. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Kamis, 15 Desember 2011

Es Kelapa Muda Minuman Terlezat Urutan 19 Dunia


Es Kelapa Muda dari Indonesia menduduki posisi ke-19 minuman terlezat di dunia versi survei CNNgo dari 50 jenis minuman lain di berbagai belahan dunia. Minuman special Negara-negara tropis ini mudah di dapat di sejumlah obyek wisata pantai dan kota-kota besar Indonesia. Apa keistimewaannya?

Es Kelapa Muda made in Indonesia ini dinilai tim survei sebagai minuman yang dapat memberikan efek menyegarkan, enak, dan begitu popular. "Irisan daging buahnya lembut dan air kelapa bnyak manfaatnya. Kalau ditambah dengan sirup dan es batu membuatnya begitu nikmat hingga disukai,” jelas tim survei tersebut.

Minuman ini biasanya dinikmati pada siang hari saat berudara panas atau saat bersantai di pinggir pantai. Tak heran hamper di sejumlah obyek wisata pantai di Indonesia banyak penjual Es Kelapa Muda.

Kelapa muda selain menyegarkan juga punya banyak khasiat. Airnya memiliki rasio kadar air dan minyak yang besar. Kandungan energi per 100 gram daging buah kelapa muda cukup besar, yaitu 41-99 kkal. Daging kelapa muda mengandung asam lemak omega-6, yaitu asam inoleat dengan jumlah sekitar 200-300 mg/100 gr daging buah. Di dalam tubuh, asam linoleat dapat diubah menjadi asam arakhidonat(AA). Zat ini penting sebagai penunjang kecerdasan otak.

Kendati dikenal sebagai minuman khas pantai, pohon kelapa yang tumbuh subur di Indonesia bukan cuma tumbuh di pesisir pantai. Pun di daratan di kaki gunung.

Minuman asal Indonesia lainnnya Es Cendol berada diperingkat 45. Es cendol juga dinilai tim survey sebagai penghilang haus yang digemari. Minuman ini biasanya dinikmati siang hari sebagai pencuci mulut setelah makan berat.

Di Jawa barat, minuman ini biasa disebut dengan cendol yang berasal dari kata ‘jendo’ (bahasa Sunda). Sedangkan di Jawa Tengah dan Jawa Timur akrab disapa es dawet. Minuman ini terbuat dari tepung beras yang dicampur pewarna alami dari daun pandan dan suji berwarna hijau, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasanya manis dan gurih.

Berikut 10 besar minuman terenak di dunia itu. Minuman terlezat pertama adalah air putih. Coca-cola yang berasal dari Amerika Serikat menempati urutan kedua. Minuman berkarbonasi tersebut telah mendunia dan menjadi konsumsi jutaan orang. Di tempat ketiga, kopi yang disebut berasal dari Etiopia. Kopi merupakan salah satu komoditas dunia yang paling banyak diperdagangkan. Padahal beragam kopi pun berasal dri Indonesia.

Disusul dengan bir dan teh di urutan keempat dan kelima. Minuman air mata kucing dari Malaysia di peringkat keenam. Kemudian jus jeruk dari AS ke-7, red wine (anggur merah) ke-8, serta gin dan tonik dari Inggris ke-9 serta minuman cokelat panas dengan manisan dari AS menempati peringkat ke-10.

Kelezatan Es Kelapa Mudan Dan Es Cendol Indonesia mampu mengalahkan sejumlah minuman khas dari sejumlah negara lain seperti Pina Colada (Puerto Rico), Mango Lassi (India), Red Bull (Austria), Yakult (Jepang), dan Guinness (Irlandia).

Anehnya kenapa Indonesia cuma dapat dua ya? Padahal minuman teh, kopi, es jeruk, dan es teler juga minuman yang populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mancanegara.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP