Promo Komodo di Negeri Kangguru
Sejak keluar dan putus hubungan dengan Yaysan News7wonders, Indonesia mempromosikan sendiri Taman Nasional Komodo (TNK) ke sejumlah negara dengan brand baru Komodo: The Real Wonder of the World. Setelah berpromosi Sydney, Australia 8-9 September 2011, Kemenbudpar berencana ke Chicago dan negra-negara di kawasan Asia.
Dirjen Pemasaran Pariwisata Kemenbudpar Sapta Nirwandar mengatakan kampanye Komodo: The Real Wonder of the World menjadi tugas Kemenbudpar. “Tiap tahun kita akan berkampanye brand baru ini, baik di dalam maupun luar negeri,” jelasnya di Jakarta usai meresmikan TIME, Selasa (13/9/2011).
Promo ke Australia ini, lanjutnya untuk menjaring wisman Australia agar datang ke sejumlah destinasi yang ada NTT. “Komodo sebagi alat saja, diharapkan nantinya wisman Autralia selain berkunjung ke Komodo juga ke obyek-obyek lain di NTT seperti Kelimutu, dan lainnya,” tambahnya.
Australia dipilih sebagai negara tujuan promosi Komodo mengingat jumlah wisman asal negeri Kangguru ini cukup signifikan. “Sampai saat ini sudah 800ribu wisman Australia yang ke Indonesia. Targetnya tahun ini capai 1 juta orang,” kata Sapta.
Selama ini, lanjutnya, wisman Australia masih memilih Bali sebagai Daerah Tujuan Wisata utamanya. “Jumlah wisman asal Asutralia berada diperingkat teratas untuk Bali, sedangkan untuk Indonesia berda diposisi ketiga,” ungkapnya.
Untuk menggenjot jumlah wisman Australia, salah satunya dengan berpromo komodo ini. Di Australia, promosi komodo dikemas dengan mempertontonkan aksi komodo di Kebun Binatang Turangga. Selain warga, sejumlah travel agent asing dari berbagai wilayah di Australia diundang untuk melihat langsung aksi komodo.
“Setelah Australia rencananya promosi komodo bertajuk “Komodo Night in Sydney” dalam kemasan persembahan musik dilanjutkan ke Chicago, Amerika Serikat 22 September, dan selanjutnya ke beberapa negara di Asia,” papar Sapta.
Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
0 komentar:
Posting Komentar