. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 10 Februari 2012

Pasca Penayangan Tim Bui, Benteng Van Der Wijck Bakal Kian Ramai Pengunjung



Benteng Van Der Wijck di Gombong, Jawa Tengah diprediksi bakal kian ramai dikunjungi wisatwan usai penanyangan drama seri Tim Bui yang segera tayang di Metro TV. Benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun pada abad ke 18 ini terpilih menjadi lokasi syuting drama seri tersebut.

Benteng ini yang dibangun Belanda ini dulu berdungsi sebgai pertahanan, dan bahkan kadang-kadang untuk menyerang. Nama benteng ini diambil dari VAN DER WIJCK, nama yang terpampang pada pintu sebelah kanan. Konon nama itu adalah nama komandan pada saat itu. Selanjutnya Benteng pertahanan ini digunakan untuk sekolah militer. Dan setelah direnovasi kemudian menjadi tempat wisata.

Arsitektur benteng ini terbilang istimewa. Dibangun pada 1827 oleh arsitek Islam. Bentuknya segi delapan, sepintas mirip Masjidil Haram. Jika dilihat dengan kompas Islam, pintu benteng tepat menghadap ke arah kiblat. Menurut pengelola benteng ini, di dunia hanya ada dua benteng segi delapan, satunya lagi ada di Australia.

Sebelumnya seperti sekarang ini, imej benteng ini dulu menyeramkan dan dianggap sebagai sarang setan. Banyak kisah horor yang melekat di benteng ini, mulai dari cerita pembunuhan, pemerkosaan, sampai tempat gantung diri. Setelah di renovasi tahum 1999 atas izin TNI, benteng ini berubah menjadi tempat wisata yang menyenangkan dan diminati dan =diminatai wisatwan baik lokal, nusantara maupun mancanegara.

Benteng setinggi 10 meter, setebal 1,4 meter, dan seluas 7.168 meter persegi ini dibangun dua lantai. Lantai pertama memiliki 4 pintu gerbang. Di dalamnya terdapat 16 ruangan besar dan 27 ruangan kecil. Juga ada 72 jendela dan delapan tangga untuk menuju lantai dua, yang memiliki 16 barak dan 25 ruangan besar.

Kini benteng ini menjadi tempat wisata keluarga dengan beragam fasilitas pendukung seperti kolam renang, tempat bermain anak, kereta api di atas benteng, hotel, dan acara pergelaran musik.

Sugeng Wahyudi sutradara Drama Seri Tim Bui menjelaskan pemilihan benteng Van Der Wijck sebagai lokasi syuting karena sesuai dengan kebutuhan arsistik yang diinginkan dalam sinopsisnya. “Selain mudah disulap menjadi Lapas, lokasinya juga mudah dicapai dan ada penginapannnya,” jelasnya.

Sebelumnya memilih benteng ini, lanjut Sugeng, timnya melakukan survei ke beberapa lapas seperti Cipinang dan Suka Miskin termasuk ke beberapa benteng antara lain Benteng di Cilacap. “Tapi karena alasan kepentingan artistik dan lainnya kami putuskan memakai benteng ini untuk tempat syuting Tim Bui,” tambahnya.

Benteng Van Der Wijck berlokasi di Gombong, sekitar 21 km dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah atau 100 km dari Candi Borobudur, Magelang. Kalau mau masuk, tiketnya relatif terjangkau, cuma Rp 5.000 per orang pada hari biasa, dan Rp 6.000 pada hari libur.

Naskah: Adji Kurniawan
Foto: dok. Ist.

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP