. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Minggu, 19 Februari 2012

Belajar Jadi Chiropractor di KidZania Jakarta


KidZania Jakarta (PT Aryan Indonesia) bekerja sama dengan Salonpas (PT Hisamitsu Pharma Indonesia) memperkenalkan dan menghadirkan konsep aktivitas anak-anak bermain peran sebagai Chiropractor di establishment Salonpas Chiropractic Centre di KidZania Jakarta. Establishment tersebut dibuka dan diresmikan pada Selasa (14/2/2012) dii Metropolitan Theater of KidZania Jakarta.

Presiden KidZania Jakarta Uchu Riza mengatakan Profesi sebagai Chiropractor ini perlu diperkenalkan kepada anak-anak Indonesia. “Chiropractic sebetulnya adalah bentuk pengobatan pelengkap, yang menekankan diagnosis, perawatan, dan pencegahan gangguan mekanik dari sistem musculoskeletal, terutama pada tulang belakang, dengan hipotesis bahwa gangguan ini mempengaruhi kesehatan secara umum melalui sistem saraf,” jelasnya.

Ahli Chiropractic yang disebut sebagai Chiropractor, lanjut Uchu merupakan profesi kesehatan yang sudah mapan di Amerika, Kanada dan Australia, dan merupakan profesi pengobatan ketiga terbesar di negara-negara tersebut, setelah dokter umum, dan dokter gigi. “Profesi ini juga sekarang mulai dikenal masyarakat di Indonesia”, tambahnya

Acara dilanjutkan dengan kegiatan interactive talkshow dengan tema “Manfaat Chiropractic bagi Tumbuh Kembang Anak”, yang menghadirkan ahli Chiropractic Indonesia Dr. Tinah Tan B Med, B App Sc, B Chiro Sc, FICC, didampingi Diaz Astraguna selaku Marketing Manager PT Hisamitsu Pharma Indonesia yang menjelaskan manfaat penggunaan produk Salonpas sebagai penghilang rasa sakit (pain releif).

Peresmian establishment Salonpas Chiropractic Center dilakukan secara simbolik melalui aktivitas penekanan tombol dan penurunan tirai, diiringi dengan pelepasan confetti oleh Managing Director, Executive Officer, Head of International Division Hisamitsu Pharmaceutical Co. Inc Noda Takehiko, President Director PT Hisamitsu Pharma Indonesia Hiramatsu Taro, dan Anthony Tan dari PT Rodamas, mitra Hisamitsu Pharmaceutical Co.

Dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan city key KidZania Jakarta oleh IUchu Riza kepada President Director PT Hisamitsu Pharma Indonesia Hiramatsu Taro. Kemudian simulasi aktivitas pertama kali oleh anggota KidZania Congress Indonesia 2011 - 2012 dan Miss KidZania Indonesia 2011 di establishment Salonpas Chiropractic Center.

Berikutnya perwakilan dari KidZania Jakarta melakukan sesi wawancara dengan manajemen Salonpas di establishment Metro TV KidZania Jakarta dengan dipandu oleh moderator Soraya Haque.

Pada penghujung acara, pengunjung anak-anak KidZania Jakarta akan dilibatkan dalam lomba puzzle dengan tema “Pieces of Love”. Berbagai hadiah menarik dari Salonpas dan KidZania tersedia untuk para pemenang.

Establishment Salonpas Chiropractic Centre akan menjadi tempat favorit bagi anak-anak. Arena ini memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengenal dan melakukan aktivitas sebagai Chiropractor, yaitu menjadi praktisi Chiropractic yang ahli tentang struktur tulang belakang dan saraf dalam tubuh manusia dan gejala gangguan yang kerap dialami pada tulang belakang dan saraf berdasarkan pengalaman langsung dari kehidupan nyata (active learning and first-hand role play experience) sejak usia dini.

Di tempat ini, anak – anak diajak untuk melakukan pemeriksaan, analisis struktur tulang dan otot melalui perangkat X-Ray yang digunakan sebagai simulasi, dan penempelan Salonpas ke beberapa titik tertentu (berdasarkan print out dari perangkat X-Ray), dan mengeksplorasi gejala gangguan yang kerap dialami tulang belakang dan otot.

Di Establishment Salonpas Chiropractic Centre yang berukuran 21.3 m2 dengan kapasitas 4 orang ini, anak-anak dapat bermain peran sebagai praktisi Chiropractic selama 25 menit. Anak-anak akan dipandu oleh Zupervisor terlatih KidZania. Sebagai imbalan setelah bekerja sebagai seorang Chiropractor, anak-anak akan mendapat gaji berupa mata uang resmi KidZania sebesar 15 KidZos.

KidZania adalah sebuah theme park atau 'kota'-nya anak-anak yang mengedepankan unsur pendidikan dan hiburan (edutainment) yang pertama di Asia Tenggara bagi anak-anak usia 2-16 tahun.

KidZania menyerupai replika sebuah kota yang sesungguhnya namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya, fasilitas kota seperti rumah sakit, supermarket, salon, theater, pabrik-pabrik, dan sebagainya.

Di kota ini anak-anak bisa memainkan peran atau profesi orang dewasa, seperti menjadi dokter, pilot, polisi, juru masak, ilmuwan dan lebih dari 100 profesi lainnya.

KidZania menempati ruang seluas 7,500 m2 dengan kapasitas pengunjung maksimum 1,700 orang dalam 1 shift. KidZania Jakarta berlokasi di Pacific Place Mall lantai 6, Kawasan Niaga Terpadu, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Jakarta.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Dok. KidZania Jakarta

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP