. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 26 April 2012

Gerai Ayam Sudah, Sekarang Giliran Jual CD di Outlet Bank


Maraknya pembajakan ditambah mudahnya mengunduh musik lewat internet kian membuat penjualan CD menurun. Perusahan rekaman dan musisi pun putar otak mencari terobosan penjualan. Usai cukup sukses menjual CD di Gerai Resto Ayam Cepat Saji juga lewat SPBU, kini giliran outlet bank yang dilirik. Dan perusahaan rekaman Sony Music Entertainment Indonesia mempeloporinya bekerjasama dengan Bank Negara Indonesia (BNI) dalam menjual CD album kompilasi lagu anak berjudul Ambilkan Bulan, yang berisikan 10 lagu karya pencipta lagu anak terbaik Indonesia, A.T. Mahmud.

Managing Director Sony Music Entertainment Indonesia Toto Widjojo mengakui kesuksesan penjualan CD di gerai ayam yang lumayan, memberinya inpirasi untuk mencoba jualan di gerai lain sesuai dengan konsep dan strategi yang beda.

Langkah ini selain punya misi idealis yakni turut berkontribusi terhadap perkembangan musi tanah air, termasuk musik untuk anak-anak, lanjut Toto, juga dipikirkan nilai ekonominya. “Musik sebagai salah satu industri kreatif harus punya nilai ekonomi, tanpa itu industri ini tidak maju,” katanya saat peluncuran album Ambilkan Bulan di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Senin (23/4/2012).

Nilai ekonomi disini dari kreativitas dan kemasannya dengan mengarranseman lagu-lagu terbaik karya AT Mahmud dengan arranseman modern dan dinyanyikan oleh band dan penyanyi dewasa yang menjadi idola. “Kalau yang menyanyikan anak-anak, nilai jualnya kurang komersil dibanding bila yang menyanyikan penyanyi atau band dewasa,“ akunya.

BNI dipilih sebagai mitra kerja, tambahnya mengingat bank ini memiliki ratusan lebih outlet di seluruh Indonesia bahkan di beberapa kota mancanegara seperti London, Tokyo, Singapura, dan Hongkong. “Ada sekitar 1.600 outlet BNI yang akan menjual CD ambilkan bulan ini, diharapkan hasilnya bakal melebihi penjualan di gerai ayam yang hanya sekitar 400 gerai,” jelasnya.

Untuk mendapatkan CD ini cukup mudah, sekaligus memberi efek positif kepada anak-anak untuk belajar menabung. "Caranya dengan membuka rekening BNI Taplus Anak di kantor cabang di seluruh Indonesia, durasianya selam 3 bulan ke depan” ujarnya seraya menambahkan setelah tiga bulan, nanti baru diketahui perkembangan penjualannya dari BNI.

Penyanyi dan grup band yang terlibat dalam CD Ambilkan Bulan yakni Sheila on 7 yang membawakan lagu Ambilkan Bulan, The Changcuters (Libur Telah Tiba), Cokelat (Mendaki Gunung), Judika (Kereta Apiku), Superman is Dead (Aku Anak Indonesia), /rif (Anak Gembala), Astid (Bintang Kejora), Tangga (Pelangi), Numata (Amelia), She (Paman Datang), dan seorang penyanyi cilik Lana Nitibaskara yang menyanyikan lagu Ambilkan Bulan.

The Changcuters mengaku bangga bisa terlibat dalam proyek ini. "Diharapkan lewat albun ini bisa menggairahkan kembali musik anak Indonesia. Jangan sampai anak-anak membawakan lagu orang dewasa. Media dalam hal ini TV juga harus memberi tempat untuk menayangkannya. Jangan yang diputar lagu iwa peyek, iwa peyek terus," imbaunya.

Hal senada juga dilontarkan band Cokelat. Mereka berharap CD ambilkan Bulan ini dapat dinikmati oleh anak-anak Indonesia mengingat lagu-lagu khusus anak-anak sudah sanagt jarang. "Anak-anak Indonesia itu butuh lagu anak-anak yang baik dan mendidik," ujar Cokelat.

CD album ini juga akan menjadi soundtrack film layar lebar yang diproduseri Helmi Yahya berjudul sama Ambilkan Bulan dengan peran utamanya Lana Nitibaskara.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP