. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 27 Februari 2012

Kemah Wisata Summer Camp-nya Anak Pramuka


Indonesia memiliki 21 juta anggota Pramuka. Namun semuanya belum tentu bisa berdarmawisata mengingat tidak semuanya orang berpunya. Sebagai solusinya akan digelar Kemah Wisata semacam Summer Camp khusus anggota pramuka.

"Yang biasa berdarmawisata itu tentu orang-orang kaya termasuk anggota pramuka yang orangtuanya dari kalangan ekonomi kuat. Mereka bisa berpergian dengan naikdan keliling obyek-obyek wisaya. Sementara tidak semua anggota pramuka bisa seperti itu. Berdarmaswisata itu mahal bagi anggota pramuka yang tidak mampu,” jelas Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Azrul Azwar, usai penandatanganan MoU kerjasama Pramuka dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ( Kemenparekraf) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin (27/2/2012).

Jalan keluar agar anggota pramuka dari kalangan tidak mampu juga bisa berdarmaswisata, lanjut Azrul adalah dengan menggelar Kemah Wisata semacam Summer Camp di Barat sana. “Dengan kemah wisata bisa lebih efisien. Tidak per lu menginap di hotel tapi di kemah, tidak makan di restoran tapi masak sendiri," terangnya.

Lewat Kemah Wisata, anggota pramuka dari ekonomi bawah juga dapat menikmati aktivitas berwisata di destinasi-destinasi unggulan Indonesia tanpa harus mengeluarkan biaya tinggi. “Lewat kegiatan ini diharapkan mampu memupuk rasa cinta negara. Dan bila semakin akrab dengan wisata, anggota pramuka didorong untuk belajar menabung dan menggunakannya untuk berwisata ke obyek-obyek wisat lain di Indonesia,” tambah Azrul

Menparekraf Mari Elka Pangestu mendukung usulan diadakannya summer camp khusu anggota pramuka tersbut. Namun Kemah Wisata-nya harus memiliki konsep yang berbeda dari kemah biasa yang pernah dilakukannnya sewaktu menjadi anggota prmakuka dulu (Red_ketika masih SD).

"Kemah wisata bisa kemah di sekitar Candi Borobudur dan obyek lainnya. Salah satu kegiatannya memperkenalkan obyek wisata bersangkutan misalnya mengenaig sejarah Candi Borobudur, dan lainnya,” imbuhnynya.

Saat berkemah wisata, lanjut Mari, pesertanya diberikan kriya wisata atau pengajaran yang berhubungan dengan pariwisata. “Bisa panduan menjadi pemandu wisata yang baik. Mengingat pramuka identik dengan sifat-sifat kepanduan dan pelayanan,” tambahnya.


akan lebih dilibatkan dalam mempromosikan keindahan alam Indonesia. Salah satu caranya dalam bentuk Kemah Wisata melalui program darmawisata dari sekolah para siswa.

Mengenai MoU dengan Pramuka, Mari berharap anggota Pramuka dapat mengembangkan keterampilan di bidang pariwisata. Keterampilannya meliputi krida penyuluh pariwisata, krida pemanduan wisata, dan krida kuliner wisata.
“Ketiganya inii diharapkan dapat mendukung dan ikut menyukseskan program Sadar Wisata Kemenparekraf yang berprinsip pada Sapta Pesona, yakni aman, tertib, bersih, ramah, sejuk, indah, dan kenangan,” jelasnya.

Dengan menekuni keterampilan yang berhubungan dengan pariwisata, lanjut Mari, kelak anggota Pramuka dapat juga ber profesi di sektor pariwsta pada masa yang akan datang.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP