. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 21 Mei 2012

Delapan Syarat Berpetualang Solo Aman dan Menyenangkan



Banyak orang bilang berpetualang lebih seru kalau dilakukan rame-rame dibanding sendirian. Tapi buat petualang sejati, berpetualang sendiri justru lebih menegangkan dan mengasyikkan. Ada atmosfir lain yang tak mungkin didapat kalau Anda lakukan secara bersama. Namun untuk melakukannya, bukan cuma diperlukan keberanian apalagi sekadar nekat. Pun harus mengindahkan sejumlah syarat biar petualangan solo Anda berjalan aman dan menyenangkan.

Pelajari Obyek Petualangan
Sebelum melangkah, pelajari benar obyek petualangan yang dituju mulai dari keistimewaannya, cara mencapainya, waktu terbaik mengunjunginya, karakter cuaca dan medannya, peralatan yang dibutuhkan, kebiasaan/adat istiadat atau aturan tak tertulis yang berlaku dalam mayarakat setempat, dan kegiatan yang dapat dilakukan serta perizinannya. Kumpulkan semua informasi semua itu dari berbagai sumber, baik itu media online, cetak, majalah, elektronik maupun orang/komunitas yang pernah ke obyek tersebut.

Siapkan Fisik dan Mental
Karena sifatnya petualangan, maka fisik dan mental harus jauh lebih siap daripada rekreasi atau wisata biasa. Terlebih baru pernah ke obyek tersebut, misalnya mendaki gunung yang jarang didaki, memanjat tebing menantang dan jarang dipanjat, memasuki goa yang tak terjamah, menjelajahi hutan perawan, menyusuri pantai di pulau terpencil, mengarungi sungai ke pedalaman, mengeksplore suku atau masyarakat yang terisolir, dan lainnya.

Kabari Kepergian Anda
Kabari petualangan Anda kepada orang rumah atau orang terdekat biar keberadaan Anda tetap terpantau. Sesekali Anda boleh juga berkirim BBM, SMS, email atau lainnya saat di lokasi petualangan.

Bawa Kebutuhan Pribadi
Karena sendiri, semua peralatan pribadi (kamera, handycam, dll), termasuk obat-obatan, food suplement, dan vitamin sebaiknya disiapkan dari kota asal Anda. Jangan berharap besar dapat Anda beli di kota kecil terakhir dari lokasi petualangan yang belum tentu tersedia.

Jangan Pakai Barang Mewah
Jangan mengenakan barang mewah seperti gadget bermerek, jam mahal apalagi cincin dan kalung emas. Cukup alat komunikasi dengan operator yang sinyalnya menjangkau ke pedalaman. Berpakaianlah senyaman dan sesantai mungkin, jangan terlalu mencolok atau menarik perhatian masyarakat tertentu.

Hindari Pencopet
Simpan dompet dalam kantung celana pendek, baru kenakan celana panjang Anda. Sisihkan uang transportasi dan jajan di tas pinggang atau tas selempang kecil Anda, termasuk kartu identitas Anda.

Aktivitas Pengusir Sunyi

Biar petualangan Anda tak terasa sunyi karena sendirian. Isi dengan bermacam kegiatan menarik sesuai kegemaran seperti hunting foto/video, melukis, bersosialisasi dengan penduduk sekitar, memancing, dan lainnya.

Publikasikan Hasil Petualangan
Terakhir, meski bukan hal utama tapi amat penting, yakni menulis hasil petualangan di weblog, website Anda atau bahkan buku, lalu promosikan di jejaring sosial. Pilihan lain kirim tulisan dan foto-fotonya ke majalah/koran atau mungkin video petualangan Anda ke TV. Sharing pengalaman Anda pasti akan bermanfaat buat orang lain yang ingin melakukan petualangan solo seperti Anda.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok. adji & dok. harley

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP