. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Jumat, 10 Februari 2012

Pameran Wisata Religi Indonesia Bakal Digelar Tiap Tahun


Pameran Wisata Religi Indonesia (PWRI) sudah dua kali digelar. Yang kedua diselengarakan di Exhibition Center Grand Indonesia Shopping Town, East Mall, Ground Level, Jakarta Pusat pada 3-5 Februari 2012 lalu . Berdasarkan pantauan penulis, pameran ini sudah pantas digelar tiap tahun di lokasi pameran yang besar dengan acara yang lebih menarik dan padat.

PWRI pertama tahun 2010 berhasil merangkul seluruh pemangku industri pariwisata religi di seluruh Indonesia. Hasilnya menjaring 5.000 pengunjung dengan jumlah transaksi sebesar Rp10 miliar. Dan PWHRI kedua dengan target diatas 5.000 dengan target Rp15 miliar diperkirakan tercapai.

Tahun ini acara dimeriahkan dengan aneka hiburan, talk show, prouduct launching, dan product presentationn seperti rilis dan bedah buku baru. Sejumlah media terkait juga ikut dalam pameran ini.

PWRI punya pangsa yang besar mengingat kejamukan penganut agama di negeri ini. Paling tidak ada 6 agama terbesar di Indonesia. Wisata religi yang diminati tentu sesuai dengan keyakinan masing-masing.

Paket wisata yang dijual sejumlah travel agent yang mengikuti PWRI kedua ini bukan hanya paket wisat religi dalam negeri tapi juga luar negeri. Yang menarik berdasarkan pantauan penulis, paket wisata religi outboubd atau luar negeri justru lebih diminati calon wisatawan dalam negeri.

Dino (45), salah satu pengunjung yang membeli paket wisata religi luar negeri pada hari terakhir pameran mengatakan paket wisata religi luar negeri lebih menarik kemasannya. “Bisa jadi obyek wisata religi yang di dalam negeri sudah pernah dikunjungi calon pembeli jadi kemudian mereka mencari paket wista religi yang belum pernah dikunjungi termasuk ke luar ngeri, seperti saya,” jelasnya.

Lain lagi denagn pendapat Melisa Putri, Putri Pariwisata Indonesia 2011. Dia mengatakan potensi wisata religi dalam negeri sangat beragam. “Sayangnya pengemasannya kurang menarik sehingga kurang menarik minat wisatawan asing,” jelasnya.

Sejumlah obyek wisata religi di Tanah Air tersebar di sejumlah tempat seperti di Demak, Cirebon, Banten, Palembang, dan masih banyak lagi. “Baru Bali yang sudah mengemas paket wista religi Hindu yakni upacara Ngaben dan lainnya dengan menarik,” tambahnya.

PWHRI yang diselenggaran Rajamaice.com didukung sejumlah pihak terkait antara lain Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Agama, Dinas Pariwisata Jakarta, Pacific Asia Travel Agent (PATA), ASEAN Travel Association (ASENTA), Association Travel Agent Indonesia(ASITA), Indonesia Hotel and Restaurant Indonesia (PHRI), Indonesia National Airlines Association (INACA), Indonesia Exhibition Companies Association (ASPERAPI), PARISHADA, KWI, PGI, EKAYANA, DHARMACAKKA, MATAKIN, Forum Kerukunan Umat Beragama, dan Komunitas Penyelenggara Wisata Muslim (KPWM).

Naskah & Foto: Adji Kurniawan

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP