. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 23 Maret 2012

Seminar dan Diskusi Promosi Wisata dan Investasi Sumbawa


Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) masuk dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) Koridor V bersama dengani Bali dan Nusa Tenggara yang difokuskan di sektor Pariwisata, Ketahanan Pangan, Peternakan, dan Perikanan. Sejalan dengan RIPPARNAS (Rencana Induk Pengembangan Kepariwisataan Nasional), Sumbawa termasuk dalam prioritas pengembangan Destinasi Pariwisata terutama Pulau Moyo, Gunung Tambora dan sekitarnya dengan tagline Paradise Found.

Untuk mendukung pengembangan destinasi pariwisata tersebut, Pekab Sumbawa didukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyelenggarakan Seminar dan Diskusi Promosi Wisata dan Investasi dengan tema Sumbawa “The Essence Of Paradise” di Jakarta, Kamis (22/3/2012).

Bupati Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik mengatakan Seminar dan Diskusi Promosi Wisata dan Investasi Sumbawa ini membuka forum komunikasi antarinvestor dari berbagai kalangan pengembang usaha, pemerhati industri pariwisata, pemerhati lingkungan, dan pemerintah serta masyarakat untuk meningkatkan hubungan kerjasama dan bisnis dalam upaya memajukan pariwisata di Sumbawa dan mensukseskan kegiatan program Go Sumbawa 2012.

Kegiatan seminar dan diskusi ini diawali dengan Keynote Speech Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Drs. Wardiyatmo, MSc dengan topik “Pengembangan Destinasi Pariwisata Nasional sebagai Strategi Pembangunan Pariwisata Indonesia”.

Seminar menampilkan pembicara Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri, Kemenparekraf Drs. M. Faried MM dengan topik “Strategi Promosi dan Pengembangan Pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat”, Hengky Manurung, mewakili Direktur Pengembangan Produk Wisata, Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata dengan topik “Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat” , Bupati Kabupaten Sumbawa Drs. H. Jamaluddin Malik dengan topik “Potensi dan Prospek Pariwisata di Sumbawa dan Penjelasan program Go Sumbawa 2012”.

Untuk Panel Diskusi bertajuk “Prospek Bisnis Pariwisata di Sumbawa”, narasumbernya PUSPAR UGM Prof. Mudrajat Kuncoro, Amanwana Resort Ms. Sandra Berel, PT. Bio Green Land Mr. Shigeki Yamani, dan Bank Mandiri I.G.N Dharmaputra.

Adapun rangkain acara Go Sumbawa 2012 pada bulan April 2012 adalah Talenta Samawa, Rally Photo; Mei (Talenta Samawa, Bakedek Ai Samawa, Festival Kuliner Samawa); Juni (Samawa Urban Festival); Juli (Pagelaran Musik & Tari: Kemilau Tana Intan Bulaeng); Agustus (Festival Ramadhan Samawa); September (Samawa Cross Country); dan pada Oktober (Festival Moyo dengan acara International Surfing, Wisata Berburu, The Deep Sea Of Sumbawa/Diving, International Fishing Competition).

Dan pada bulan November ada acara Main Jaran Championship dan Buffalo Fashion Festival yang diisi dengan acara Karnaval Kerbau, Crosssing Buffalo Trough The Sea, Barapan Kebo, dan Ngumang, Buffalo On Screen (Pemutaran Video Dokumenter tentang kerbau), Malam Penganugrahan Bufffalo Fashion Festival); dan pada Desember 2012 ada Festival Tanjung Menangis, Gebyar Budaya Samawa yang dimeriahkan denga Lomba Tari Daerah Kreasi Baru, Ngumang, Barempuk, Badempa, Gentao, Karapan Ayam, Festival Burung dan Layang-Layang.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Tri Akbar Handoko, Kemenparekraf

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP