. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 19 Desember 2011

Tujuh Langkah Cerdas Merancang Liburan Akhir Tahun

Horeee.., liburan akhir tahun di depan mata. Ini kesempatan buat melepas rutinitas usai setahun membanting tulang, beraktivitas, belajar dan lainnya. Biar liburan akhir tahun berjalan lancar sesuai harapan, perlu persiapan khusus mengingat liburan ini memiliki karakteristik berbeda dengan liburan di waktu lain. Apa saja yang perlu dipersiapkan?

Liburan aknir tahun termasuk high season yang biasanya peminatnya membludak sehingga pilihanpun jadi terbatas. Seperti hotel kerap fullbook, restoran favorit antri panjang, tiket transportasi naik, obyek wisata penuh sesak. dan bermacam masalah lainnya.

Untuk menghindari semua persoalan itu dibutuhkan persiapan matang, sekaligus untuk menghindari over budget lantaran banyaknya pengeluaran tak terduga. Berikut tips yang perlu dilakukan untuk mengisi liburan akhir tahun.

Pertama, mengumpulkan data obyek wisata yang ingin dituju, baik lewat internet, majalah, buku panduan, koran, maupun orang yang pernah berkunjung untuk mengetahui sekaligus meng-up date perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Kedua, bila sudah mendapatkan informasi yang lengkap, segera pesan tiket pesawat dan atau lainnya jauh-jauh hari, termasuk pesan hotel, sewa mobil, dan lainnya lewat online booking ataupun via telpon.

Ketiga, kalkulasikan total bujet dari transportasi, penginapan, makan-minum, tiket masuk, belanja, oleh-oleh dan lainnya selama berwisata sampai balik ke rumah.

Keempat, maksimalkan kartu kredit untuk produk-produk yang berdiskon namun tetap bijak agar tak terjebak.

Kelima, pergilah secara kelompok atau rombongan untuk menekan biaya transportasi dan lainnya.

Keenam, kalau tak mau repot, beli saja paket wisata di biro perjalanan wisata ataupun komunitas yang kerap melakukan perjalanan. Tapi tetap harus mencek biro perjalanan dan komunitas yang menyelenggarakannya, apakah profesional atau masih amatiran.

Dan ketujuh, tetap menjaga kondisi fisik yang prima dengan membawa suplemen dan obat-obatan pribadi serta senantiasa melakukan pemanasan sebelum beraktivitas terutama kegiatan yang memacu adrenalin.

Selamat liburan akhir tahun.

Naskah & foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP