. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 10 Januari 2012

Festival Pulau Penyengat Bakal Digelar Tiap Tahun



Usai sukses menggelar Festival Pulau Penyengat pertama di ujung 2011 lalu, Kementerian Pariwista dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama Disbudparprov Kepri, berencana menggelar festival ini kembali tahun ini dan tahun-tahun berikutnya. Bahkan bila sudah terselenggara dengan baik, akan digelar dalam tingkat internasional.

Kasubdit Promosi Pariwisata Wilayah I Sumatera, Kemenparekraf Raseno Arya mengatakan Festival Pulau Penyengat ini akan digelar setiap tahun. “Tahun 2012 diharapkan ditambah dengan permainan rakyat khas Melayu lain seperti gangsing dan layang-layang. Kelak festival ini akan berskala internasional,” jelasnya.

Festival Pulau Penyengat pertama ini bukan sekadar festival yang hanya mengelar aneka kesenian deperti taritarian dan music gazal serta permainan khas Melayu. Pun terasa lebih berbobot dengan digelarnya dialog budaya yang menampilkan tiga pembicara Ketua STISIPOL Raja Haji, Zamzami A Karim, Abdul Malik,Lektor Kepala Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Tanjung Pinang, Kepri, dan budayawan Melayu Samson Rambah Pasir. Ketiga narasumber ini setuju kearifan lokal Melayu dari Gurindam Dua Belas, pantun, petatah-petitih, dan syair menjadi muatan lokal dalam pendidikan di Kepri.

Kadisbuprov Kepri Eddy Sophian mengatakan Festival Pulau Penyengat ini bukan hanya berdampak bagi pariwisata Pulau Penyengat dengan kunjungan wisawatan dari luar Pulau Penyengat, pun melestarikan budaya Melayu yang selama ini kian memudar.

“Dalam Festival Pulau Penyengat pertama ini juga menampilkan lomba perahu layar yang kini justru berkembang di luar Pulau Penyengat seperti di Pulau Belakang Padang, Batam, dan Johor Malaysia,” terangnya.

Ada sekitar 50 perahu layar yang mengikuti lomba perahu layar ini yang datang dari berbagai pulau di Kepri seperti Bintan, Batam, Lingga, dan Karimun.

Eddy Sophian menambahklan bahwa dari sekian banyak potensi pariwisata di Kepri, hanya wisata budaya yang belum terangkat secara maksimal. Padahal pusat budaya Melayu itu ada di Kepri, termasuk salah satunya di Pulau Penyengat ini.

Dia berharap lewat festival ini, masyarakat Melayu kembali mengenal budaya asli Melayu dan ikut melestarikan. Sedangkan Raseno menegaskan kembali bahwa Kemenparekraf selalu komit mendukung promosi potensi pariwisata yang dimiliki daerah, termasuk di Pulau Penyengat yang pada akhirnya dapat menjadi magnet pariwisata Kepri masa depan.

Gubernur Kepri HM Sani yang membuka Festival Pulau Penyengat ini sempat menghimbau agar promosi pariwisata dan budaya Melayu tidak sebatas kepada orang Melayu saja. Promosinya harus meluas agar masyakat di luar Kepri berdatangan. “Kalau promosi cuma buat orang Melayu, yang datang orang-orang Melayu juga. Jadi harus ke luar Kepri bahkan ke mancanegara,” imbaunya.

Sementara Direktur Promosi Dalam Negeri, Kemenparekraf M Faried mengatakan perlu kemasan menarik dalam mengemas obyek wisata budaya yang ada di Pulau Penyengat agar orang luar baik itu wisnus maupun wisman berdatangan ke pulau ini.

“Kalau perlu dibuat semacam cerita yang menarik, apalagi sudah ada cerita bahwa pembuatan Masjid Jami Penyengat ini konon terbuat dari putih telur. Bayangkan berapa banyak butir telur yang digunakan dan dari mana telur itu didatangkan. Jadi perlu disampaikan lebih mendetail lagi dan lebih meyakinkan karena itu menjadi salah satu pemikat sehingga wisatawan mau berkunjung,” imbaunya.

Eddy Sophian menambahkan Festival Pulau Penyengat 2012 tetap akan digelar di Pulau Penyengat pada akhir Desember. “Mudah-mudahan peserta lomba perahu layarnya kian bertambah, dan ditambah dengan permainan tradisional Melayu lain seperti gangsing, laying-layang dan lainnya. Dengan begitu waktu penyelenggaraannya akan ditambah semula 2 hari, mungkin menjadi 3 atau 4 hari,” tambahnya.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP