. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Selasa, 19 Oktober 2010

Persiapan Akhir Pembukaan Pesta Danau Toba 2010


Pembukaan Pesta Danau Toba (PDT) 2010 tinggal menghitung jam. Pukul 14.30 WIB, hari ini, Rabu (20/10/2010) acara pembukaannya dimulai. Lokasinya di Lapangan Pagoda, Parapat, tepi Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Rencananya Direktur Pemasaran Pariwisata, Kemenbudpar DR. Sapta Nirwandar akan membuka pembukaan PDT 2010 mewakili Menbudpar Jero Wacik yang berhalangan hadir.

Berdasarkan pantauan Travelplusindonesia, sejak semalam panitia penyelenggara mulai sibuk mempersiapkan panggung utama, sound system, dan lainnya. Bahkan sampai siang ini gladi kotor para penari, penyanyi, pemain musik, dan pembawa acara masih berlangsung.

Penari Tortor Sipicu Cawan yang dibawakan 9 perempuan sambil membawa beberapa cawan atau mangkuk putih akan menari di acara pembukaan PDT 2010.

Di sekitar Kota Parapat, kondisi jalan rayanya terlihat bersih. Spanduk dan penjor bertuliskan PESTA DANAU TOBA 2010 sudah terpasang dan terpancang di ruas jalan dan tepi Lapangan Pagoda.

Kondisi dekat pintu masuk sampai Lapangan Pagoda juga terlihat bersih, termasuk Pantai Bebas yang menjadi tempat diselenggarakan beberapa lomba seperti lomba Marukkor, lomba Marjalengkat, Solu Dakdanak Parduadua, dan Parade Kapal Hias Tradisional.

Meski PDT berskala nasional bahkan launching-nya di Jakarta, entah kenapa beberapa warga di dekat lokasi pembukaan justru baru tahu ada event ini semalam. “Aku saja baru tahu pas semalam ada gladai resik di Lapangan Pagoda. Tidak ada tuh pemberitahuan resmi dari panitia atau pemda kalau Ada acara ini, ” terang Ibu Tambunan, pedagang pakaian di kios dekat Lapangan Pagoda.

Bisa jadi ketidaktahuan beberapa warga Kota Parapat lantaran ada perubahan waktu pelaksanaan PDT yang biasa dilaksanakan bulan Juni, berbarengan dengan libur anak sekolah namun tahun ini diundur ke Oktober.

“Saya prediksi, pembukaan dan acara PDT tahun ini bakal sepi karena bukan pas libur sekolah,” kata Raja, salah satu pegawai Tiara Tour & Travel di Medan.

Di Lapangan Pagoda sampai pukul 12.00 WIB siang ini, belum banyak pengunjung, undangan maupun penduduk sekitar yang datang. Namun semalam sempat melihat beberapa wisatawan Eropa sedang makan dia sebuah restoran di hotel dekat Lapangan Pagoda. Ketika ditanya mereka memang sengaja datang untuk sekalian melihat PDT 2010.

Naskah & Foto: Adji Kurniawan (adji_travelplus@ayahoo.com)

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP