. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 20 Juni 2012

Lomba Lari demi Konservasi Badak Jawa di Ujung Kulon



Lomba lari di jalan beraspal dalam kota untuk memperebutkan sejumlah uang, itu biasa. Tapi lomba lari demi konservasi Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) di kawasan penyanggah Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Banten, itu baru luar biasa dan BEDA. Itulah yang akan dilakukan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia dan Komunitas Indo Runners dengan menggelar lomba lari 10K bertajuk `Run Rhino Run` pada 24 Juni mendatang. Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian publik bagi konservasi Badak Jawa.

Mengapa lomba lari ini demi kelangsungan hidup Badak Jawa? Menurut Direktur Program Kehutanan, Air Tawar dan Spesies WWF Indonesia Anwar Purwoto, Badak Jawa merupakan salah satu mamalia besar terlangka di dunia yang hanya tersisa sekitar 50 ekor di TNUK.

Karena itu harus diselamatkan dan dilindungi keberadaannya. Terlebih Primadona TNUK ini memiliki arti khusus bagi WWF Indonesia, karena awal keterlibatan yayasan konservasi ini diawali dengan penelitian mamalia langka ini pada tahun 1962. Lomba lari ini sekaligus untuk memperingati ulang tahun ke-50 WWF.

Balai Taman Nasional Ujung Kulon pun mendukung kegiatan lari lintas alam 10 kilometer yang diikuti oleh 50 pelari utama yang terpilih dari kompetisi online di jejaring sosial ini. Masyarakat dan pemerintah setempat pun boleh mengikutinya.

Yasha Chatab dari
Indo Runners berharap lewat lomba lari ini selain dapat memasyarakatkan olahraga lari, pun menumbuhkan keinginan untuk menjaga kelestarian alam dan lingkungan Badak Jawa di habitatnya sekaligus menyebarkan pesan konservasi ini ke masyarakat yang lebih luas.

Direktur Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Kementerian Kehutanan Novianto Bambang W mengapresiasi kampanye publik melalui kegiatan lari lintas alam `Run Rhino Run` di kawasan penyangga TNUK mengingat sejalan dengan Tahun Badak Internasional yang akan segera dideklarasikan oleh Pemerintah Indonesia.

Lomba lari ini pantas diilang BEDA, karena lintasan larinya melewati pedesaan di pesisir dan pantai yang berpanorma indah di kawasan penyangga TNUK. Di samping itu, peserta terpilih lomba lari ini akan mendapat materi dan pemaparan mendalam tentang konservasi dan habitat Badak Jawa, kehidupan masyarakat sekitar serta potensi ekowisata yang ada di kawasan taman nasional di ujung Barat Pulau Jawa ini.

Kalau adna berusia 15-50 tahun, ayo ikutan lari demi peduli Badak Jawa. Siapapun boleh mendaftar secara online melalui akun facebook www.facebook.com/RhinoCare atau www.wwf.or.id/RhinoCare. Tapi nanti akan diseleksi secara online.

Obyek Menarik TNUK
Lepas lomba lari, tak ada salahnya Anda singga ke TNUK untuk menikmati pesonanya. Ada beberpa obyek yang menarik unuk Anda kunjungi di dalamnya, antaralain Tamanjaya dan Cibiuk yang merupakan pintu amsuk utama dengan fasilitas berupa pusatinformasi, wisama tamu, dermaga dan sumber air panar.

Singahi juga Pantai Kalejetan, Karang ranjang, dan Cibandawoh untuk menikatik gelombang laut selatan dan pantai berpasir teba; serta mengatamau aneka tumbuan dan satwa.

Lanjutkan menyeberang ke Pulau Peucang untuk berenang, snorkeling dan menyelam di perairan jernih dengan pantai berpasir putih. Anda juga dapat menyaksikan satwa rusa dan monyet di daratannya.

Teruskan ke Karang Copong, Citerjun, Cidaon, Ciujungkulon, Cibunar, Tanjung Layar, dan Ciramea serta mendaki Gunung Payung dengan menjelajahi hutan, menyelusuri sungai, padang pengembalaan satwa, air terjun, dan tempat peneluran penyu.

Kalau belum puas menyebernag ke Pulau Handeuleum, Cigenter, Cihandeuleum untuk menagamati aneka satwa seperti banteng, babi hutan, rusa, jejak-jejak Badak Jawa dan berbagai macam jenis burung. Serta menyelusuri sungai di ekosistem hutan mangrove. Atau juga ke pulau Panaitan untuk menyelam dan berselancar.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP