. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Sabtu, 02 Desember 2023

Munajat Kubro 212, Bikin Tugu Monas Kian Mengangkasa


Tak bisa dibantah, acara Munajat Kubro 212  yang digelar Persaudaraan Alumni (PA) 212 pada Sabtu, 2 Desember 2023 mulai pukul 03.00 WIB dini hari sampai pukul 09.00 WIB pagi, membuat nama Tugu Monumen Nasional (Monas) yang berdiri tegak di jantungnya Jakarta  ini semakin mengangkasa. 

Kok bisa kian mengangkasa? Ya karena nama tugu yang merupakan monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat ini tercantum dan atau tersebut dalam beragam tulisan di media massa terutama media online nasional baik berkonsep website maupun weblog serta di sejumlah konten (flyer, foto, video, captions dan lainnya) di ragam medsos terutama Instagram (IG), TikTok, Facebook (FB), dan Twitter sehingga miliaran pasang mata dan telinga melihat dan atau mendengar namanya.


Bukti kongkretnya apa? TravelPlus Indonesia misalnya menyebarluaskan acara Munajat Kubro 212 bertema 'Untuk Keselamatan NKRI dan Kemenangan Palestina' ini dengan mencantumkan Monas yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Belanda ini sebagai venue Munajat Kubro 212, baik pra event (sebelum pelaksanaan), on event (saat pelaksanaan) maupun post or pasca-event di akun IG @adjitropis, akun TikTok @FaktaWisata.id, dan FB khusus di grup Kabar Palestina.

Unggahan konten video pra event Munajat Kubro 212 yang TravelPlus unggah di TikTok @FaktaWisata.id dengan judul "Tujuh Cara Ramaikan Munajat Kubro 212 di Monas" sudah ditonton 1.800 lebih viewers sehari sebelum hari H.  Video itu memperlihatkan kegagahan tugu yang pembangunannya dimulai pada 17 Agustus 1961 dibawah perintah presiden Soekarno dan diresmikan hingga dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975 oleh Presiden Soeharto tersebut.


Ketujuh cara agar acara Munajat Kubro 212 berjalan lancar, berkah, dan menjadi ladang pahala itu adalah pertama, menyebarluaskan acaranya sebelum hari H via ragam medsos; mengikuti acaranya langsung ke Monas dengan niat Lillahi Ta'ala lalu mengikuti rangkaian acaranya antara lain sholat tahajud, sholat subuh berjamaah, berzikir, bershalawat, dan doa bersama; membawa bendera Indonesia dan atribut Palestina seperti bendera Palestina dan lainnya; membawa perlengkapan sholat; Membawa perlengkapan pendukung untuk mengantisipasi hujan seperti payung, jas hujan dan lainnya; menjaga kebersihan dengan membuang sampah bekal (makanan/minuman) yang dibawa/dibeli pada tempatnya serta tidak menginjak rumput dan merusak tanaman di area Monas; terakhir atau ketujuh, menyebarluaskan rangkaian acara dan suasananya pada hari H atau setelahnya di ragam medsos agar dunia tahu.

Adapun dua konten pra event-nya masih di akun yang sama memuat tentang pesona Masjid Istiqlal Jakarta yang merupakan salah satu masjid terdekat dengan Monas yang kerap dikunjungi jemaah terutama dari luar Jakarta sebelum maupun sesudah mengikuti aksi damai bela Palestina dan lainnya di Monas. 


Konten on dan post event di akun Tiktok @FaktaWisata.id ada tiga video, salah satunya yang bertajuk "Mashaallah.., Munajat Kubro 212" sudah dilihat lebih dari 3.700 viewers. Video itupun  memperlihatkan lautan manusia peserta Munajat Kubro 212 yang bershalawat sambil mengibarkan Bendera Indonesia dan Bendera Palestina berlatar belakang tugu yang dimahkotai lidah api berlapis lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala dari rakyat Indonesia tersebut.

Sementara 2 konten on dan post event di IG @adjitropis, salah satunya yang bertajuk "Allahu Akbar bergema di Munajat Kubro 212" sudah ditonton lebih dari 1.600 viewers. Lagi-lagi video itu pun memperlihatkan pesona tugu yang  desain dan konstruksinya dibuat oleh arsitek Friedrich Silaban dan
Soedarsono tersebut.


Tak cuma itu, TravelPlus juga membuat satu tulisan ini di Weblog TravelPlus Indonesia yang kemudian diunggah di IG @adjtropis serta satu lagu berikut konten videonya berjudul *Monas, Tempat Bermunajat* yang jelas-jelas memperlihatkan visual peserta Munajat Kubro 212 menuju Tugu Monas untuk berdoa bersama demi Indonesia dan Palestina.

Berikut lirik lagu ber-genre pop rada nge-beat tersebut:

🎶... Berdiri, tegak perkasa
Di jantungnya Jakarta

Jadi tempat bermunajat kubro 212
Lautan massa dari mana-mana
Berdoa tuk keselamatan NKRI dan kemenangan Palestina 

Jadi tempat bermunajat kubro 212
Kabarnya pun mendunia
Namanya kian mengangkasa  
Tersiar dimana2

Itulah Tugu Monas...🎵.


Melihat semua itu, tak berlebihan bila tugu  yang menjadi ikon landmark kebanggaan Jakarta yang bisa dijangkau pengunjung dengan moda transportasi umum antara lain KRL Commuter Jabodetabek dari  stasiun Juanda; bus Transjakarta dari halte Monumen Nasional, halte Balai Kota, halte Gambir 1 dan 2 ini namanya semakin melangit berkat tersiar luas lewat tulisan serta bermacam konten di sejumlah media online maupun medsos.

Sisi Pariwisata
Lalu apa dampak positifnya dari sisi pariwisata? Setelah kian melambung nama Tugu Monas berkat kegiatan Munajat Kubro 212, jelas akan membuat banyak wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara yang tertarik ingin mengunjunginya.

Sebagai informasi tambahan kawasan dan Tugu Monas buka pada hari Selasa s/d Minggu mulai dari pukul 08:00 hingga 16:00 WIB dan tutup setiap hari Senin. 


Aktivitas wisata yang bisa dilakukan pengunjung di sana cukup beragam antara lain yang paling diminati adalah naik ke puncak Tugu Monas dengan menggunakan lift termasuk untuk melihat dan mengabadikan wajah Jakarta dengan deretan gedung pencakar langitnya serta berwisata edukasi melihat bermacam koleksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia di Museum Nasional yang berada di bagian bawah Monas.

Selain itu berwisata kuliner bermacam makanan Nusantara seperti soto betawi, sate madura, pecel lele, ayam taliwang, dan lainnya di Lenggang Jakarta serta berwisata belanja cendera mata dan aneka merchandise khas Monas di sentra oleh-oleh. Pilihan aktivitas lainnya keliling Monas dengan berjalan kaki ataupun naik kereta wisata serta berolahraga seperti jogging, dan lainnya.

Naskah & foto: Adji TravelPlus, IG @adjitropis  & Tiktok @FaktaWisata.id 


0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP