. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 06 Februari 2012

Saksikan Bunga Bangkai Mekar di Mekarsari



Mau jadi orang pertama yang melihat bunga bangkai (Amorphophallus titanum.) mekar di Taman Wisata Buah Mekarsari, Bogor, Jawa Barat? Datang dan saksikan saja langsung di Mekarsari. Diprediksi bunga bangkai pot ini akan mekar pada Jumat ini.

Sebelumnya pihak Mekarsari memprediksi bunga bangkai ini akan mekar sempurna antara tangga 4-7 Februari 2012 pada pukul 21.00 s/d 23.00 WIB. Namun ketika saya menghubungi Public Relations Manager Taman Wisata Mekarsari, Putri Ayu Pratami (6/2/2012) dia mengatakan bunga tersebut belum mekar. “belum tahu pastinya, kita tunggu sampai Jum’at ini,” katanya.

Bila sudah mekar, aroma bau kurang sedap dari bunga bangkai ini akan tercium hingga radius 50meter mulai dari pukul 18.00 WIB. Kendati belum mekar sempurna, pengunjung sudah dapat menikmati keunikan Bunga Bangkai ini di Gedung Graha Krida Sari (GKS), Mekarsari. Kelebihan lain yang dimiliki bunga titanum adalah bunga langka ini tumbuh di dalam pot.

Dinamakan titanum karena ukuran bunganya yang sangat besar dan memiliki spadik yang kokoh di tengah bunga sebagai pelekat serbuk sari.

Pada tahun 2002 tim peneliti Taman Wisata Mekarsari menemukan pecahan umbi bunga bangkai di area hutan di daerah jambi. Umbi bunga lalu dibawa ke Lab. Biosari TWM dan diperbanyak melalui teknik kultur jaringan.

Setelah menunggu 8 hingga 12 bulan maka muncul bibit-bibit tanaman bunga bangkai yang siap dipindahkan ke media tanam di lapangan. Bibit bunga titanum lalu ditanam di dalam pot.

Bunga titanum memerlukan waktu tumbuh sekitar 2-3 tahun dari masa vegetatif hingga generatif, tinggi bunga titanum saat ini 140 centimeter, diperkirakan tinggi bunga akan terus bertambah hingga 2 meter dengan perkiraan diameter mahkota bunga yang akan mekar mencapai 100 centimeter.

"Keunikan lain bunga bangkai ini ialah warna mahkotanya tidak mudah diprediksi, bisa berwarna pink, merah atau marun. Saat ini warna mahkota yang terlihat berwarna ungu kegelapan dengan spadik bunga warna kuning terang," ujar Putri.

Mekarsari memperbanyak bunga bangkai ini adalah sebagai upaya penyelamatan plasma nutfah, karena bunga ini sangat jarang ditemukan mengingat faktor pertumbuhannya bukan hal yang di sengaja melainkan faktor alam.

Saat ini Taman Wisata Mekarsari memiliki sekitar 600 koleksi bunga bangkai yang diambil dari daerah asalnya di Provinsi Jambi. Bunga bangkai yang pernah mekar di Taman Wisata Mekarsari memiliki deskripsi yang bervariasi. Rata-rata memiliki ketinggian mencapai 170 - 230 centimeter. Bunga titanum ini berumur 6 tahun dan ini adalah kali kedua-nya titanum mekar sempurna di Taman Wisata Mekarsari,” tambah Putri.

Setelah merekah sempurna, secara perlahan-lahan bunga akan memulai proses layu hingga layu total, namun bukan berarti bunga tersebut mati, karena umbi di dalam tanah akan mengeluarkan batang dan daun yang baru sebagai awal dari babak vegetatif. Pada satu bunga bangkai mampu menghasilkan buah sebanyak 700 hingga 1000 biji. Buah yang berwarna merah cerah dan berukuran sedikit lebih beasr dari buah Melinjo ini dapat disemai untuk menghasilkan bibit tanaman baru.

Taman Wisata Mekarsari merupakan tempat wisata yang mencanangkan program 4-si yaitu, Konservasi, Reboisasi, Edukasi dan Rekreasi dalam setiap aspek kegiatan yang diadakan. Kedepannya Taman Wisata Mekarsari akan terus berupaya menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat yang sehat, peduli lingkungan dan modern.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok. Mekarsari

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP