. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 01 April 2012

Sebelas Tips Diving yang Aman dan Menyenangkan


Wilayah perairan Indonesia jelas-jelas lebih luas dari daratannya. Jadi kesempatan untuk menyelemainya pun jauh lebih banyak. Salah satu cara untuk menikmatinya dengan menyelam atau diving. Namun sebelum memulainya, Anda harus memiliki keahlihan menyelam. Apa saja yang harus diindahkan saat menyelam? Ikuti 11 tips menyelam dari sejumlah penyelam yang berhasil dihimpun travelplusindonesia dalam Pameran Deep Indonesia 2012 di JCC, baru-baru ini.

Pertama, agar selama melakukan diving tetap menyenangkan harus menomorsatukan prosedur safety-nya. Sudah barang tentu Anda harus memiliki skiil menyelam, paling tidak sudah bersertifikasi dengan dilengkapai peralatan menyelam yang baik. Untuk mendapatkan keahlian itu, Anda harus berlatih menyelam dengan mengikuti kursus-kursus menyelam baik secara private ataupun kelompok dengan orang atau kelompok menyelam yang profesional.

Kedua, sebelum menyelam sebaiknya melakukan pemanasan agar badan tidak kram.
Ketiga, sebaiknya menyelam saat kondisi tubuh sedang sehat dan fit.

Keempat, untuk mendapatkan tubuhyang prima sebaiknya memperhatikan kondisi tubuh dan pola tidur yang baik.

Kelima, buatlah perencanaan yang tepat dan cermat agar kegiatan diving Anda efisien, efektif, berjalan lancar, dan menyenangkan. Termasuk di dalamnya memesan tempat dan tentunya menyiapkan biaya perjalanan dengan rinci.

Keenam, perhatikan waktu terbaik untuk menyelam karena tidak sama setiap harinya.

Ketujuh, menjaga kealamian dan kelestarian alam bawah laut. Hindari merusak terumbu karang, minimal tidak memegang-megang terumbu karang , mengambil ikan-ikan laut dan pasir serta bebatuan hanya untuk kenang-kenangan. Dengan menjaga keasrian lingkungan bawah laut, berarti Anda ikut menjaga ekosistem di laut tersebut.

Kedelapan, bersosialisasi dengan masyarakat di sekitar tempat diving. Anda dapat belajar banyak mengenai keunikan budaya setempat sehingga dapat mempoleh oleh-oleh pengalaman dan cerita yang lebih beragam.

Kesembilan, nikmati setiap detail di bawah laut karena banyak ribuan pemandangan yang berbeda-beda dalam satu titik menyelam.

Kesepuluh, jangan pelit berbagi pengalaman kepada orang lain dengan begitu ilmu Anda tidak akan cepat lenyap.

Kesebelas, menyelamlah secara berkelompok agar ongkosnya lebih murah. Selain bisa sharing biaya juga sharing pengalaman.

Selemat menyelam di periaran Indonesia.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Ivan

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP