. q u i c k e d i t { d i s p l a y : n o n e ; }

Senin, 25 April 2022

Kiat Raup Rp 72 Triliun dari 48 Juta Pemudik yang Berlibur Lebaran Tahun ini


Masyarakat yang mudik Lebaran 2022 diprediksi sebanyak 80 juta. Dari jumlah pemudik ini diproyeksikan 60% atau sekitar 48 juta mengunjungi tempat wisata. Sementara itu pengeluaran 48 juta pemudik lebaran yang berkunjung ke tempat wisata sebesar Rp 72 triliun.

Sederet prediksi data itu terungkap dalam  Extended Weekly Press Briefing Tahun 2022 yang digelar Biro Komunikasi Kemenparekraf dengan tema "Mudik Lebaran Momentum Kebangkitan Ekonomi Daerah", Senin (25/4/2022) secara hybrid (offline dan online).

"Dari 80 juta pemudik tahun ini, sebanyak 48 juta di antaranya akan berwisata di daerah mereka. Pengeluaran wisatawan saat mudik Lebaran 2022 ini diproyeksikan mencapai Rp 72 triliun. Pengeluaran ini dibelanjakan antara lain untuk konsumsi, akomodasi, dan membeli oleh-oleh atau cinderamata diproduksi para pelaku UKM," terang Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno.

Angka belanja pemudik tersebur terbilang besar, tak heran kalau Sandi meminta pihak industri wisata untuk mengantisipasinya dengan baik.

"Total 72 triliun ini harus diantisipasi baik oleh rekan-rekan industri pariwisata," imbaunya.

Oleh karena itu pihaknya, lanjut Sandi akan terus mendorong agar masyarakat memanfaatkan libur Lebaran untuk berwisata bersama keluarga dan kerabat dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di daerah. "Juga tentunya membeli oleh-oleh dari tempat wisata yang dikunjungi. Dengan demikian akan menggerakkan ekonomi para UMKM," terangnya.

Menurut Sandi libur lebaran menjadi momen penting bagi para pengelola tempat wisata di tiap daerah untuk meningkatkan omzet atau pemasukan pendapatan dari pengunjung.

"Para pelaku usaha pariwisata jauh-jauh hari mempersiapkan dengan maksimal agar berjalan lancar dan pengunjung atau wisatawan yang datang merasa aman, nyaman, dan mendapat kenangan ketika berwisata ke tempat wisata tersebut. Tentu saja persiapan ini juga disesuaikan dengan level PPKM dan standar protokol kesehatan dan CHSE di berbagai tempat wisata," jelasnya.

Kemenparekraf, lanjut Sandi melalui Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, telah menyampaikan Surat Permohonan Bantuan Untuk Pemantauan Destinasi Pariwisata selama Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2022 di Seluruh Indonesia Kepada Para Kepala Dinas Provinsi dan Kepala Dinas Kab/Kota yang membidangi sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada 18 April 2022 lalu.

Dalam surat permohonan tersebut disampaikan Kepala Dinas yang membidangi sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Provinsi dan Kab/Kota di Seluruh Indonesia, antara lain agar melaksanakan dan mensosialisasikan protokol kesehatan di destinasi pariwisata sesuai dengan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah kewenangan masing-masing; melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap destinasi pariwisata di wilayah kewenangan masing-masing, khususnya destinasi atau daerah tujuan wisata yang berpotensi mengalami tingkat kunjungan tinggi; mengimbau kepada seluruh pengelola daya tarik wisata di wilayah masing-masing agar menjaga kesiapan dan keamanan fasilitas wisata untuk menjamin keselamatan wisatawan/pengunjung; dan menyampaikan laporan dan evaluasi perkembangan situasi destinasi pariwisata secara berkala selama periode libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 1443 Hijriyah kepada Kementerian Pariwisata.

Menparekraf juga berencana akan melakukan kunjungan ke sejumlah destinasi pariwisata di Jakarta seperti Ancol, Ragunan, dan Taman Mini Indonesia Indah mendekati dimulainya libur lebaran.

Pihaknya juga akan menyiapkan posko mudik aman dan mudik sehat di beberapa lokasi serta mengutamakan penggunaaan bus pariwisata yang aman dan nyaman.

"Intinya pemerintah harus hadir memastikan mudik tahun ini aman, lancar, nyaman, dan mudik sehat," tutupnya.

Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani menambahkan Kemenparekraf mendukung dan mendorong semual Kementerian/Lembaga untuk memakai tagar #mudikamansehat.

"Tujuannya untuk memberikan edukasi kepada pemudik agar tetap menerapkan prokes dan sekaligus menjadi ambasador wisnus untuk memberikan contoh yang baik dalam menerapkan prokes kepada masyarakat di lingkungannya," tambah Giri.

Extended Weekly Press Briefing Tahun 2022 yang diikuti 100 pewarta dari berbagai media, juga dihadiri Wamenparekraf dan seluruh jajaran eselon I Kemenparekraf/Baparekraf.

Naskah & foto: Adji TravelPlus @adjitropis
& tim @travelplusindonesia

0 komentar:

Film pilihan

Bermacam informasi tentang film, sinetron, sinopsis pilihan
Klik disini

Musik Pilihan

Bermacam informasi tentang musik, konser, album, lagu-lagu pribadi dan pilihan
Klik disini

Mencari Berita/Artikel

  © Blogger templates Psi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP