. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 26 Mei 2012

Sembilan Alasan Berwisata ke Bintan



Banyak alasan mengapa wisatawan, baik mancanegara maupun Nusantara rela menghamburkan uang untuk berwisata ke Bintan, Kepulauan Riau. Salah satu alasannya karena tersedianya sejumlah lapangan golf berkelas dunia. Selain bisa bermain golf di lokasi berpanorama menawan, masih ada bermacam alasan lain yang membuat mereka s bertandang ke pulau di seberang Batam ini. Apa saja?

Alasan pertama, seperti disebut di atas adalah bermain golf. Wisatawan yang hobi bergolf, terlebih pegolf profesional pasti tak menyangkal kalau Bintan merupakan salah satu venue golf terbaik di dunia. Bahkan di sini kerap diselenggarakan kejuaraan golf tingkatinternasional.

Kedua, menikmati surga resort kelas dunia. Maklum di Bintan, tepatnya di Lagoi tersedia sejumlah resort yang menawarkan beragam fasilitas yang lengkap dengan bermacam aktivitas menarik dan menantang serta menyuguhkan panorama alam yang menawan baik pantai maupun hutannya. Sekurangnya ada 9 resort mewah di kawasan ini. (baca: Melongok Resort-Resort Mewah di Bintan)

Ketiga, ikut triathlon. Bagi penghobi triathlon yang menggabungkan tiga olahraga sekaligus yakni renang, sepeda, dan lari marathon, Bintan merupakan tempat pilihan. Setiap bulan Mei per tahunnya digelar kejuaraan triathlon bertaraf internasional bertajuk Bintan Triathlon di Bintan, tepatnya di kawasan resort elite, Lagoi. Tahun ini event tersebut memasuki usia yang ke-8. Peserta tahun ini sekitar 1.200 orang dari 44 negara yakni Eropa, Amerika, Asia, dan Afrika.

Keempat, ikut lomba balap sepeda. Masih di Lagoi, setiap tahunnya digelar lomba balap sepeda Tour de Bintan (TdB). Tahun ini penyelenggaraan ke-4 pada November mendatang.

Kelima, ikut surfing. Di Pantai Trikora setiap tahunnya diadakan lomba surfing tingkat internasional di pantai ini.

Keenam, mendaki Gunung Bintan. Meski cuma berketinggian 400 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung ini memiliki daya tarik sendiri. Untuk mencapai puncaknya butuh waktu sekitar 2-3 jam pendakian. Setiap akhir bulan Juli, di gunung ini digelar lomba treking dan pesta makan durian. Di kawasan yang menjadi daerah resapan air bagi Bintan ini masih terjaga hutannya. Salah satu pohon yang mendominasi hutannya adalah pohon durian.

Ketujuh, city tour Tanjung Pinang, ibukota Kepri yang berada di Pulau Bintan. Keliling Kota Tanjung Pinang antara lain ke masjid tua dan kelenteng tua di Tanjung Pinang, makan masakan melayu di Rumah Makan Sabana, makan masakan seafood di RM Shangrila , belanja ikan asin dan sotong di Pasar Ikan, santai di Pantai Trikora, dan menyeberang ke Pulau Penyengat untuk melihat budaya melayu dan Masjid Raya Penyengat yang berwarna kuning.

Kedelapan, belanja ke Batam. Bagimanapun wisata belanja ke Batam menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan usai berkunjung di Bintan. Maklum saja lokasinya dekat sekitar 30 menit dengan kapal cepat. Selain ke Batam, wisatawan yang gila belanja juga pergi ke Singapura.

Kesembilan, mancing di laut. Para mancing mania punya banyak pilihan untuk mancing di sejumlah perairan di Bintan. Cara mancingnya ada dapat menggunakan cara-cara tradisional maupun modern.

Kendati diminati wisman, namun nama Bintan sampai saat ini kalah tenar dibanding Batam, pulau di seberangnya. Pasalnya sejumlah event yang digelar Pemkab Bintan dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi (Dsbudparprov) Kepri maupun Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten (Dsbudparkab) Bintan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan pihak swasta itu hampir semua berskala internasional. Tapi sayangnya, tidak dibarengi dengan publikasi yang gencar dan tepat sasaran untuk pasar dalam negeri.

Alhasil event-eventnya kurang terdengar di tingkat Nasional bahkan orang kita ada yang mengira event tersebut digelar di Singapura. Dan yang parah lagi masih banyak orang kita yang belum tahu dimana itu Bintan. Tapi kalau disebut dekat Batam, baru mereka paham.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP