. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 10 Februari 2024

Inilah Kuliner Paling Laris di JIS saat Kumpul Akbar AMIN


Sejumlah pedagang kuliner (makanan & minuman) tradisional/khas daerah maupun yang kekinian laris manis diborong peserta Kumpul Akbar AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, Sabtu (10/2/2024).

Kuliner yang ramai diminati antara lain kerak telor. Salah satu pedagangnya berjualan sekitar 10 meter dari halte busway Transjakarta, JIS. Dia berpakaian rapih, mengenakan baju koko warna putih dan bercelana panjang serta peci warna hitam.

Pedagangnya berdomisili di Mampang, Jakarta Selatan yang berjarak cukup jauh dari JIS. Dia mengaku datang ke JIS selain untuk berjualan juga sekaligus ingin memperkenalkan kerak telor kepada peserta Kumpul Akbar pasangan calon (paslon) nomor urut 01 tersebut yang datang dari luar Jabodetabek bahkan luar Jawa.

Harga seporsi kuliner yang dijualnya terbilang murah, cuma 15 ribu.


Amatan TravelPlus Indonesia, peminat kuliner tradisional khas Betawi yang berbahan campuran beras ketan dengan telor bebek, bumbu, dan kelapa parut yang sudah disangrai  tersebut bukan cuma mereka yang sudah tahu dan sering menyantapnya, pun banyak yang baru kenal atau pertama kali mencicipinya.

"Dari dulu pingin banget nyobain kerak telor Betawi, alhamdulillah baru kali ini kesampaian di JIS, ucap seorang ibu dari luar Jakarta yang datang  untuk menyemarakkan Kumpul Akbar AMIn bersama beberapa rekannya.

Sambil menunggu kerak telor selesai diracik, tak sedikit pembelinya yang mengabadikan pedagangnya mengolah atau memasak kuliner tersebut. Maklum cara memasaknya memang agak terbilang unik. Wajan tempat memasak kerak telor kerap dibalik agar kematangan kerak telornya merata.


Selain kerak telor, sejumlah kuliner lain seperti nasi pecel, nasi Padang, sate Madura, tongseng Solo, sop kambing, soto ayam, nasi rames, nasi uduk, nasi kuning, bihun goreng, ayam bakar, dan ayam geprek juga ramai pembelinya. Belum lagi bermacam panganan seperti cilok, sempol ayam, mie ayam, siomay, risoles, dimsum serta aneka minuman kekinian seperti es krim, teh, es jeruk dan lainnya.

Kumpul Akbar AMIN di JIS bukan hanya membuat para pedagang kuliner yang memang biasa berjualan di sepanjang jalan Danau Sunter Barat hingga dekat JIS seperti rumah makan Padang, beberapa warung Tegal egal (warteg), ayam penyet, sate dan tongseng Solo, dan lainnya jadi bertambah pendapatannya, pun para pedagang non lokal yang datang dari berbagai darah di Jabodetabek ikut kecipratan rezeki.

"Alhamdulillah, pas ada Kumpul Akabri AMIN ini dagangannya saya laris manis, " seorang ibu penjual nasi pecel di tepi jalan. 

Hal senada juga diutarakan pedagang lainnya dari luar Tanjung Priok seperti pedagang es krim yang datang dari Bekasi. "Kalau nggak ada acara ini. Mungkin es krim saya sampai siang nggak habis. Tapi alhamdulilah hari ini belum sampai Zuhur sudah ludes," terangnya.

Sekali lagi membuktikan setiap ada acara besar, seperti Kumpul Akbar AMIN di JIS ini yang mendatangkan ribuan bahkan jutaan orang dari berbagai penjuru Tanah Air, dipastikan menjadi ladang rezeki bagi para pedagang kuliner. 


Peluang Usaha
TravelPlus melihat masih banyak peluang peningkatan ekonomi masyarakat lokal dan luar Tanjung Priok di sekitar JIS selain berdagang aneka kuliner.

Pertama, peluang usaha penginapan (bermacam jenis akomodasi) yang nyaman (bersih, rapih, dan terjangkau harganya),  mengingat setiap ada acara besar di JIS yang datang bukan hanya warga Jabodetabek, pun dari luar Jakarta bahkan luar Jawa. Tentunya mereka membuat tempat menginap.

Kedua, peluang usaha rumah makan/resto, kedai kopi, dan kafe yang berdaya tarik wisata artinya selain memang enak kuliner yang disuguhkan/dijual pun tempatnya juga menarik dari sisi konsep, punya tempat parkir yang memadai, dan lainnya.

Ketiga, peluang usaha penyediaan kantong-kantong parkir kendaraan untuk motor, mobil, dan terlebih khusus bus pariwisata besar. Berikutnya atau peluang usaha yang keempat adalah penyediaan kendaraan unik sebagai shuttle bus untuk mengangkut pengunjung dari kantong-kantong parkir tersebut ke setiap pintu masuk JIS dan sebaliknya. Kendaraan unik disini didesain menarik berdaya tarik wisata, seperti bus kereta dengan desain ondel-ondel Jakarta dan ikon landmark khas Jakarta lainnya.

Keduanya peluang usaha itu (tempat parkir dan shuttle bus unik), kalau dikelola secara profesional, selain menguntungkan pun dapat menghindari kemacetan total ke setiap pintu masuk JIS yang kerap terjadi setiap ada acara besar.

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @Fakta.Wisata.id

Captions:
1. Salah satu pedagang kerak telor khas Betawi yang diserbu pembeli peserta Kumpul Akbar AMIN di JIS, Sabtu (10/2/2024).
2. Pembelinya banyak yang baru tahu atau pertama kali mencicipi kerak telor.
3. Kerak telor kuliner tradisional Betawi berbahan campuran beras ketan dengan telor bebek, bumbu, dan kelapa parut yang sudah disangrai.
4. Peserta Kumpul Akbar AMIN di luar stadion JIS.




0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP