. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 30 Mei 2012

GBMN 2012 Membatikkan Anak Muda


Dalam upaya melestarikan dan mempromosikan batik agar dicintai, digunakan, dan dikembangkan sebagai poduk bangsa yang bernilai ekonomi tinggi, Putra-Putri Batik Nusantara (PPBN) bekerjasama dengan Ikatan Pecinta Batik Nusantara (IPBN) dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Gebyar Batik Muda Nusantara (GBMN) 2012 di FX Lifestyle X’nter, Jakarta Selatan pada 2-3 Juni 2012. Salah satu acaranya lomba peragaan busana batik untuk anak-anak dan remaja. Ada apa lagi?

“Lomba peragaan busana batik untuk anak-anak usia 4-7 tahun sedangkan untuk remaja 8-12 tahun, jelas Ida Ayu Pasha, selaku panitia acara di Jakarta, Rabu (30/5/2012).

Disamping itu, acara GBMN yang pertama kali dan bertemakan “Tradisi, Kreasi, dan Lestari” ini diramaikan dengan pameran batik dan produk kreatfi bernuansa batik. “Ada juga lomba tari modern dengan sentuhan batik, lomba gambar sketsa bagi anak-anak dan remaja yang bisa mendaftar di lokasi langsung, serta bermacam pertunjukan hiburan antara lain band anak muda,” tambah Ayu yang juga pemain sinetron.

Yang menarik, GBMN 2012 ini diisi dengan talk show mengenai tren batik di kalangan anak muda. Nara sumbernya tokoh muda yang peduli batik Iwet Ramadhan, Putri Indonesia 20111 Mara Selena, dan perancang busana Musa Widyatmodjo.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kemenparekraf, M. Faried menyambut baik digelarnya GBMN 2012. “Batik pada Oktober 2009 diakui UNESCO sebagai intangible cultural heritage of humanity, oleh karenanya kebanggan ini harus dibarengai dengan upaya melestarikannnya dan menggunakan batik, mulai dari tingakat anak-anak, remaja, anak muda sampao orang tua,” jelasnya.

Menurut asumsi saya, lajut Faried, apresiasi anak muda terhadap batik semakin baik. “Dan yang membanggakan lagi banyak produk kain yang semula tenun kemudian menjadi batik, contohnya Sasirangan kain asli Suku Banjar, Kalimantan Selatan belakangan ini pun menjadi batik Sasirangan,“ jelasnya.

Selain penyelenggaraan GBMN, upaya membatikkan anak muda juga ditempuh dengan cara mengadakan pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara. Tahun ini adalah penyelenggaraan kali kedua, rencananya digelar bulan September 2012.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP