. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 21 April 2012

Peringati Hari Bumi dari Aceh Hingga Ambon, Tak Melulu Bersih Gunung



Kegiatan yang kerap digelar oleh kelompok pecinta alam yang gemar mendaki gunung saat merayakan Hari Bumi setiap tanggal 22 April adalah Bersih Gunung. Cara itu, memang paling sesuai dan dekat dengan aktivitas mereka. Padahal tidak mesti melulu itu.

Masih banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan, sebagaimana dilakukan kelompok pecinta alam, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan elemen terkait di Aceh, Bandung, Jakarta, Jogja, Jatim hingga Ambon dalam memperingati Hari Bumi tahun ini.

Di Aceh, YABUMI dan jaringan menggelar acara bertajuk Memobilisasi Bumi dengan empat (4) kegiatan utama yang berbeda dan menarik yang dilakukan oleh bebragai elemen. Pertama. Pencabutan paku di di sejumlah pohon di di sepanjang jalan Tengku daud Beureu’eh oleh Yabumi. Kedua, pembersihan dan penanaman pohon di Ujong Pancu oleh SKMULL. Ketiga, pengumpulan data dan pembersihan Pantai Ulee Lhei oleh VC, dan keempat pembersihan obyek wisata dan penempatan tong sampah oleh MAPALA Al_Muslin Bieureun.

Bagi yang ingin bergabung dapat menghubungi Nunuu Husein di nonor HP 082 1632 9993 atau email: yabumi_aceh@yahoo.co.id.

Di Sumatera Utara, sejumlah anggota LSM Mitra Peduli menyambut Hari Bumi dengan kegiatan menanam pohon bertajuk One Man One Tree.

Sementara di Bandung, Jawa Barat, Ikatan Alumni KKS Konus (Kataks) menggelar acara bertama Bumi dan Air dengan bermacam acara antara lain long march, lomba kostum, poster kampanye antar sekolah KKS terkreatif, green opini, game, dan lainnya. Kegiatan ini dipusatkan di Simpang Dago, taman Cikapayang (CFD) mulai pukul 7 pagi sampai pukul 12 siang pada 22 April 2012.

Acara ini juga terbuka untuk umum. Bagi yang berminat bisa menghubungi Nadia di nomor HP 0898 6811 278.

Di tempat dan waktu yang sama juga digelar Karnaval Hari Bumi 2012 dengan acara karnaval pakaian tradisional, botram dan pertunjukan musik dengan start dari taman Cikapayang dan finish di babakan siliwangi. Cara berlangsung pukul 6 pagi samapi pukul 11 siang. Untuk mengikuti acara ini bisa menghubungi Valdy (0856 2448 7770).

Sedangkan di Jakarta, Green Student Movement (GSM) bersama Walhi Jakarta dan Jaringan Gerakan Bersihkan Bumi menggelar kegiatan bertajuk Bersihkan Bumi yang dipusatkan di Bunderan Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat pada Minggu (22/4/2012), mulaipukul 7 pagi sampai dengan selesai.

Ada sejumlah acara menarik alam kegiatan itu antara lain persembahan live music green reggae, green acoustic, sulap greenmagic, tweet competition, dan lainnya.

Jika ingin bergabung, kotak saja Detha (0878 6363 1333) atau email: dethazyo@greenstudent.eb.id, facebook: GSMWalhiJakarta atau twiter: @greenstudentID.

Masih di Jakarta, WWF-Indonesia bekerjasama dengan GIZ-FORCLIME dan goethe Institute mengagelar acara bertajuk Conservation in Action in the Heart Borneo. Acaranya anatra lain presentasi multimedia, pameran fofo hasil karya masyarakat di jantung Kalimantan, dan diskusi santai yang diselingi musik dan tari tradisional Dayak.

Acara yang berlangsung Sabtu (21/4/2012) pukul 18.30 sampai dengan selesai di Goethe Institute di Jalan Sam Ratulangi No.9-15, Menteng, Jakpus ini terbuka untuk umum dan gratis.

Di Jakarta tepatnya di Kantor Greenpeace indonesia, Jalan Kemang Utara no. 16B digelar acara Eart festival 20120 bertajuk “Becouse Everyday is Eart Day” dari tanggal 20-27 April 2012. Acaranya antara lain pemutaran film seperti film If A Tree Falls pada 27 April 20120. Kalau ingin menonton dapat menghubungi Miqdad (0822 6035 0757).

Lain lagi dengan di Yogyakarta. Di Kota Gudeg ini LSM Walhi Jogja menggelar acara bertajuk: IJOan Sampah. Mereka mengajak seluruh masyarakat Jogja dan sekitarnya membawa berton-ton sampah ke panitia, lalu paitia menimbang. Hasil timbangan akan dibarter dengan sejumlah barang seperti mainan anak, sepatu, baju, tas, perabotan rumah tangga, dan lainnya.

Namun sampah yang dibawa harus dipilah-pilah terlebih dulu. Ada tiga jenis sampah yang diterima panitia yakni sampah plastik seperti botol air mineral dan semacamnya, kantong/tas kresek, kemasan dan lainnya. Kemudian sampah kertas seperti kertas campur, kertas putih, koran, dan sebagainya. Dan terakhir sampah besi seperti perabot rumah tangga, sepeda, panci dan lainnya.

Acara unik ini berlangsung 2 hari, yakni Sabtu-Minggu (21-22/4/2011) mulai pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

Di Gunung Merapi ada dua acara yang digelar terkait Hari Bumi. Pertama, Green Gowess berupa fun bike dan lomba foto sekaligus partisipasi hijaukan Merapi. Acara berlangsung pada 22 April 2012 pukul 6 pagi sampai 11 siang di Stadiun Maguwoharjo.

Kedua, Green Merapi berupa penghijauan dan bersih gunung lewat jalur Selo Boyolali, Jateng pada tanggal 28-29 April 2012. Kalau berminat bisa menghubungi 085878787875 atau 0817 267 643.

Di Gunung Lawu, Jawa Tengah digelar acara Pendakian Bersama dan Bersih Gunung lewat jalur Cemoro Sewu dan di sekitar puncak atau Hargo Dumilah. Pelaksanaannya tanggal 21-22 April 2012 mulai pukul 10 pagi s/d selesai.

Di Jawa Timur tepatnya di Ranu Lemongan (Ranu Klalah), Desa Tegalrandu, Klakah, Lumajang digelar acara berlabel Jambore Keadilan Iklim selam 2 hari (21-22/4/2012) dengan 3 mata acara yakni pemutaran film dan diskusi tentang perubahan iklim dengan narasunber Siti Maimunah dari CSF Indonesia, api unggun dan panggung seni secra spontanitas serta karnaval jambore keadilan iklim dalam rangka kampanye penyelamatan bumi keliling Klakah.

Sementara di Ambon, Wakil Walikota Ambon, Sam Latuconsina mencanangkan Gerakan Ambon Bersih (GAB), dalam rangka memperingati Hari Bumi Sedunia yang jatuh pada 22 April dan Hari Sampah Sedunia tanggal 21 Februari lalu.

Pencanangan GAB merupakan perwujudan program Jumat Bersih Bersih Lingkungan (Jumpa Berlian) yang digagas Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Pemkot Ambon serta warga kota. "Setiap Jumat pagi, PNS Pemkot Ambon kerja bakti di tiap desa dan kelurahan. Aksi ini harus ditindaklanjuti setiap warga kota. Bukan cuma membersihkan lingkungan tapi kesadaran membuang sampah sesuai waktu dan tempat," katanya.

Aksi bersih lingkungan ini, lanjut Sam akan dilaksanakan di seluruh kawasan dengan memfokuskan pembersihan di daerah aliran sungai (DAS) dan pesisir pantai.

GAB ini akan melibatkan TNI/Polri, PNS, siswa SD, SMP, SMA, LSM, Ormas Kepemudaan, serta masyarakat di seluruh Kota Ambon. “Tujuannnya guna membersihkan Ambon dari sampah dan meberi kesadaran kepada warga untuk membangun karakter hidup bersih berkelanjutan dengan harapan Kota Ambon bisa bersih, indah, dan nyaman untuk dikunjungi," pungkasnya.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: dok. Ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP