. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 01 April 2012

Mengoptimalkan Potensi Minawisata Pulau-Pulau Kecil Indonesia


Potensi pariwisata yang dimiliki pulau-pulau kecil di Indonesia sangat besar. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berupaya memanfaatkan potensi itu secara maksimal di tengah beragam kendala. Apa saja kendalanya?

Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir, dan Pulau-Pulau Kecil (KP3K) KKP, Sudirman Saad mengatakan salah satu kendala dalammengembangkan pulau-pulau kecil sebagai minawisata adalah sumber daya manusia (SDM).

“Sampai saat ini, SDM yang dimiliki belum mempunyai kompetensi dan profesionalitas tinggi,” katanya saat diskusi pengembangan Minawisata yang menjadi bagian acara dalam Pameran Deep & Extreme Indonesia 2012 di Jakarta Convention Center, Jumat (30/3/2012).

SDM berkompeten dan profesional itu, lanjutnya amat penting untuk menciptakan manajemen pariwisata secara baik. “Skill SDM sebagai pengelola pariwisata menjadi kunci dalam memajukan mina wisata dii pulau-pulau kecil,” jelasnya.

Untuk mencetak SDM tersebut, perlu terus diadakan pelatihan yang intens kepada masyarakat di pulau-pulau kecil agar kelak mampu mengembangkan potensi pariwisata daerahnya secara mandiri.

"Kami akan terus mendidik masyarakat secara hardskill dan softskill dengan melibatkan universitas negeri di Indonesia agar nantinya masyarakay setempat dapat melayani wisatawan dengan baik dan memuaskan,” tegasnya.

Ketua Umum Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Didin Junaidi mengatakan kendala utmanya pengembangan minawisata di pulau-pulau kecil adalah aspek aksesbilitasnya. “Kalau aspek ini tersedia dengan baik, pasti banyak wisatwan yang datan dan akan lebih cepat berkembang,” jelasnya.

Sementara Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata (PDP), Kemenparekraf Firmasnyah Rahim mengatakan menunggu kesiapan dari minawista itu sendiri. “Kalau sudah siap kita akan membantu mendatangkan wisatawan untuk berkunjung ke obyek-obyek tersebut,” paparnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP