. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 28 Mei 2012

Inilah Tujuh Stage di Tour de Singkarak 2012



Rute Tour de Singkarak (TdS) 2012 yang akan berlangsung 4-10 Juni 2012 di Sumatera Barat, menempuh 856 Km. Total jarak tersebut terbagi menjadi 7 stage. Acara pembukaan dan start di Stage 1 di Kota Sawahlunto pada Senin siang 4 Juni pukul 11.00. Sedangkan acara penutupan dan finish di Stage 7 di Kota Padang pada Minggu sore, 10 Juni pukul 16.00 Wib. Berikut ketujuh stage tersebut buat memandu Anda menyaksikan langsung TdS di Sumbar nanti.

Stage 1, Senin, 4 Juni di Kota Sawahlunto. Start-nya dari Taman Segitiga Sawahlunto pada pukul 1 siang. Rutenya melewati Muara Kalaban, Muara Bodi, Muara Sijunjung, Tanjung Ampalo, Muara Kalaban, dan finish-nya di Taman Segitiga Sawahlunto. Total jaraknya 77,5 Km.

Stage 2, Selasa, 5 Juni di Muara Sijunjung, Harau. Start-nya dari depan DPRD Sijunjung pada pukul 9 pagi. Rute yang ditempuh Palaluar, Sumpur Kudus, Lintau Buo, Ngalau, Payakumbuh, Ngalau, dan berakhir di Lembah Harau dengan total jarak 124,5 Km.

Stage 3, Rabu, 6 Juni di Payakumbuh. Start-nya dari Kantor Pos Payakumbuh pada pukul 10 pagi. Rutenya melewati Ngalau, Baso, Batu Sangkarm Ombilin, Batipuh, Rambatan, Batu Sangkar, dan finish-nya di Istana Basa Pagaruyung. Total jaraknya 102 Km.

Stage 4, Kamis, 7 Juni di Padang Pariaman, Bukit Tinggi. Start-nya dari Anai Golf pada pukul 9 pagi. Rute yang dilewati Sicincin, Pariaman, Tiku, Lubuk Basung, Mukomuko, Maninjau, Kelok 44, Matur, dan berakhir di Jam Gadang depan Ramayana dengan total jarak 157,5 Km.

Stage 5, Jum’at, 8 Juni di Danau Singkarak. Start-nya dari BRI Padang Panjang pada pukul 12.30 siang. Rute yang ditempuh Batipuh, Singkarak, Solok, Cupak, Lubuk Selasih, Danau Kembar, Bukit Sileh, Solok, dan finish-nya di Danau Singkarak. Total jaraknya 149 Km.

Stage 6, Sabtu, 9 Juni di Pariaman, Painan. Start-nya dari Pantai Gandoria pada pukul 12 siang. Rutenya melewati Lubuk Alung, Tabing, Padang, Teluk Bayur, Bungus, tarusan, dan berakhir di depan Kantor Bupati Pessel dengan total jarak 146 Km.

Stage 7, Minggu, 10 Juni di Padang Sirkuit Race. Start-nya dari depan Kantor Gubernur Sumbar pada pukul 11 siang. Rute yang dilalui Jl Sudirman, Jl H. Agus Salim, Pasar Simpang Aru, JlDokter sutomo, Jl haru, Simpang Lubek, Simpang Lampu Merah By Pass, By Pass, Sungai Larih, Lubuk Minturun, By Pass, Kantor Gubernur, (looping), Jl Sudirman, Jl Rasuna Said, Jl Raden Saleh, Juanda, Jl Veteran, Jl A. Yani, dan finish-nya di depan Kantor Gubernur Sumbar. Total jaraknya 99.5 Km.

Di setiap stage, baik start maupun finish, peserta lomba, masyarakat, dan wisatawan yang datang akan dihibur dengan suguhan bermacam kesenian setempat, seperti tari-tarian tradisional dan juga kuliner khasnya.

Untuk menggaungkan TdS 2012 yang tinggal menghitung hari, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar acara fun bike bertajuk Road to Tour de Singkarak di Jakarta, Minggu (27/5). Sekitar 2.000 bikers atau penggemar balap sepeda se-Jabodetabek memeriahkan acara yang berlangsung di ruas Jalan MH Thamrin - Sudirman dan memutar Ratu Plaza lalu kembali ke halaman Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf.

Wakil Menteri Parekraf Sapta Nirwandar mengatakan acara ini merupakan bagian dari promosi efektif dalam rangka menyukseskan TdS yang keempat, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih mencintai sport tourism atau wisata olahraga.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP