. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 24 Mei 2012

Bintan Genjot Wisatawan Lewat Triathlon dan Lomba Balap Sepeda



Jika Sumatera Barat berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan baik Nusantara maupun mancanegara dengan lomba balap sepeda bertaraf internasional Tour de Singkarak (TdS) bulan depan. Maka Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), menggenjot jumlah wisatawannya lewat triathlon berskala dunia pada 26-27 Mei 2012. Lomba yang menggabungkan tiga cabang olah raga yakni renang, balap sepeda, dan lari marathon ini akan digelar di lokasi berpanorama cantik dengan hadiah senilai ratusan juta rupiah.

Cabang renang Bintan Triathlon 2012 ini akan mengambil tempat dilepas pantai Nirwana Gardens yang indah, di perairan Laut Cina Selatan. Cabang lomba sepeda digelar di kawasan Nirwana Gardens dan Ria Bintan dengan trek lebar, mulus, dan bergelombang ditambah pemandangan alam nan hijau. Jalur yang dilewati antara lain Lagoi Reservoir, Pasar Ole Ole, dan masih banyak lagi. Sedangkan cabang lomba lari diadakan di sekitar pantai Nirwana Gardens melewati perkebunan alami pohon kelapa alami yang tertata rapih.

Bintan Triathlon 2012 yang digelar Pemkab Bintan dan didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini akan diikuti 1.200 peserta dari 44 negara. Malam ini para peserta masih terus berdatangan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta di Nirwana Gardens.

Event ini menjadi ajang pemanasan buat event serupa yang bertaraf internasional dan jauh lebih besar dan bergengsi yang bertajuk MetaMan. Jika dalam Bintan Triathlon hanya menempuh jarak olimpik, maka MetaMan yang akan digelar pada September 2012 mendatang akan menempuh jarak jauh yakni 3,8 kilometer renang, 180 kilometer balap sepeda, dan 42,2 kilometer untuk lari.

Lomba ketahanan fisik MetaMan ini akan memperebutkan total hadiah US$60 ribu atau Rp548 juta lebih. Pemenang pertama berhak atas uang sebesar USD15000 atau sekitar Rp137 juta untuk masing-masing kategori pria dan wanita.

Jika Bintan Triathlon 2012 dibagi menjadi 3 kelas yakni pria dewasa, wanita dewasa dan peseta anak-anak, maka MetaMan dibagi dua kelas. Kelas pemula, masuk dalam kategori MetaMan Half yang akan menempuh jarak lebih pendek daripada kategori MetaMan Full.

Kedua kategori MetaMan itu terbuka untuk peserta individu maupun grup. Untuk peserta grup, anggotanya harus terdiri dari atas dua atau tiga atlet tanpa batasan jenis kelamin. Pendaftaran pesertanya sudah dibuka sejak 10 Desember 2011 lalu dan ditutup pada 11 Agustus 2012 mendatang.

Jarak tempuh MetaMan Half, untuk berenang sepanjang 1.9 kilometer, bersepeda 90 kilometer dan lari sepanjang 21.1 kilometer. Sedangkan MetaMan Full menempuh jarak dua kalilipat dari jarak tempuh MetaMan Half.

Bupati Bintan Anshar Ahmad di Nirwana Gardens Resort mengatakan sangat mendukung MetaMan karena dinilai makin membuat Bintan lebih dikenal. “Sejak program pariwisata dicanangkan tiga tahun lalu, tingkat pengunjung di Bintan terus menunjukkan peningkatan. Pada 2010 terjadi peningkatan sekitar 15 persen dan pada 2011 meningkat 11 persen," ungkapnya seraya menambahkan bahwa Pemkab Bintan mengeluarkan anggaran sebesar SGD100 ribu untuk mendukung kegiatan MetaMan nanti.

Kabid Promosi Disbudpar Bintan Pebrikyendrik menjelaskan Bintan Triatlhon sudah digelar ke-8 kali tahun ini, MetaMan justru baru pertama kali. "Semula event tahunan yang lokasinya bergantian di seluruh negara ini ingin diadakan di China. Namun karena ada sesuatu hal, akhirnya Indonesia yang terpilih dan Bintan menjadi venue-nya," jelasnya.

Event MetaMan yang terselenggara berkat kerjasama MetaSport, sebuah perusahaan penyelenggara kegiatan olahraga ternama di Asia, dengan Pemkab Bintan dan Nirwana Gardens Resort dan juga didukung Kemenparekraf akan diikuti atlit triatlon ternama dari mancanegara, anatar lains Cameron Brown peraih juara 10 kali New Zealand Ironman dan Belinda Grange yang sudah mengantongi 12 kali juara ironman kategori wanita.

Bintan merupakan pulau terbesar di Provinsi Kepri. Di sekitarnya ada sekitar 3.000 pulau besar dan kecil yang terbentang hingga seberang Singapura dan Johor Baru, Malaysia. Di pulau yang melebar dari Selat Malaka hingga Laut Cina Selatan ini ada Tanjung Pinang, ibu kota provinsi ini yang berada di pantai Barat sisi Selatan Pulau Bintan.

Pemkabnya terlihat serius menjadikan Bintan sebagai obyek wisata olahraga dunia. Semula dikenal sebagai lokasi bermain dan event lomba golf internasional karena memiliki sejumlah lapangan golf tingkat dunia. Kini juga merambah ke lomba triatlhon dan lomba sepeda berlabel Tour de Bintan (TdB) yang tahun ini memasuki penyelenggaraan ke-4 pada 10-11 November 2012.

Sayangnya, promosi ketiga event ini, sama seperti event-event olahraga lain yang digelar di Bintan yakni prapublikasi event maupun publikasi pas pelaksanaannya kurang gencar, kalau tak mau dibilang minim.

Alhasil semuanya, termasuk Bintan Triatlhon dan TdB sampai kini, gaungnya tidak terdengar di tingkat Nasional. Ini jelas bertentangan dengan keinginan pemkabnya menggenjot kunjungan wisatawannya lewat event olahraga yang kental aroma pariwisatanya ini.

Jadi tak ada pilihan lain selain gencar publikasi jauh sebelum pelaksanaan dan saat pelaksanaan di sejumlah media, baik online, cetak maupun elektronik yang konsen mengupas bidang pariwisata, kalau ingin masyarakat Indonesia tahu bahwa Bintan mempunyai Bintan Triathlon dan TdB yang beda dengan TdS.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP