena, Amerika Serikat, lanjut Sapta, TIFF harus gencar dipromosikan. “Promo ini penting selain untuk menjaring wisman juga menarik minat peserta dari mancanegara lebih banyak lagi,” jelasnya.

Syarat lainnya, pelaksanaan TIFF harus semakin ditingkatkan kualitasnya. “Jika semakin baik, festival ini bisa menjadi ikonnya Tomohon,” ungkapnya.

Sapta menjelaskan, pada Januari 2012 lalu, Indonesia sukses menyabet juara di Tournament of Roses, Pasadena, AS. “Pada festival itu, Indonesia berhasil mendapatkan penghargaan terbaik atau The President's Tropy, sayangnya tomohon tidak ikut ketika itu,” terangnya.

Lewat festival bunga, lanjut Sapta selain dapat memperomosikan potensi wisata di Tomohon agar kunjungan wisnus dan wisman ke Sulut khususnya ke Tomohon semakin meningkat, pun dapat meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat Tomohon.

“Bayangkan dalam TIFF nanti ada parade 30-40 kendaraan yang dihias bunga hasil tanaman petani. Artinya event ini sekaligus memberikan stimulus petani,” terangnya.

Tomohon, lanjut Sapta harus mencontoh Belanda yang sukses menjadi pengekspor bunga terbesar di dunia, terutama bunga tulip.

"Belanda mampu mengadakan festival bunga Floriade yang 10 tahun sekali, yang diikuti berbagai negara dan mampu menarik kunjungan wisman. Bahkan, banyak biro perjalanan wisata menjual paket ke Belanda untuk melihat Floriade,” terangnya.

TIFF juga bisa menjadi stimulan bagi pengembangan hotel di Kota Tomohon. “Sampai saat ini Tomohon belum punya hotel berbintang. Wisatawan terpaksa menginap di Kota Manado,” ujarnya.

Pakai Bunga Asli
Dalam kesempatan itu, Sapta juga menghimbau agar hotel-totel terutama bintang 3 dan seterusnya menggunakan bunga asli untuk dekorasinya.

“Jangan lagi menggunakan bunga plastik yang kontra ramah lingkungan. Sebaiknya mulai menggunakan bunga asali, selain lebih indah juga dapat meningkatkan permintaan bunga dalam negeri,” sindirnya.


Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman mengakui ada peningkatan arus kunjungan wisnus dan wisman ke Tomohon selama 3 kali menyelengarakan TIFF.

TIFF dilaksanakan setiap 2 tahun sekali. Pertama digelar pada tahun 2008 masih berskala nasional. “Saat itu, festival dikunjungi 20 ribu orang. Lalu tahun 2010, festival ini menjadi berskala internasional dan mengalami peningkatan kunjungan encapai 25 ribu orang. Target pengunjung di TIFF 2012 diharapkan dapat menjaring 30 ribu pengunjung,” jelasnya.

Jimmy F. Eman menjelaskan TIFF 2012 akan berlangsung pada 8-12 Agustus 2012. Acaranya meliputi empat kegiatan utama yakni Tournament of Flower (TOF) yang berlangsung 8 Agustus, Kontes Ratu Bunga pada 10 Agustus, dan Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura, serta Festival Seni Budaya Nusantara.

Festival yang disebut-sebut Sapta sebagai Little-nya Pasadena ini, selain diikuti peserta dari dalam negeri dan juga mulai diikuti negara-negara tetangga.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP