. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 20 Januari 2012

Menjelajahi Ratusan Dive Spot Raja Ampat


Raja Ampat, Papua Barat disebut-sebut sebagai salah satu dari 5 lokasi menyelam (diving) terbaik di dunia. Predikat ini jelas membanggakan. Padahan ada ribuan lokasi menyelam di dunia ini. Apa kelebihan Raja Ampat dan dimana saja dive spot terbaiknya?

Ada ratusan titik menyelam (divespot) di Raja Ampat, sebut saja Manta Point disekitar perairan Pulau Arborek, di Selat Dampier. Dinamamakan begitu karena di titik ini mudah ditemukan ikan pari atau biasa di sebut Manta. Ukuran ikannya ada yang lebar sayapnya mencapai 5 meter dengan warna badannnya hitan dan putih.

Ada juga divespot P47Thunderbolt Wreckplane yang terletak 30 meter dari bibir Pantai Way dengan naik boat. Pulau kecil ini berpantai dengan pasir putih dan beberapa pohon pinus. Di spot ini Anda bakal menemukan sebuah bangkai pesawat dalam posisi terbalik di sebuah slope dengan kemiringan sekitar 45 derajat di antra karang-karang.

Pesawat P47 merupkan tipe pesawat fighter dengan ukurannya yanglebih besar dari pesawat tipe fighter lainnya. Diperkirakan pesawat ini jatuh pada Perang Dunia II sekitar tahun 1944.

Selain itu Mike’s Point, nama anak dari penyelam yang mempopulerkani divespot ini yaitu ‘Max Ammer the dutchman’. Dive spot ini berjarak berdekatan dengan Pulau Kerupiar ,tepatnya di area Selat Dampier, masih dekat dengan Manta Sand.

Hampir semua spot di Raja Ampat bernama orang asing. Selain Mike’s Point, ada nama Andy’s Ultimate, Melissa’s Garden, Anita’s Garden, Alex’s Rock, Marit’s Mount, dan Edi’s Black Forest.

Masih banyak lagi divespot di Raja Ampat yang patut Anda selami seperti lokasi menyelam di periaran Pulau Wayag. Kelebihan di Pulau ini, selain menawarkan keindahan bawah laut yang sangat bervariatif spesiesnya, juga menawarkan pemandangan atas laut yang memukau.

Selain itu ada dive spot the Rock di Bag Island dengan ciri terdapat gua batu dan sering ditemui schooling sweetlips, Ridge di Pulau Yanggefo yang menawarkan keindahan softcoral Raja Ampat yang luar biasa, the Point di Kalig Island yang banyak terdapat sejumlah penyu yang asyik berenang, dan Baracuda di Penemu Island dengan ciri khas banyak ditemukan schooling barracuda serta Tomolol Cave di area Missol Island dengan menyelam unik karena Anda bakal muncul dibawah gua tebing raksasa.

Jika belum puas, cari divespot lainnya. Sebaiknya bawa buku “Diving Indonesia’s Raja Ampat – The Planet’s Most Bio-Diver Reefs”, karya Burt Jones dan Maurine Shimlock yang memuat detil ratusan divespot di Raja Ampat berikut foto-fotonya.

Sebaiknya saat menyelam. Anda dipandu para local guide, karena mereka lebih memahami kondisi laut dan arusnya termasuk tingkah laku beragam ikan dan penghuni bawah laut Raja Ampat lainnya.

Menurut Kadisbudpar Raja Ampat Yusdi Lamatenggo untuk mencapai Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat, wisatawan biasanya menggunakan pesawat udara menuju Kota Sorong dilanjutkan ke Waisai dengan transportasi laut. “Sekarang ini ada 6 maskapai penerbangan, kecuali Garuda Indonesia yang terbang dari Jakarta ke Sorong. Frekuensi penerbangannya masing-masing 1 kali sehari kecuali Express 2 kali sehari,” jelasnya.

Sedangkan alat transportasi lautnya dari Sorong ke Raja Ampat baru ada 2 kapal fery biasa setiap hari dengan waktu tempuh sekitar 3 jam dan 2 kapal ferry cepat sekitar 2 jam, Berangkat tiap hari pukul 14.00 WIT. “Biayanya 120 ribu per orang untuk ferry cepat dan Rp 100 ribu untuk ferry biasa ekonomi. Kalau mau lebih cepat, bisa carter speedboat sekitar Rp 5 juta pulang pergi,” jelas Yusdi.

Sampai Waisai, Anda bisa mencari hotel-hotel murah sekitar Rp 300.000-Rp 400.000 per orang. Tapi kalau berduit bisa menginap di resort semalam ada berkisar Rp2-3 juta per kepala dengan kamar menghadap pemandangan pantai termasuk paket penjemputan ke Sorong.

Pilihlah resort yang menyediakan paket menyelam dengan guide berpengalaman dan tahu dimana letak titik penyelaman yang Anda diinginkan. Di Waisai ada penginapan milik Pemkab yang memiliki paket inap sekaligus paket diving yakni Waisai Beach Hotel dan Arcopora Resort.

Dengan biaya Rp 6-8 juta, Anda dapat menikmati Raja Ampat selama sepekan. Dengan catatan mau share kapal dengan minimal 7 orang untuk keliling pulau-pulaunya dan menginap di homestay-homestay atau rumah penduduk yang jauh lebih murah daripada resort.

Kabupaten Raja Ampat berpenduduk 31.000 jiwa memiliki 610 pulau (hanya 35 pulau yang dihuni). Luas wilayah sekitar 46.000 Km2 terdiri ata 6.000 Km2 berupa daratan dan 40.000 Km2 lagi lautan.

Raja Ampat termasuk kawasan yang mendapat program Destination Management Organization (DMO) yang diprakarsai Kementerian Pariwisata dan Ekonpmi Kreatif (Kemenparekraf).

Kepala DMO Raja Ampat Hengky Manurung mengatakan dengan program DMO diharapkan Raja Ampat dapat menjaring 50 ribu wisatawan, baik wisnus maupun wisman pada tahun 2014. “Tahun 2011 wisatawan yang mengunjungi Raja Ampat baru mencapai 21 ribu wisatawan. Rata -rata wisatawan yang ke berkunjung ke Raja Ampat termasuk high class dengan pengeluaran US $ 300-400 per hari,” jelas Hengky.

Menurut Hengky masih banyak peluang bisnis dan investasi yang dapat dilakukan investor di Raja Ampat. “Selain investasi di bidang akomodasi, mulai dari akomodasi penginapan kelas melati sampai hotel berbintang juga investasi di bidang transportasi laut terutama taksi air atau speedboat,” jelasnya.

Nah, kalau Anda mau berwisata ke Raja Ampat memang bisa kapan saja. Tapi bulan Oktober atau November adalah saat yang tepat karena lautnya tenang. Jangan lupa membawa kamera bawah laut atau pembungkus kamera khusus anti air untuk mengabadikan pesona dan penghuni bawah lauitnya. Jangn lupa menbawa sunblock, sunscreen, topi, kaos yang nyaman untuk cuaca pantai, sepatu plastik atau sandal lapangan. Dan Jangan lupa bawa lotion anti nyamuk serta obat anti malaria.

Atau mau berinvestasi di sektor pariwisatanya? Peluangnya masih sangat terbuka dan amat menjanjikan.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP