. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 06 Maret 2012

Kabaret Oriental Bakal Suguhkan Paduan Gaya Cina Peranakan


Mau melihat seperti apa paduan gaya Cina Peranakan dalam balutan tari, teater, dan lagu? Saksikan saja Kabaret Oriental bertajuk “Anak Emas Juragan Batik” persembahan Eksotika Karmawibhangga Indonesia (EKI) Dance Company yang didukung Jarum Apresiasi Budaya pada 20-24 Maret 2012 di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ). Yang menarik, sejumlah pemainnya justru bukan peranakan Cina. Dan itu menjadi faktor kesulitan sekaligus keunikan kabaret ini.

Kabaret oriental yang disutradarai Rusdi Rukmarata dan Nanang Hape ini melibatkan lebih dari 300 pemain di antaranya sederet artis terkenal seperti Sarah Sechan, Uli Herdiansyah, Cyhthia Lamusu, Bayu Oktara, dan Ary Kirana. Belum termasuk penari, koreografer, penata artistik hingga para kru panggung dengan durasi 90 menit.

Menurut Rusdi, kesulitan menyutradari kabaret oriental ini terletak dari sejumlah pemainnnya yang bukan keturunan Cina. “Mereka harus belajar keras bahasa dan budaya Cina Peranakan dari awal, seperti Cynthia Lamusu yang pada akhir pementasan nanti akan menyanyikan bernyanyi lagu oriental,” jelasnya dalam pers conference di resto Dapur Babah, Jakarta Pusat , Selasa (6/3/2012).

Persiapannya sudah berlangsung empat bulan. Dan saat ini, lanjut Rusdi persiapannya sedang berjalan dengan giat-giatnya. “Banyak perubahan scrip di sana-sini, para pemain sedang berlatih keras, dan penata set mulai pontang-panting membuat setting yang diperlukan untuk kebutuhan art," ujarnya.

Kestimewaan kabaret oriental ini menggunakan unsur tarian, nyanyian, kungfu, dan berbagai macam ornamen khas oriental. “Nanti ada atlit-atlit wushyu yang menari dengan menggunakan bermacam alat pembersih seperti kemoceng, sapu dan lainnya,” jelasnya selain penggunaan desain visual dance motion graphic dengan teknologi multimedia terkini.

Kabaret oriental tentang eksistensi Cina peranakan ini menceritakan perebutan harta, cinta, dan tahta dalam sebuah keluarga Cina peranakan yang mengelola bisnis batik.
Herwinda Aiko Senosoenoto selaku produser dari EKI Dance Company menjelaskan bahwa kabaret ini mengangkat sisi-sisi kekayaan budaya Indonesia yang lain yakni keberadaan peranakan Cina di Indonesia.

“Dengan pementasan kabaret oreintal ini membuktikan bahwa Indonesia sebagai bangsa yang majemuk itu budayanya sangat kaya dan bertoleransi tinggi satu sama lain," ungkapnya.

Kata Aiko lagi, kabaret ini merupakan pertunjukan ke-12 dari EKI Dance Cimpany yang sudah berdiri sejak 16 tahun lalu yang konsisten menggelar seni pertunjukan berkualitas internasional dengan sentuhan keindonesiaan.

Direktur Program Bakti Budaya Djarum Foundation Renitasari menilai kabaret oriental ini dapat mendidik masyarakat untuk terus mencintai budaya negeri ini dan menghargai serta menghormati segala perbedaan budaya dalam kemajemukan bangsa Indonesia.

"Konsep pementasan kabaret ini sangat menarik karena ada perpaduan berbagai budaya. Misalnya nuansa oriental yang dipadukan dengan batik dalam batik kudus sebagai salah satu warisan budaya batik pesisir yang kian terlupakan," jelasnya.

Jumpa pers dibuka dengan penampilan tari yang dibawakan dua penari utama yang akan menari di seqmen pembukaan kabaret oriental nanti dengan 10 penari lainnya. “Ada unsur balet, wushu, dan etnik tradisional Indonesia dalam tarian ini . Penari prianya tetap laki dan ber-power meskipun gerakannya gemulai ,” jelas Kojack, penari pria utama.

Selanjutnya ditayangkan video berjudul “Senyum Indonesia” produksi Djarum Apresiasi Budaya dan juga behind the scene proses latihan kabaret ini, dan terakhir Cynthia Lamusu yang mengenakan baju oriental kuning biru menunjukkan kebolehannya menyanyikan lagu oriental bernada riang. Dan latihan keras istri aktor Surya Saputra ini patut diancungi jempol.

Harga tiket masuk untuk menonton kabaret oriental ini mulai Rp 75.000 hingga Rp 250.000 per orang untuk hari biasa, dan sampai dengan Rp 275.000 per orang untuk akhir pekan.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok. Ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP