. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 20 Desember 2011

Menjaring Investor Pariwisata Lewat Indonesia Tourism Investment Day

Dalam rangka meningkatkan promosi investasi di Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akan menggelar Indonesia Investment Tourism Day (ITID) untuk pertama kali pada 2012. Forum ini terlaksana berkat kerjasama Kemenparekraf dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kemenko Bidang Perekonomian, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Apa targetnya?

Dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata (PDP) Kemenparekraf Firmansyah Rahim menjelaskan ITID 2012 merupakan kegiatan forum bisnis investasi yang bertujuan meningkatkan investasi pariwisata Indonesia ke depan.

“Targetnya meningkatkan nilai investasi sektor pariwisata terhadap investasi nasional dari 5,19% pada 2010 menjadi 6,43% pada 2014 sesuai harapan Menparekraf Mari Elka Pangestu yang disampaikannya pada Konferensi Nasional Pariwisata beberapa waktu lalu,” terang Firmansyah di Jakarta, Senin (19/12/2011).

Ketua umum Asosiasi Kawasan Pariwisata Indonesia (AKPI) Marudi Surachman mengatakan forum ITID 2012 akan mempertemukan calon potensial investor yang terdiri ata CEO pengembang properti pariwisata di Indonesia, KADIN, chambers of commerce negara-negara ASAN, Timur-Tengah, Negara Asia-Pasifik seperti China, Jepang, dan Korea Selatan, serta dari Afrika Selatan total sekitar 100 orang.

“Mereka akan dipertemukan dengan 10 pengelola kawasan pariwisata yang tergabung dalam AKPI dan 10 kabupaten atau kota yang memiliki potensi investasi pariwisata serta pengembang properti pariwisata di Indonesia,” jelasnya.

Acara ITID 2012 nanti akan diisi dengan business lunch antara Menparekraf Mari Elka Pangestu dengan Kepala BKPM dengan calon potensial investor untuk memberikan gambaran prospektur bisnis atau usaha pariwisata Indonesia. “Nanti juga akan ada jamuan makan malam dengan Wapres RI Boediono dan penandatanganan MoU proyek-proyek pengembangan kawasan pariwisata di Indonesia dengan calon investor,” tambahnya.

Agenda utama ITID 2012 akan dilaksanakan pada 2-3 Juli 2012 dan untuk kunjungan ke kawasan pariwisata pada 3-4 Juli 2012. Rencana lokasi pelaksanaan ITID 2012 di JW Marriot Hotel Jakarta.

Marudi menambahkan sekurangnya ada 7 anggota penuh AKPI yang akan ikut menjual potensi kawasan pariwisatanya kepada calon investor di forum ITIOD 2012, yakni PT Pengembangan Pariwisata Lombok, PT Banten West Java, PT Gowa Makassar Tourism Development Tbk., PT Krakatau Lampung Development, PT Bintan Resort Corporation, PT Mandara Jasindo Sena, PT Teluk Makaki Indah, PT Tourism Development Corporation, dan PT Bali Nirwana Resort.

“Sisanya ada 12 PT yang menggarap kawasan pariwisata di berbagai daerah sebagai anggota potensial AKPI ,” jelasnya.

Firmansyah Rahim berharap AKPI dapat menpersiapkan kawasan pariwista yang akan dijual ke calon investor dengan sebaik-baiknya. “Jangan sampai investor kecewa, karena kawasan pariwisata yang dikunjunginya nanti tidak siap,” pungkasnya.

Kasi Promosi Sektoral BKPM Iko Djutmiko mengatakan pihaknya siap mendukung penyelengaraan ITID 2012. Pernyataan yang sama juga dilontarkan perwakilan dari KKP dan Menko bidang Perekonomian.

Naskah Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP