. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 02 November 2010

Pascabencana Target 7 Juta Wisman Optimis Tercapai


Kendati Indonesia dilanda tiga bencana besar berturut-turut yakni longsor Wasior di Papua, gempa disusul tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, dan letusan Gunung Merapi di Yogyakarta dan Jawa Tengah, target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) 2010 maksimum 7 juta dan minimum 6,7 juta, optimis tercapai.

“Meski ada tiga bencana tersebut, rasanya target maksimum kunjungan wisman tahun ini pun akan tetap terlewati,” kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik usai meresmikan Hotel Aston Paramount Serpong di CBD Gading Serpong, Tangerang, Banten, Senin, (01/11/2010).

Kendati begitu Menbudpar tak menampik kalau ada sedikit gangguan kunjungan wisman ke beberapa obyek wisata yang tertimpa bencana, terutama di sekitar kaki Gunung Merapi dan Mentawai. “Bencana di Wasior tidak mengganggu pariwisata. Letusan Gunung Merapi saja yang terganggu terutama kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur, Kaliadem, dan Kaliurang. Tapi itu pun terganggu sedikit dan sementara. Begitu pun dengan Mentawai. Tapi obyek wisata kita ratusan jumlahnya. Masih banyak obyek lain yang masih baik-baik. Jadi lebih banyak yang tidak terganggu,” jelasnya.

Untuk sementara, lanjut Jero Wacik jangan ke Candi Borobudur dulu karena diselimuti abu vulkanik Merapi tapi sudah dibersihkan. “Wisatawan bisa berkunjung ke Komodo, Lombok, Manado, Toraja, atau ke Bukit Tinggi. Kalau peselancar jangan ke Mentawai dulu. Masih banyak tempat berselancar di Indonesia, misalnya ke Jawa Timur bagian Selatan, Pulau Lesung, dan lainnya,” jelasnya.

Menurut Jero Wacik, Indonesia negara yang luas. Keutungannya kalau ada bencana di satu tempat, masih banyak tempat lain yang bisa dikunjungi untuk berwisata. “Tapi tidak enaknya juga kalau terjadi satu gunung berapi meletus saja, dikiranya seluruh Indonesia ada gunung meletus dan seluruh Indonesia tertutup abu. Yang ini tidak benar dan mesti dijelaskan,” terangnya.

Cara menjelaskannya, lanjut Jero Wacik dengan terus meyakinkan kepada dunia bahwa Indonesia luas dan aman dikunjungi meskipun ada bencana di satu tempat.

Naskah: Adji Kurniawan (adji_travelplus@yahoo.com)
Foto: Rozi, Kemenbudpar

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP