. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Rabu, 18 Januari 2012

Target Wisman dari Tour de Singkarak 2012 Naik 15 Persen


Tour de Singkarak (TdS) 2012 di Sumatera Barat akan berlangsung 4 sampai dengan 10 Juni 2012 nanti. Perhelatan lomba sepada tingkat internasional ini dipastikan turut meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Sumbar dari tahun ke tahun. Target wisman dari TdS tahun ini naik 15 persen dari tahun lalu.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, TdS berpengaruh positif meningkatkan kunjungan wisman ke Sumbar hingga 13,2% pada tahun 2011, di atas kenaikan pariwisata nasional yang hanya 8,9%.

Kenaikan juga terjadi pada tamu wisman yang menginap di hotel berbintang di Sumbar. Pada tahun 2010 sebanyak 332.515 orang, meningkat menjadi 413.180 orang atau naik 24,3% pada 2011.

“Target kunjungan wisman ke Sumbar dari penyelengaraan TDS 2012 naik 15% dari tahun 2011,” jelasnya seusai rapat koordinasi persiapan kegiatan “Tour de Singkarak 2012 dengan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Sapta Nirwandar dan sejumla bupati, walikota, Polda Sumbar, serta pihak terkait TDS di Jakarta, Rabu (18/1/2012).

Penyelenggaraan TdS bukan sekadar mempercepat pemulihan citra Sumbar pasca-gempa dua tahun lalu. Pun meningkatkan kunjungan (wisman) ke Indonesia, khususnya ke destinasi pariwisata Sumbar.

“TdS merupakan salah satu cara untuk mempercepat pemulihan citra Sumbar pasca gempa. Untuk memulihkannya perlu waktu, kerja keras, dan kreativitas,” kata Sapta.

TdS sebagai sport tourism, lanjut Sapta sangat efektif sebagai sarana promosi pariwisata untuk menarik kunjungan wisman ke Indonesia, khususnya ke Sumbar. “Sejak diselenggarakan event ini, kunjungan wisatawan ke kota tambang tua Sawahlunto misalnya naik hingga tiga kali lipat,” terangnya.

Lomba balapan sepeda internasional TdS ke-4 ini melombakan 7 etape berjarak total 800 Km melewati 14 kabupaten/kota di Sumbar. Sijunjung dan Pesisir Selatan yang menjadi dua kabupaten yang masuk rute tahun ini.

TdS 2012 akan diikuti 25 tim, terdiri atas 17 tim luar negeri dan 8 tim dalam negeri. ”Tahun ini titik start-nya di Kota Sawahlunto dan finish-nya di Kota Padang. Nanti juga akan ada paket wisata start, finish, dan paket wisata lainnya untuk wisatawan yang datang dan ingin menikmati obyek-obyek wisata dan budaya khas masyarakat Minang di Sumbar,” tambah Sapta.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP