. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 12 Februari 2024

Habis Nyoblos, Walking Tour ke Kota Tua Nikmati Promo Spesial Pemilu 2024


Mau walking tour sekaligus menikmati bermacam promo spesial Pemilu 2024 di Kawasan Kota Tua Jakarta usai meramaikan pesta Demokrasi 14 Februari? Sebaiknya selepas mencoblos, jangan hapus tinta Pemilu di jari ya. 

Kenapa? Dengan menunjukkan jari bertinta usai nyoblos, Anda akan mendapatkan promo berupa diskon atau potongan harga di beberapa tempat menarik di kawasan yang dulu dibangun Belanda lewat VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie atau Persekutuan Dagang Hindia Timur dengan sebutan Batavia Lama (Oud Batavia) ini.

Di akun Instagram (IG) Unit Pengelola Kawasan Kota Tua (UPK) @kotatua.jkt dalam captions unggahannya dijelaskan promo spesial tersebut diberikan oleh beberapa merchant yakni Kedai Seni Djakarte, KFC (Kota Tua), Hostel Wonderloft, Pizza NYPD, Acaraki, dan Magic Art 3D Museum.

Berapa besar promonya? Masih di akun tersebut, dalam unggahan flyer-nya dicantumkan besaran promonya untuk  Kedai Seni Djakarte sebesar 15%; KFC (Jagoan Hemat, Jagoan Puas 1, Feast Burger OR, Feast Burger Colonial) 17%; Hostel Wonderloft 14%; Pizza NYPD; Acaraki (Buy One Get One Free Golden Sparkling setiap pembelian jamu New Wave dan Specialty Jamu) 14%; dan Magic Art 3D Museum sebesar 14%.

Menurut admin @kedaisenidjakarte, semua menu di kedai ini didiskon per-bill antara lain bermacam menu berbahan daging, ayam, ikan, mie, nasi, sayuran, serta aneka camilan, minuman, dan kopi.

Namun untuk bisa mendapatkan promo dari beberapa merchant tersebut berlaku beberapa syarat dan ketentuan sebagaimana tertera di flyer masih di akun IG , yaitu menunjukkan tinta di jari, promo hanya berlaku pada 14 Februari 2024, promo tidak bisa digabung dengan jenis promo lainnya, tidak berlaku untuk pembelian untuk layanan pesan antar (GooFood, GrabFood, ShopeeFood) bagi tenant makanan, dan hanya berlaku untuk pembelian di tempat.

Selanjutnya promo tersebut berlaku selama persediaan masih ada, wajib follow IG @kotatua.jkt, dan terakhir tag serta mention ke @nypdpizza.id, @magicartjakarta_kotatua, @acarki.jamu, @kedaisenidjakarte, @kfcindonesi, dan @wonderlofthostel.

Biar lebih seru, admin IG UPK Kota Tua menyarankan dalam captions unggahan tersebut agar mengajak serta keluarga, teman, dan atau pasangan untuk menikmati promo ini.


Banyak Keistimewaan
Kawasan Kota Tua Jakarta punya banyak keistimewaan, antara lain merupakan situs warisan sejarah berluas sekitar 1,3 kilometer persegi mencakup beberapa wilayah di Jakarta Barat (Pinangsia, Taman Sari, dan Roa Malaka serta melintasi beberapa bagian wilayah Jakarta Utara.

Di Kawasan Kota Tua yag terpusat di sekitar tepi timur Sungai Ciliwung (sekarang Lapangan Fatahillah), terdapat beberapa objek wisata sejarah yang menarik antara lain Museum Wayang (bekas De Oude Hollandsche Kerk atau Gereja Lama Belanda), Museum Sejarah Jakarta atau Museum Fatahillah (bekas Stadhuis atau Balai Kota Batavia, kantornya Gubernur Jenderal VOC), Lapangan/Taman Fatahillah, serta Museum Seni Rupa dan Keramik (bekas Pengadilan Batavia).

Selain itu ada Toko Merah, Kali Besar (Grootegracht), Hotel Former,
Gedung Dasaad Musin, Jembatan Kota Intan, Museum Bahari (bekas Westzijdsche Pakhuizen atau Gudang Barat yang dulu digunakan untuk menyimpan bermacam barang dagangan utama VOC di Nusantara seperti rempah, kopi, teh, tembaga, timah, dan tekstil), serta Pelabuhan Sunda Kelapa (pelabuhan alami yang kampung-kampung di sekitarnya kemudian menjadi cikal-bakal kota Jakarta yang hari jadinya ditetapkan pada tanggal 22 Juni 1527).

Pada masa lampau, kawasan ini pernah mendapat julukan masyhur sebagai "Permata Asia" dan The Queen of the East atau  "Ratu dari Timur" oleh para pelayar Eropa.

Memiliki banyak bangunan tua yang tetap terpelihara membuat kawasan ini pernah menjadi  lokasi syuting video musik band ataupun penyanyi antara lain band Krakatau untuk lagu berjudul Kau Datang pada tahun 1989, TIC Band (Terbaik Untukmu-2001), Kotak (Selalu Cinta-2013), penyanyi Kunto Aji (Terlalu Lama Sendiri-2014), dan Maudy Ayunda untuk lagu Jakarta Ramai pada tahun 2016.

Keistimewaan lainnya, Kota Tua  Jakarta mendapatkan penghargaan sebagai Destinasi Wisata Terbaik pada kegiatan Town Hall Meeting DPD HPI (Dewan Pimpinan Daerah - Himpunan Pramuwisata Indonesia) dan Anugerah Paramarta Parisiwata 2024 di Ballroom Graha Wisata Ragunan, Rabu 31 Januari 2024.


Kota Tua Jakarta juga merupakan Kawasan Rendah Emisi (KRE) / Low Emission Zone, dan menjadi salah satu simpang temu berbagai moda transportasi publik.

Pengunjung bisa menjangkaunya dengan naik transportasi umum terintegrasi, seperti KRL commuter line turun di Stasiun Kota (Beos) atau dengan Bus Transjakarta turun antara lain di Halte Kali Besar.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan antara lain mengunjungi beberapa musim yang ada di sana. Sebelumnya ada cek dulu apakah museum tersebut tetap buka pada tanggal 14 Februari, termasuk jam operasionalnya.

Tak lupa mengabadikan bangunan tua dan bersejarah dan tentunya berfoto berlatar bangunan-bangunan klasik tersebut.

Kalau malas walking tour berjalan kaki, bisa menyewa sepeda hias. Selanjutnya berwisata kuliner di beberapa merchant yang memberikan promo sebagaimana tersebut di atas. Pilihan lain ke tempat-tempat kuliner lain yang masih berada di kawasan warisan sejarah ini.

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis, TikTok @FaktaWisata.id



0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP